Sukses

Kronologi Miliarder Inggris hingga Bos Morgan Stanley Hilang saat Kecelakaan Kapal di Italia

Istri Mike Lynch, Angela Bacares termasuk di antara 15 orang yang diselamatkan. Miliarder Inggris Mike Lynch hingga Bos JPMorgan dikabarkan hilang.

Liputan6.com, Jakarta - Bos Morgan Stanley International, Jonathan Bloomer, miliarder teknologi asal Inggris Mike Lynch dan empat orang lainnya dikabarkan hilang setelah sebuah kapal pesiar mewah tenggelam dalam badai di lepas pantai Sisilia, Italia.

Melansir CNBC International, ditulis Kamis (22/8/2024) putri Jonathan Lynch yang berusia 18 tahun, Hannah, juga istri Jonathan Bloomer, Judy, bersama pengacara Clifford Chance, Chris Morvillo, dan istrinya Neda dilaporkan hilang dalam insiden tersebut.

Banyak dari mereka yang berada di dalam kapal tenggelam adalah karyawan dan rekan Mike Lynch. Adapun seorang juru masak kapal, dikonfirmasi tewas oleh petugas penjaga pantai Italia.

Sementara itu, istri Mike Lynch, Angela Bacares, termasuk di antara 15 orang yang diselamatkan. Majalah bisnis Forbes mencatat, kekayaan Lynch mencapai USD 1 miliar atau Rp 15,5 triliun.

Bloomer adalah ketua Morgan Stanley International, cabang raksasa perbankan investasi yang berbasis di London, peran non-eksekutif yang dipegangnya sejak 2016. Ia juga merupakan ketua perusahaan asuransi Hiscox.

Kronologi 

Dilaporkan, kapal pesiar layar Bayesian sepanjang 56 meter dilanda badai dahsyat sekitar pukul 4 pagi waktu setempat di Sisilia pada Senin, 19 Agustus 2024 saat kapal tersebut membawa 10 awak dan 12 penumpang di dalamnya.

Kapal yang berlabuh itu terbalik di dekat pelabuhan Porticello, dan para saksi mata mengatakan kepada media lokal Italia bahwa kapal tersebut turun dengan cepat setelah tiangnya patah.

Dalam sebuah pernyataan, layanan darurat Italia mengatakan para penyelam telah mengakses bagian dalam bangkai kapal pada Senin malam.

Operasi menjadi rumit karena hambatan dan titik akses yang sempit, kata mereka, seraya menambahkan tidak mungkin untuk memverifikasi keberadaan orang-orang yang hilang melalui jendela jendela kabin. Operasi sekarang direncanakan untuk membuka titik akses ke kabin.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Keterangan dari Juru Bicara Perusahaan

CEO grup Hiscox, Aki Hussain mengkonfirmasi Jonathan Bloomer dan istrinya Judy termasuk di antara mereka yang hilang dalam peristiwa kapal tenggelam di Sisilia.

"Kami sangat terkejut dan sedih dengan peristiwa tragis ini," kata Hussain dalam sebuah pernyataan. 

"Pikiran kami tertuju pada semua yang terkena dampak, khususnya keluarga Bloomer, karena kami semua menunggu kabar lebih lanjut dari situasi mengerikan ini," ungkap juru bicara Morgan Stanley.

Chris Morvillo dikenal sebagai mitra pengacara di Clifford Chance yang berbasis di New York, dan baru-baru ini mewakili Mike Lynch dalam persidangan penting atas tuduhan yang diajukan terhadapnya oleh Hewlett Packard. Lynch dibebaskan pada bulan Juni 2024 lalu.

"Kami terkejut dan sangat sedih atas kejadian tragis ini. Prioritas utama kami adalah memberikan dukungan kepada keluarga sekaligus rekan kami Ayla Ronald yang bersama pasangannya bersyukur selamat dari kejadian tersebut. Duka kami juga tertuju kepada penumpang lain, awak kapal, dan semua pihak yang terkena dampaknya," ungkap juru bicara Clifford Chance.

 

3 dari 5 halaman

Respons Otoritas Sicilia

Renato Schifani, presiden wilayah Sisilia, mengunjungi rumah sakit anak-anak di Palermo di Italia untuk melihat seorang gadis Inggris berusia 1 tahun dan orangtuanya yang semuanya diselamatkan dari kapal.

"Pikiran saya ditujukan kepada semua orang yang terlibat dan keluarga mereka, tetapi hari ini kami juga di sini untuk bersaksi bahwa solidaritas dan komitmen para pekerja kesehatan dan relawan Perlindungan Sipil adalah sumber daya yang berharga bagi komunitas kami," kata Schifani.

4 dari 5 halaman

Miliarder Inggris Hilang setelah Superyacht Tenggelam di Sicily

Sebelumnya, pengusaha teknologi dan miliarder Inggris Mike Lynch dikabarkan hilang karena kapal superyacht yang ditumpanginya tenggelam di lepas pantai Sicily. Berdasarkan sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, Angela Bacares, istri Lynch, dipastikan telah selamat.

Dikutip dari CNBC, Selasa (20/8/2024), kapal superyacht, yang disebut Bayesian, terbalik sekitar pukul 5 pagi waktu setempat saat berlabuh di lepas pantai Porticello, sebuah desa nelayan kecil yang terletak di provinsi Palermo di Italia, menurut berbagai laporan media.

Kapal itu diterjang badai dashyat yang tidak terduga. Setidaknya satu orang tewas dan enam lainnya dilaporkan hilang, sedangkan 15 orang berhasil diselamatkan termasuk seorang bayi berusia 1 tahun. Kabar ini dilaporkan oleh NBC News yang mengutip pejabat setempat.

Kapal pesiar itu “tiba-tiba tenggelam” kemungkinan besar “karena kondisi cuaca buruk,” kata Dewan Kota Bagheria, menurut NBC.

Siapakah Mike Lynch?

Lynch, 59, adalah pendiri perusahaan perangkat lunak perusahaan Autonomy. Ia menjadi sasaran pertempuran hukum yang berlarut-larut dengan Hewlett Packard setelah raksasa teknologi AS itu menuduhnya menggelembungkan nilai Autonomy dalam penjualan senilai USD 11 miliar. HP mengalami penurunan nilai sebesar USD 8,8 miliar atas Autonomy dalam waktu satu tahun setelah membelinya.

HP mengalami penurunan nilai sebesar USD 8,8 miliar pada Autonomy dalam waktu satu tahun sejak membelinya.

Lynch diekstradisi dari Inggris ke AS tahun lalu untuk diadili atas tuduhan HP. Pada bulan Juni, ia dibebaskan dari tuduhan penipuan setelah persidangan yang berlangsung selama tiga bulan.

 

5 dari 5 halaman

Bisnis Lynch

Lynch lahir di Ilford, sebuah kota besar di London Timur, pada 1965 dan tumbuh di dekat Chelmsford di daerah Essex, Inggris. Ia kuliah di Universitas Cambridge, tempat ia belajar ilmu pengetahuan alam, dengan fokus pada bidang-bidang seperti elektronika, matematika, dan biologi.

Setelah menyelesaikan studi sarjananya, Lynch meraih gelar Ph.D. dalam pemrosesan sinyal dan komunikasi.

Menjelang akhir tahun 1980-an, Lynch mendirikan sebuah firma bernama Lynett Systems Ltd. yang memproduksi desain dan produk audio untuk industri musik.

Beberapa tahun kemudian, pada awal 1990-an, ia mendirikan bisnis pengenalan sidik jari bernama Cambridge Neurodynamics, yang menjadikan Kepolisian South Yorkshire sebagai salah satu pelanggannya.

Namun, terobosan besarnya datang pada 1996 dengan Autonomy, yang didirikannya bersama David Tabizel dan Richard Gaunt sebagai spinoff dari Cambridge Neurodynamics. Perusahaan tersebut berkembang menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di Inggris.

Bill Gates-nya Inggris

Lynch memegang banyak pengaruh di bidang teknologi Inggris pada puncak kesuksesannya, setelah pernah dijuluki oleh media sebagai Bill Gates-nya Inggris.

Ia mendirikan Invoke Capital, sebuah perusahaan modal ventura yang berfokus pada dukungan bagi perusahaan rintisan teknologi Eropa, pada tahun 2012.

Dalam perannya sebagai kapitalis ventura, Lynch terlibat erat dalam membantu perusahaan keamanan siber Inggris Darktrace dan perusahaan rintisan perangkat lunak hukum Luminance untuk berdiri, dengan mendukung kedua perusahaan tersebut dengan jumlah dana yang cukup besar.

Lynch sebelumnya menjadi anggota dewan penyiar Inggris BBC. Ia juga pernah menjabat sebagai penasihat pemerintah Inggris di Dewan Sains dan Teknologi.

Reporter: Satrya Bima Pramudatama

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.