Sukses

Kementerian PUPR Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur di Pusat Pemerintahan IKN pada 2025

Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mohammad Zainal Fatah memaparkan sejumlah capaian pembangunan infrastruktur saat era Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) akan melanjutkan pembangunan infrastruktur di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 2025.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mohammad Zainal Fatah memaparkan sejumlah capaian pembangunan infrastruktur di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam 10 tahun terakhir. Presiden Jokowi telah menyelesaikan sejumlah proyek penting di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Beberapa infrastruktur (IKN) Kementerian PUPR yang telah selesai dan diresmikan oleh Presiden Jokowi  antara lain Bendungan Sepaku Semoi, Jembatan Pulau Balang, Plaza Seremoni, dan Taman Kusuma Bangsa," ujar Zainal dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (18/8/2024).

Di infrastruktur jalan, Jokowi berhasil menyelesaikan pembangunan jalan tol sepanjang 2.700 kilometer (km) untuk mengurangi biaya logistik. Selain itu, Jokowi juga merampungkan pembangunan jalan nasional sepanjang 6.000 km yang juga terus dilanjutkan.

Selanjutnya, pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR dalam 10 tahun terakhir ialah pembangunan 61 bendungan. Saat ini, realisasi pembangunan  di era Jokowi telah selesai 43 bendungan. 

Pembangunan bendungan juga diikuti oleh pembangunan jaringan irigasi baru seluas 1,1 juta hektar dan rehabilitasi 4,3 juta hektar. Pembangunan infrastruktur irigasi ini meningkatkan luas cakupan sawah yang air irigasinya berasal dari bendungan dari semula 11% pada 2014 menjadi 19% pada 2024, dan meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dari 1,5 di tahun 2014 menjadi 2,5 pada 2024.

"Selain itu, kita juga telah melaksanakan pembangunan infrastruktur air minum dalam mendukung akses air minum layak bagi masyarakat sebesar 92% hingga 2023 melalui pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)," kata Zainal. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembangunan IKN

Untuk akses sanitasi layak, saat ini mencapai sebesar 82% melalui pembangunan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpadu (SPALD-T). Di bidang perumahan dilakukan melalui Program Sejuta Rumah (PSR) yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dengan capaian 8,2 juta unit rumah.

Kementerian PUPR juga akan melanjutkan pembangunan infrastruktur di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN pada 2025. Dia meminta seluruh jajaran pegawai PUPR untuk tetap berintegritas atas tingginya ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan infrastruktur juga semakin tinggi.

"Saya minta para insan PUPR untuk menanamkan karakter kuat, berani dan berjiwa seni. Kuat karena kompeten, berani karena berintegritas, berjiwa seni karena membutuhkan inovasi dan improvisasi dalam bekerja," ujar dia.

3 dari 4 halaman

Bikin Meleleh, Sri Mulyani Ungkap Menteri Basuki Terharu saat Upacara Perdana di IKN

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati membagikan momen mengharukan selama pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun atau HUT RI ke-79 di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN). Melalui laman instagram pribadinya, Sri Mulyani mengunggah foto bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, atau akrab disapa Pak Bas.

Dalam keterangannya, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa Pak Bas, sapaan akrab Basuki Hadimuljono sempat menitikkan air mata haru saat upacara berlangsung, bahkan juga setelahnya. Bagaimana tidak, Pak Bas menjadi pihak yang andil cukup banyak dalam pembangunan IKN dari nol.

"Beliau terharu dan tak terkirakan perasaannya. Tidak percaya dengan capaiannya dan berterima kasih kepada semua yang mendukung kerja luar biasa... Pak Bas yang bertanggung jawab membangun dari NOL menjadi sebuah Ibu Kota Baru Indonesia, Ibu Kota Nusantara. Really from nothing menjadi an extraordinary IKN!" demikian mengutip instagram @smindrawati, Sabtu (17/8/2024).

Dari kaca mata Sri Mulyani, apa yang telah dilakukan Pak Bas merupakan sebuah contoh hebat dan nyata atas dedikasi tinggi dan pengabdian paripurna. Memang proses pembangunan IKN saat ini masih belum selesai. Namun melihat apa yang sudah dicapai hingga hari ini, patut kiranya berbangga diri.

"Ikut bangga dan terharu! Hebat luar biasa. Kudo!" imbuh Sri Mulyani.

 

4 dari 4 halaman

Prabowo Pastikan HUT RI Tahun Depan Akan Kembali Digelar di IKN

Sebelumnya, Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto memastikan bahwa Upacara HUT RI lima tahun ke depan akan kembali dipusatkan di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Awalnya, awak media menanyakan soal upacara HUT RI berikutnya kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Namun, Jokowi meminta agar hal tersebut ditanyakan kepada Prabowo yang akan memimpin HUT RI tahun depan.

"(HUT RI) Tahun depan ditanyakan ke Pak Presiden Terpilih, Bapak Prabowo Subianto," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).

"InsyaAllah akan di sini (IKN) lagi," ucap Prabowo.

Kendati begitu, Prabowo belum dapat memastikan apakah HUT RI tahun depan akan kembali digelar di dua lokasi, yakni IKN dan Istana Merdeka Jakarta seperti tahun ini atau berfokus di IKN saja.

"Ya kita lihat nanti, tapi intinya upacara di sini (IKN)," ujar Prabowo Subianto menegaskan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini