Sukses

HBD Indonesia 2024 Digelar, Sebar Diskon Gimmick Angka Kemerdekaan

Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia) 2024 tidak hanya menjadi ajang belanja murah, namun juga menjadi momentum penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

 

Liputan6.com, Jakarta Semarak Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 semakin terasa dengan digelarnya Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia) 2024. Acara tahunan ini tidak hanya menjadi ajang belanja murah, namun juga menjadi momentum penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Ketua Umum Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Budihardjo Iduansjah menjelaskan bahwa bagi para pelaku usaha, HBD Indonesia kali ini adalah ajang memperluas jejaring bisnis dan penjualan. Sedangkan bagi pemerintah, HBD Indonesia 2024 merupakan momentum untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan mulplier effect-nya.

“Selama 8 tahun ini, HBD Indonesia konsisten diselenggarakan sebagai kado peritel di momen HUT Kemerdekaan. Serentak, program diskon dilaksanakan oleh puluhan ribu toko di Indonesia, baik anggota maupun non-anggota HIPPINDO. Semua pihak dapat berpartisipasi dalam memberikan diskon terbaiknya dengan gimmick angka kemerdekaan seperti, 17, Agus, 08, 19, 45, yang disesuaikan dengan kreatifitas marcomm anggota dan diikuti offline maupun online,” tambah Budihardjo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (18/8/2024).

Dengan dukungan masif dari tenant dan toko yang tergabung di dalamnya, HIPPINDO berharap gerakan ini diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan, dan mampu memperkuat pertumbuhan sektor ritel serta berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

“Untuk meningkatkan kekuatan Gerakan Belanja di Indonesia Aja, di tahun depan, kami akan memberikan penyegaran brand HBD Indonesia, termasuk logo barunya. HIPPINDO akan terus memperkuat posisi ritel Indonesia di kancah ASEAN, sekaligus menarik lebih banyak turis untuk berbelanja di Indonesia,” pungkasnya. 

Budihardjo menegaskan bahwa sebagai inisiator HBD Indonesia, asosiasinya menjadikan tahun 2024 titik balik akselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini sejalan dengan konsumsi rumah tangga yang tumbuh secara positif. Seperti disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS), konsumsi rumah tangga tumbuh 4,93% (yoy) pada kuartal II-2024.

“Sebagai rumah bagi ribuan pengusaha ritel baik UKM, brand lokal maupun global, HIPPINDO berusaha untuk mengakselerasi peningkatan daya beli masyarakat lewat kampanye di momen Kemerdekaan ke-79 ini. Kami melihat telah terjadi peningkatan kepercayaan konsumen di pasca pandemi. Hal ini yang telah mendorong masyarakat untuk lebih aktif berbelanja,” jelas Budihardj.

Inisiatif HBD Indonesia Disambut Baik

Dalam kesempatan pertemuan pers peluncuran kampanye Tujuh Belasan Sale Hari Belanja Diskon Indonesia/Happy Birthday Indonesia (HBD Indonesia) 2024, Sabtu (17/8/2024) di Jakarta, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Made Ayu Marthini menyampaikan bahwa pemerintah menyambut baik inisiatif HBD Indonesia, karena memang Jakarta ditargetkan menjadi kota pariwisata. Menurutnya, salah satu elemen utamanya adalah wisata belanja. 

“Diskon yang melimpah akan menarik minat baik wisatawan domestik maupun mancanegara, sehingga ekonomi berputar lebih cepat. Pada hakikatnya, pariwisata dan ekonomi kreatif tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga mendorong perputaran ekonomi,” jelas Made.

Kemenparekraf juga berharap inisiatif HBD Indonesia ini terus berjalan setiap tahun, bahkan lebih lama dan mencakup seluruh Indonesia, agar perekonomian kita semakin bergerak maju. Meskipun perekonomian Indonesia membaik, kondisi global yang tidak stabil mengharuskan kita untuk terus kreatif dan inovatif dalam menarik minat wisatawan. 

