Sukses

Reshuffle Kabinet: Rincian Bongkar Pasang Menteri dan Wakil Menteri Jokowi 2019-2024

Selama menjabat sebagai presiden di periode kedua ini, Jokowi telah melakukan bongkar pasang kabinet berkali-kali.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik tiga orang menteri baru di kabinetnya. Jokowi juga melantik satu wakil menteri.

Mereka yang dilantik adalah Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) dan Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi. Kemudian, Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika.

"Sebelum saya mengambil sumpah, sebagai menteri negara dan wakil menteri negara, terlebih dahulu saya akan bertanya dulu kepada saudara-saudara, bersediakah saudara diambil sumpah?," tanya Jokowi kepada para menteri di Istana Negara Jakarta, Senin (19/8/2024).

"Bersedia," jawab mereka.

"Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Usai disumpah, mereka pun menandatangani surat pelantikan.

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan pergantian kabinet atau reshuffe pada hari ini Senin (19/8/2024). Ini bukan reshuffle yang pertama kali dilakukan.

Selama menjabat sebagai presiden di periode kedua ini, Jokowi telah melakukan bongkar pasang kabinet berkali-kali.

Dirangkum Liputan6.com, berikut ini urutan reshuffe yang telah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

1. Reshuffle Kabinet 22 Desember 2020

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi merombak (reshuffle) susunan kabinet Indonesia Maju. Didampingi Wapres Ma'ruf Amin, Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet.

"Pada sore hari yang berbahagia ini, saya bersama-sama dengan Bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Ada enam posisi menteri di kementerian yang dirombak oleh Jokowi.

  1. Tri Rismaharini mengisi posisi Menteri Sosial, menggantikan Juliari Batubara.
  2. Sandiaga Uno mengisi posisi Menteri Pariwisata dan Ekaonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.
  3. Budi Gunadi Sadikin mengisi posisi Menteri Kesehatan yang sebelumnya dijabat Terawan Agus Putranto.
  4. Yaqut Cholil Qoumas mengisi pososi Menteri Agama yang tadinya dijabat Fachrur Razie.
  5. Wahyu Sakti Trenggono menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo.
  6. M Luthfi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

2. Pelantikan Menteri 28 April 2021

Jokowi menunjuk dua wajah lama untuk duduk mengisi kursi menteri. Dua wajah lama yang dilantik adalah Bahlil Lahadalia dan Nadiem Makarim.

Bahlil Lahadalia ditunjuk sebagai Menteri Investasi. Sementara, Nadiem Makarim dipercaya menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek).

Bahlil sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Sedangkan, Nadiem Makarim semula duduk sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Ini Artinya, jabatan Bahlil dan Nadiem diperluas dari jabatan sebelumnya.

 

3 dari 8 halaman

3. Reshuffle Kabinet 15 Mei 2022

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Adapun Hadi menggantikan posisi Sofyan Djalil yang terkena reshuffle kabinet oleh Jokowi. Pelantikan Hadi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 64/P Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

Selain Hadi, Jokowi menunjuk Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Zulhas menggantikan posisi M Luthfi yang juga terkena reshuffle.

"Saudara Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Kedua Haji Tjahjanto sebagai Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional."

 

4 dari 8 halaman

4. Reshuffle Kabinet 17 Juli 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali akan melakukan perombakan kabinet menteri atau reshuffle pada, Senin (17/7/2023). Dia melantik menteri dan wakil menteri baru di Istana Negara Jakarta, pada pukul 09.00 WIB.

Jokowi melantik satu menteri yakni Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Sedangkan untuk kursi Wakil Menteri, ada lima yang akan di dilantik. Di antaranya yakni mantan wartawan Nazer Patria sebagai Wamenkominfo.

Kemudian, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury akan dilantik menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu), Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS), Rosan Roeslani menjadi Wakil Menteri BUMN, Paiman Raharjo menjadi Wamendes dan Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wamenag.

Sementara itu, anggota Majelis Kehormatan PPP Djan Faridz akan dilantik menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

 

5 dari 8 halaman

5. Reshuffle Kabinet 21 Februari 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara Jakarta, Rabu (21/2/2024). Prosesi pelantikan dimulai pukul 10.48 WIB.

Pelantikan AHY sebagai Menteri ATR/BPN berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 34/P Tahun 2024 tentang Pembehentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

"Mengangkat Saudara Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional sisa masa jabatan periode 2019-2024," demikian bunyi Keppres.

Selain itu, Presiden Jokowi juga melantik Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Hadi menggantikan Mahfud Md yang mengundurkan diri pada awal Februari lalu karena ikut kontestasi Pilpres 2024. Posisi Hadi sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) diisi oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

 

6 dari 8 halaman

6. Reshuffle Kabinet 3 April 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Terhitung hari ini, Dito secara resmi telah menggantikan posisi Zainudin Amali yang mengundurkan diri untuk fokus menjadi Wakil Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Pelantikan Dito Ariotedjo sebagai Menpora dilakukan bersama dengan pelantikan Komjen Rycko Amelza sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggantikan Komjen Boy Rafli Amar.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Dito Ariotedjo saat membacakan sumpah jabatan di Istana Negara Jakarta, Senin (3/4/2023).

Mengutip rekam jejaknya, pria bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo ini lahir pada 25 September 1990 di Jakarta. Dito panggilan akrabnya mulai merambah dunia politik dengan menjadi kader Partai Golkar. Saat di Golkar, Dito terlibat dalam organisasi kepemudaan sayap partai, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). Selama di AMPI, Dito sempat menjabat sebagai ketua umum. 

7 dari 8 halaman

7. Pelantikan Wakil Menteri 18 Juli 2024

Presiden Joko Widodo secara resmi melantik tiga jabatan wakil menteri negara pada Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Acara pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis, 18 Juli 2024.

Para wakil menteri tersebut dilantik berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 45/M Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju. Mereka yang dilantik adalah:

  1. Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian;
  2. Thomas A. M. Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan II;
  3. Yuliot sebagai Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan wakil menteri yang dilantik.

“Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Acara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo untuk kemudian diikuti para tamu undangan terbatas yang hadir. Di antaranya adalah Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subiyanto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

 

8 dari 8 halaman

8. Reshuffle Kabinet 19 Agustus 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini