Sukses

Bikin Meleleh, Sri Mulyani Ungkap Menteri Basuki Terharu saat Upacara Perdana di IKN

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati membagikan momen mengharukan selama pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia ke-79 di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati membagikan momen mengharukan selama pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun atau HUT RI ke-79 di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN). Melalui laman instagram pribadinya, Sri Mulyani mengunggah foto bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, atau akrab disapa Pak Bas.

Dalam keterangannya, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa Pak Bas, sapaan akrab Basuki Hadimuljono sempat menitikkan air mata haru saat upacara berlangsung, bahkan juga setelahnya. Bagaimana tidak, Pak Bas menjadi pihak yang andil cukup banyak dalam pembangunan IKN dari nol.

"Beliau terharu dan tak terkirakan perasaannya. Tidak percaya dengan capaiannya dan berterima kasih kepada semua yang mendukung kerja luar biasa... Pak Bas yang bertanggung jawab membangun dari NOL menjadi sebuah Ibu Kota Baru Indonesia, Ibu Kota Nusantara. Really from nothing menjadi an extraordinary IKN!" demikian mengutip instagram @smindrawati, Sabtu (17/8/2024).

Dari kaca mata Sri Mulyani, apa yang telah dilakukan Pak Bas merupakan sebuah contoh hebat dan nyata atas dedikasi tinggi dan pengabdian paripurna. Memang proses pembangunan IKN saat ini masih belum selesai. Namun melihat apa yang sudah dicapai hingga hari ini, patut kiranya berbangga diri.

"Ikut bangga dan terharu! Hebat luar biasa. Kudo!" imbuh Sri Mulyani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Pastikan HUT RI Tahun Depan Akan Kembali Digelar di IKN

Sebelumnya, Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto memastikan bahwa Upacara HUT RI lima tahun ke depan akan kembali dipusatkan di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Awalnya, awak media menanyakan soal upacara HUT RI berikutnya kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Namun, Jokowi meminta agar hal tersebut ditanyakan kepada Prabowo yang akan memimpin HUT RI tahun depan.

"(HUT RI) Tahun depan ditanyakan ke Pak Presiden Terpilih, Bapak Prabowo Subianto," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).

"InsyaAllah akan di sini (IKN) lagi," ucap Prabowo.

Kendati begitu, Prabowo belum dapat memastikan apakah HUT RI tahun depan akan kembali digelar di dua lokasi, yakni IKN dan Istana Merdeka Jakarta seperti tahun ini atau berfokus di IKN saja.

"Ya kita lihat nanti, tapi intinya upacara di sini (IKN)," ujar Prabowo Subianto menegaskan.

 

3 dari 3 halaman

Jokowi Bersyukur Perayaan HUT ke-79 RI Lancar dan Penuh Khidmat

Di sisi lain, Jokowi menilai HUT ke-79 RI di IKN berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. Dia pun mengucapkan selamat ulang tahun ke-79 untuk Indonesia.

"Alhamdulillah dimulai dari tadi malam renungan suci. Kemudian tadi pagi dan siang dan penurunan bendera sore hari ini, alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar, semuanya berjalan dengan baik, cuaca juga sangat mendukung. Pas kita istirahat, hujan sehingga suasana sejuk, suasana tidak panas, suasana upacara menjadi sangat khidmat," tutur Jokowi.

"Dan pada kesempatan yang baik ini sekali lagi kita mengucapkan Dirgahayu Hari Ulang tahun kemerdekaan yang ke-79 untuk seluruh rakyat sebangsa dan setanah air," sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.