“Kami berharap dengan promosi yang kuat, lebih banyak masyarakat mengetahui ajang belanja diskon ini. Kami mengajak semua yang hadir, termasuk Sarinah, untuk mempromosikan HBD Indonesia di media sosial agar semakin banyak orang datang dan berbelanja. Kami sangat mendukung dan akan memperkuat acara ini agar diketahui luas oleh masyarakat, sehingga ekonomi kreatif, nasional, dan pariwisata dapat berjalan dengan lancar dan lebih baik,” tambahnya.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peluncuran Tujuh Belasan Sale HBD Indonesia 2024

Peluncuran Tujuh Belasan Sale HBD Indonesia 2024 yang dilaksanakan Sabtu (17/8/2024) ini dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat dan pejabat publik. Tak kurang, Deputi Bidang Pemasaran, Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Ni Made Ayu Marthini, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, yang diwakili oleh Direktur Bina Usaha, Septo Soepriyatno, 

Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, yang diwakili oleh Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah, Ketua Panitia HBD Indonesia 2024, Hedy Djaja Ria, dan Direktur Utama PT. Sarinah, Fetty Kwartati hadir di kegiatan ini.

Acara Tujuh Belasan Sale turut dimeriahkan oleh Fashion Show dari Debz dengan makeup dan hair dari Amaranthine. Kombinasi pesta diskon dari ribuan peritel dan hadirnya para key opinion leader tersebut makin memeriahkan hajatan HIPPINDO tersebut.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, yang diwakili oleh Direktur Bina Usaha, Septo Soepriyatno menyampaikan apresiasi lembaganya atas kegiatan yang bertepatan dengan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 ini. 

“Acara yang berlangsung pada tanggal 17 Agustus 2024 ini, menjadi momen penting untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan kita. Kami menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat di tengah ketidakpastian ekonomi global. Data dari BPS menunjukkan pertumbuhan sebesar 5,05% pada triwulan kedua tahun 2024,” jelasnya.

Kuatnya pertumbuhan tersebut didukung oleh konsumsi rumah tangga yang berkontribusi sebesar 54,53%, dengan pertumbuhan 4,93% yoy. Para peritel memegang peran penting dalam mendorong konsumsi rumah tangga, yang juga tercermin dari indeks keyakinan konsumen yang mencapai 123,3%. Hal tersebut menunjukkan optimisme yang tinggi, hingga di atas level 100. Stabilnya angka inflasi yang stabil di 2,51%, juga memperlihatkan kondisi ekonomi Indonesia yang kondusif saat ini.

“Kegiatan Hari Belanja Diskon Indonesia hadir di berbagai pusat perbelanjaan, baik offline maupun online, dan diharapkan dapat menggerakkan daya beli masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Kami berharap HBDI tahun ini dapat melibatkan banyak UMKM dan menjadi ajang promosi produk-produk lokal unggulan, sejalan dengan kampanye "Belanja di Indonesia Saja" untuk mendukung produk dalam negeri, “ imbuh Septo 

 

 

3 dari 4 halaman

Momen Penting

Menurutnya, HBD Indonesia kali ini adalah momen penting bagi brand lokal untuk bangkit dan sejajar dengan brand asing, serta memperkuat daya saing mereka di pasar domestik dan internasional. Saya juga berharap HBDI dapat menjadi wadah inovasi bagi para peritel dan memperkuat ekosistem perdagangan dalam negeri. Kementerian Perdagangan akan terus berkomitmen mendukung upaya yang mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, termasuk melalui kebijakan yang berpihak kepada usaha ritel. 

“Kami akan memastikan kondisi yang kondusif bagi perkembangan usaha sehingga mereka dapat berkontribusi maksimal bagi perekonomian Indonesia. Mari kita jadikan peringatan kemerdekaan yang ke-79 ini sebagai momentum untuk mempererat persatuan bangsa dan memajukan perekonomian Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, HBD Indonesia ke-8 tahun ini dijadikan HIPPINDO sebagai kado dari para peritel ke masyarakat, sekaligus menyemarakkan kemeriahan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79 lewat berbagai diskon menarik yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

“Tujuh Belasan Sale HBD Indonesia tahun ini bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79. Ini menjadi momen penting untuk memadukan semangat nasionalisme dengan dorongan peningkatan daya beli masyarakat guna pertumbuhan ekonomi nasional,” jelas Ketua Panitia HBD Indonesia 2024, Hedy Djaja Ria.

Ikon HBD Indonesia sendiri dilahirkan HIPPINDO dengan pertimbangan nilai kearifan bangsa Indonesia dan edukasi nilai ke kalangan muda. Ikon berbentuk kotak kado diinspirasi oleh wastra Nusantara tentang nilai luhur yang terkandung dalam budaya Indonesia. 

“Khusus tahun ini wastra tradisional Kalimantan Selatan, yaitu sasirangan motif bayam raja yang melambangkan penghormatan dan martabat leluhur terpilih untuk dicantumkan di logo kotak kado,” jelas Hedy.

Merespon kegiatan yang dilaksanakan para peritel tersebut, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta yang diwakili oleh Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo menyampaikan apresiasi tinggi Kemenparekraf DKI kepada HIPPINDO.

“Pada pagi hari ini, dalam konferensi pers 17aan Sale Hari Belanja Diskon Indonesia, saya mewakili Kemenparekraf DKI Jakarta mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu semua. Sebagai pusat bisnis utama di Indonesia, Jakarta memegang peran penting dalam perekonomian nasional, sehingga berbagai kegiatan yang mendukung pertumbuhan ekonomi menjadi prioritas kami,” jelasnya. 

 

4 dari 4 halaman

Peluang bagi Jakarta

Ratu menambahkan bahwa Kemenparekraf DKI Jakarta memiliki misi untuk mendorong penyelenggaraan acara tingkat nasional guna mewujudkan visi Jakarta sebagai kota global yang kompetitif. Pelaksanaan 17an Sale ini sejalan dengan visi tersebut, terutama dengan terlaksananya upacara peringatan kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang menandai era baru bagi Jakarta sebagai kota global. 

Ia menilai kegiatan HIPPINDO ini memberikan peluang bagi Jakarta untuk menunjukkan stabilitasnya dan bekerja sama lebih jauh dengan komunitas global, tetap menjadi pusat ekonomi dan inovasi utama di Indonesia. Kemenparekraf menilai penyelenggaraan 17an Sale sejalan dengan misi Kemenparekraf untuk menjadikan Jakarta sebagai kota global yang kompetitif.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT. Sarinah, Fetty Kwartati turut hadir membuka Tujuh Belasan Sale Hari Belanja Diskon Indonesia/ Happy Birthday Indonesia (HBD Indonesia) 2024 menyampaikaan.

“Di HBD Indonesia ini, saya cukup lama mengawal perkembangan pesatnya. Saya menjadi ketua panitia selama 6 tahun, sebelum akhirnya dilanjutkan oleh Ibu Hedy. Acara ini terus berjuang untuk menciptakan satu event besar dan diantisipasi oleh masyarakat Indonesia. Cita-cita kami, dapat sebanding dengan Black Friday atau Boxing Day di luar negeri. Meskipun banyak tantangan yang kami lalui, dengan berbagai percobaan metode menggelar event ini. Mulai dari durasi sebulan, 10 hari, seminggu, hingga akhirnya satu hari penuh seperti saat ini. Kami yakin hajatan ini akan makin dicintai oleh konsumen Indonesia,” ujarnya. 

Ia berharap, lewat Tujuh Belasan Sale ini, publik makin menyadari potensi besar Indonesia, khususnya di sektor retail. Dirinya akan terus mendorong HBD Indonesia berkembang lebih maju lewat penguatan organisasi.

“Kami berharap, dengan adanya ketua baru di tahun depan, yang bisa membawa warna dan tema baru yang lebih menarik. Dengan belanja di Indonesia, kita dapat memperkuat ekonomi nasional, terutama di sektor retail. Selamat ulang tahun untuk Sarinah dan Republik Indonesia,” tambah Fetty.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.