Sukses

Lepas Jabatan Menteri ESDM, Arifin Tasrif Mau Jadi Petani

Dalam reshuffle kabinet hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif.

Liputan6.com, Jakarta - Arifin Tasrif mengungkap rencananya setelah tak lagi menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dia berencana untuk menjalani hidup sebagai petani.

Diketahui, dalam reshuffle kabinet, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif. Sementara itu, posisi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) diduduki Rosan Roeslani.

Arifin turut mengucap syukur usai proses Serah Terima Jabatan Menteri ESDM ke Bahlil Lahadalia.

 

"Ya bersyukur, alhamdulillah sudah menyelesaikan (tugas Menteri ESDM)," kata Arifin di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (19/8/2024).

 

Selepas tak lagi mmenjabat, Arifin mengaku ingin beristirahat lebih dahulu. Baru kemudian memulai hidup sebagai petani di Jawa Barat.

"Istirahat dulu sebentar, habis itu ya bikin aktivitas, kecil-kecilan aja, pengen jadi petani, di Jabar," ungkapnya.

Dia tidak berbicara banyak soal pertanian yang akan digelutinya. Hanya saja, dia menegaskan akan menjalankan sebuah kegiatan sosial.

"Pokoknya kegiatan sosial lah," pungkasnya.

Arifin Tasrif Pamit

Arifin Tasrif resmi menyerahkan estafet kepemimpinan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ke tangan Bahlil Lahadalia. Dia turut berpamitan dalam momen serah terima jabatan Menteri ESDM.

Dalam sambutannya, Arifin berpamitan setelah menjalankan tugas sejak 2019 hingga Agustus 2024 ini.

"Sekaligus saya pamit dan mohon maaf apabila dalam mrlaksanakan tugas-tugas saya disini banyak hal yang kurang berkenan dan juga kesalahan-kesalahan yang kiranya mohon dimaafkan," kata Arifin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Genjot Kinerja

Dia turut mengucapkan selamat kepada Bahlil Lahadalia yang sudah resmi dilantik menjadi Menteri ESDM. Dia berharap seluruh jajaran Kementerian ESDM juga turut membantu kerja-kerja Bahlil kedepannya.

"Saya ucapkan selamat kepada bapak Menteri, dan selamat bekerja dan saya harapkan seluruh jajaran di Kementerian ESDM membantu dengan sepenuh hati, mengoptimalkan seluruh sumber tenaga pikiran agar kementerian yang kita cintai ini bisa maju tumbuh berprestasi lebih baik lagi di masa mendatang," tuturnya.

Arifin meyakini, Bahlil mampu membawa Kementerian ESDM menjadi lebih baik kedepannya.

"Kami yakin, di bawah kepemimpinan bapak Menteri ESDM pak Bahlil, sektor ESDM akan dapat mencapai kinerja yang jauh lebih baik," tegasnya.

 

3 dari 3 halaman

Sah, Jokowi Angkat Bahlil Lahadalia Jadi Menteri ESDM Gantikan Arifin Tasrif

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Bahlil menggantikan posisi Arifin Tasrif.

Prosesi pengambilan sumpah Bahlil Lahadalia jadi Menteri ESDM dilakukan di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB.

Dalam reshuffle ini, Bahlil Lahadalia nampak mengenakan setelan jas lengkap dengan dasi berwarna merah. Dan berdiri di sisi paling kanan diantara sejumlah sosok lain yang dilantik.

Masih dalam ruangan yang sama, Jokowi melantik juga Rosan Perkasa Roeslani. Rosan Roeslani didapuk menjadi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Rosan sekaligus menjadi pengganti Bahlil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini