Sukses

Momen Arifin Tasrif Pamit dari Posisi Menteri ESDM: Saya Yakin Pak Bahlil Lahadalia Mampu

Dalam sambutannya, Arifin Tasrif berpamitan setelah menjalankan tugas sejak 2019 hingga Agustus 2024 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Arifin Tasrif resmi menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ke tangan Bahlil Lahadalia. Dia turut berpamitan dalam momen serah terima jabatan Menteri ESDM.

Dalam sambutannya, Arifin Tasrif berpamitan setelah menjalankan tugas sejak 2019 hingga Agustus 2024 ini.

"Sekaligus saya pamit dan mohon maaf apabila dalam mrlaksanakan tugas-tugas saya disini banyak hal yang kurang berkenan dan juga kesalahan-kesalahan yang kiranya mohon dimaafkan," kata Arifin dalam Serah Terima Jabatan Menteri ESDM, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Dia turut mengucapkan selamat kepada Bahlil Lahadalia yang sudah resmi dilantik menjadi Menteri ESDM. Dia berharap seluruh jajaran Kementerian ESDM juga turut membantu kerja-kerja Bahlil kedepannya.

"Saya ucapkan selamat kepada bapak Menteri, dan selamat bekerja dan saya harapkan seluruh jajaran di Kementerian ESDM membantu dengan sepenuh hati, mengoptimalkan seluruh sumber tenaga pikiran agar kementerian yang kita cintai ini bisa maju tumbuh berprestasi lebih baik lagi di masa mendatang," tuturnya.

Arifin meyakini, Bahlil Lahadalia mampu membawa Kementerian ESDM menjadi lebih baik kedepannya.

"Kami yakin, di bawah kepemimpinan bapak Menteri ESDM pak Bahlil, sektor ESDM akan dapat mencapai kinerja yang jauh lebih baik," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sah, Jokowi Angkat Bahlil Lahadalia Jadi Menteri ESDM Gantikan Arifin Tasrif

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Bahlil menggantikan posisi Arifin Tasrif.

Prosesi pengambilan sumpah Bahlil Lahadalia jadi Menteri ESDM dilakukan di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB.

Dalam reshuffle ini, Bahlil Lahadalia nampak mengenakan setelan jas lengkap dengan dasi berwarna merah. Dan berdiri di sisi paling kanan diantara sejumlah sosok lain yang dilantik.

Masih dalam ruangan yang sama, Jokowi melantik juga Rosan Perkasa Roeslani. Rosan Roeslani didapuk menjadi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Rosan sekaligus menjadi pengganti Bahlil.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif buka suara soal pergantian posisi jabatan menteri. Dia meminta untuk menunggu keputusannya.

 

3 dari 3 halaman

Rumor

Rumornya Menteri Inveatasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia akan menggantikan Arifin Tasrif di posisi Menteri ESDM.

"Ya tunggu saja," kata Arifin, ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa 30/7/2024).

 Arifin tak menanggapi lebih lanjut soal kabar rotasi jabatan tersebut. "InsyaaAllah, pokoknya kalian sehat-sehat aja," pesannya tipis.

Masih soal rumor tersebut, setelah Bahlil bergeser ke Menteri ESDM, maka posisinya ditempati oleh Rosan Roeslani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.