Sukses

Tok, Rosan Roeslani Duduki Posisi Menteri Investasi Gantikan Bahlil Lahadalia

Pelantikan Rosan Perkasa Roeslani menjadi Menteri Investasi dilakukan di Istana Negera, Jakarta, pada Senin, 19 Agustus 2024 pagi. Prosesi pengambilan sumpah dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dan dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Rosan Roeslani menjadi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Rosan Roeslani menggantikan posisi Bahlil Lahadalia.

Bahlil sendiri telah dilantik menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Arifin Tasrif. Reshuffle kabinet ini memang sudah menjadi perbincangan beberapa pekan belakangan.

Pelantikan Rosan Perkasa Roeslani dilakukan di Istana Negera, Jakarta, pada Senin, 19 Agustus 2024 pagi. Prosesi pengambilan sumpah dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dan dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Atas pengangkatan ini, Rosan akan menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM hingga Oktober 2024 nanti.

Bahlil Jadi Menteri ESDM

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Bahlil menggantikan posisi Arifin Tasrif.

Prosesi pengambilan sumpah Bahlil Lahadalia jadi Menteri ESDM dilakukan di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB.

Bahlil nampak mengenakan setelan jas lengkap dengan dasi berwarna merah. Dan berdiri di sisi paling kanan diantara sejumlah sosok lain yang dilantik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Rosan Roeslani Dilantik Jokowi Jadi Menteri Investasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik nama Rosan Roeslani menjadi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Reshuffle kabinet ini terjadi di penghujung pemerintahan Jokowi.

Lantas, siapa Rosan Roeslani yang menggantikan Bahlil Lahadalia? Berikut ulasannya.

Pria pemilik nama lengkap Rosan Perkasa Roeslani merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka di kontestasi politik Februari 2024 lalu. Dia jadi salah satu kepercayaan Prabowo-Gibran.

Jika dilihat dari perjalanan karir profesionalnya, Rosan Roeslani sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN sejak 17 Juli 2023 lalu. Kala itu, Rosan menggantikan Pahala Nugraha Mansury yang ditunjuk Jokowi jadi Wakil Menteri Luar Negeri.

Kemudian, Rosan mengundurkan diri setelah didapuk menjadi Ketua TKN Prabowo-Gibran pada Oktober 2023.

Rosan juga pernah menjabat jadi Duta Besar (Dubes) RI untuk Amerika Serikat (AS) ke-21 yang memulai jabatannya di Washington DC sejak Desember 2021.

 

3 dari 3 halaman

Pengusaha Sukses

Sebelum menjadi dubes, Rosan bukan sosok asing di kalangan pebisnis. Dia memulai karirnya sebagai pengusaha dengan mendirikan PT Republik Indonesia Funding (Finance Indonesia) bersama Sandiaga Uno dan Hasbi Hafani pada 1997.

Selain berbisnis, Rosan pun aktif dalam lingkup organisasi. Mulai dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) hingga jadi pengurus Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia periode 2010-2015.

Puncaknya, Rosan terpilih menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2021.

Tak hanya di Indonesia, kiprahnya sebagai pengusaha juga sempat dikenal sebagai salah satu pemilik klub sepakbola Inter Milan, bersama Erick Thohir dan Handy Soetedja. Ketiganya sempat memiliki saham il Nerazzurri sebesar 70 persen.

Di luar dunia bisnis, Rosan pun sempat terjun ke ajang politik. Ia bergabung ke Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin saat kampanye pilpres 2019-2024 bersama Bahlil Lahadalia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini