Sukses

ARSIP Nasional Buka 99 Formasi CPNS 2024, Ada Khusus Disabilitas

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) membuka kesempatan CPNS 2024 untuk 99 formasi untuk tahun anggaran 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan ditugaskan di lingkungan ANRI.

Sesuai dengan surat NOMOR : KP.01.00/ 2 /2024 Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 293 Tahun 2024 membuka sebanyak 99 formasi cpns bagi para Warga Negara Indonesia.  

Kriteria Pelamar

Kebutuhan dari masing-masing jabatan diperuntukan bagi pelamar dengan kriteria:

1. Disabilitas, adalah Pelamar yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu yang lama yang dalam berinteraksi dengan  lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya. 

2. Putra Putri Kalimantan, adalah pelamar yang melamar pada kebutuhan khusus putra/putri Kalimantan yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk di Kabupaten/Kota Kalimantan. 

3. Umum, adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana huruf a dan b di atas yang memenuhi persyaratan.Para pelamar penyandang disabilitas dapat melamar untuk formasi umum di luar alokasi jabatan disabilitas dan wajib menyatakan bahwa yang bersangkutan merupakan penyandang disabilitas dan dibuktikan dengan dokumen/surat keterangan resmi dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasannya.

Pelamar penyandang disabilitas wajib menyatakan yang bersangkutan merupakan penyandang disabilitas dalam bentuk pernyataan dan dibuktikan dengan:

a. dokumen/surat keterangan resmi dari rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasannya; dan

b. tautan berisi video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar.

"Seluruh formasi umum di lingkungan ANRI dapat dilamar oleh penyandang disabilitas fisik (anggota tubuh bagian tangan dapat digunakan untuk bekerjasecara baik) kecuali disabilitas sensorik netra, disabilitas sensorik rungu, disabilitas sensorik wicara, disabilitas mental, disabilitas intelektual dan disabilitas ganda," demikian dikutip dari surat pengumuman.

 

Reporter: Satria B.P

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

60.000 Formasi CPNS 2024 di Pemerintah Pusat Bakal Pindah ke IKN

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan 250.407 formasi CPNS 2024 untuk masa pendaftaran mulai 20 Agustus 2024. Dari jumlah tersebut, sebanyak 114.706 formasi diperuntukkan bagi pemerintah pusat. 

Menpan RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, sekitar 60.000 formasi di pemerintah pusat dalam CPNS 2024 nantinya akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kurang lebih 60 ribu formasi dari pemerintah pusat yang menempel di KL (kementerian/lembaga) akan ke IKN. Misal ada di KL yang mengusulkan nanti dipindah ke IKN, dimana anak-anak yang punya talents digital san muktitasking," ujarnya saat ditemui usai Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Dari jumlah 60 ribu formasi tersebut, sambung Anas, pemerintah memberikan afirmasi sebesar 5 persen untuk jatah putra/putri Kalimantan yang akan bekerja di IKN. 

 "Supaya putra/putri Kalimantan tidak bersaing dengan freshgrad dari Jawa. Saran Presiden formasi 5 persen kurang lebih sekitar 2.000an dari putra/putri Kalimantan," kata Anas. 

 Lebih lanjut, Anas kembali mengutarakan alasan mengapa jumlah total formasi CPNS 2024 yang dibuka masih jauh dari target. Pemerintah sebelumnya menargetkan sebanyak 600.000 formasi untuk perekrutan tahun ini. 

"Kita sudah siapkan formasi 600.000, tapi banyak daerah yang belum memanfaatkan formasi ini, baik karena problem anggaran maupun karena problem formasi yang tidak sesuai," tuturnya. 

"Misalnya formasi teknis, padahal itu kita tidak berikan ruang untuk formasi teknis. Karena formasi teknis itu akan terdisrupsi oleh teknologi," ujar Anas. 

 

 

3 dari 4 halaman

Ini Instansi Paling Banyak Buka Formasi CPNS 2024

Kepastian terkait pendaftaran CPNS 2024 akhirnya terjawab. Badan Kepegawaian Negara (BKN RI) sudah memastikan jadwal pendaftaran CPNS 2024. Pengumuman pendaftaran seleksi CPNS 2024 diumumkan melalui akun instagram resmi BKN RI.

"H-6 sebelum pendaftaran di portal SSCASN BKN dibuka‼️," tulis caption akun @bkngoidofficial, dikutip Jumat (15/8/2024).

"Pendaftaran Seleksi Formasi CPNS 2024 Dibuka 20 Agustus 2024. Siapkan Diri Kalian!," tulis pengumumannya.

Dari pengumuman ini, BKN mengimbau masyarakat untuk memantau informasi dari pemerintah terkait yang akan membuka pendaftaran CPNS 2024

"Pantau informasi berikutnya hanya di kanal resmi pemerintah," tulisnya.

Jauh sebelumnya, formasi CPNS 2024 atau Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 telah resmi diumumkan pemerintah per 12 Juni 2024, dilaporkan berbagai instansi pusat telah merinci kebutuhan formasi untuk CASN tahun 2024.

Tahun ini pemerintah membuka formasi secara besar-besaran, dengan total mencapai 2,3 juta posisi. Rinciannya adalah 690 ribu formasi untuk CPNS dan 1,6 juta untuk PPPK.

Selain itu, 225 formasi CPNS khusus disediakan untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN), sementara 1,6 juta formasi PPPK ditujukan untuk menyelesaikan masalah tenaga honorer.

 

4 dari 4 halaman

Instansi dengan Formasi CPNS 2024 Paling Banyak

Lantas instansi mana yang membuka formasi CPNS 2024 paling banyak?

Kementerian Agama (Kemenag) menjadi instansi yang membuka formasi CPNS 2024 paling banyak. Untuk formasi CPNS 2024, Kemenag membuka sekitar 20.772 formasi. Sedangkan untuk PPPK 2024 sebanyak 89.781 formasi.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini