Sukses

Ternyata, Moda Transportasi Favorit Crazy Rich Ini Paling Berpolusi di Dunia

Bisnis penyewaan jet pribadi atau private jet kian menjamur di Indonesia. Menyusul, tingginya permintaan akan jasa sewa transportasi jet pribadi.

Liputan6.com, Jakarta Bisnis penyewaan jet pribadi atau private jet kian menjamur di Indonesia. Menyusul, tingginya permintaan akan jasa sewa transportasi jet pribadi.

Mayoritas penyewa jet pribadi sendiri didominasi oleh kalangan pengusaha hingga para pejabat yang memiliki kemampuan financial tinggi. Belakangan ini jet pribadi juga marak digunakan oleh para selebriti.

Namun, siapa sangka terdapat fakta mengejutkan dibalik moda transportasi jet pribadi yang kerap digunakan para crazy rich. 

Yakni, jet pribadi digolongkan sebagai alat tranportasi paling berpolusi di dunia.

Melansir laman Euro News, lebih dari 75 organisasi dari seluruh Eropa telah menandatangani surat terbuka yang menyerukan larangan penggunaan jet pribadi.

Termasuk organisasi-organisasi seperti Friends of the Earth, jaringan Stay Grounded, Federation of Young European Greens dan Flight Free UK. 

Mereka mencatat, sebuah pesawat jet pribadi terbang setiap enam menit dari satu negara Eropa pada 2022. Mereka menuntut pajak bagi frequent flyer serta larangan terhadap jet pribadi dan program hadiah frequent flyer

"Seorang miliarder merusak iklim dengan penerbangan selama sebelas menit seperti yang dilakukan beberapa orang dari populasi dunia termiskin sepanjang hidup mereka," kata Sean Currie dari jaringan Stay Grounded dikutip Euro News Kamis (22/8).

Penggunaan Pesawat Jet Pribadi

Disebutkan bahwa penggunaan pesawat jet pribadi melonjak di Eropa pada 2022. Seruan untuk melakukan tindakan keras terhadap jet pribadi muncul setelah lalu lintas moda transportasi yang menimbulkan polusi di Eropa melonjak sebesar 64 persen tahun lalu.

Bahkan, sekitar seperempat dari 572.806 perjalanan jet yang dilakukan pada 2022 adalah untuk jarak yang sangat pendek menurut laporan Greenpeace, mencakup jarak di bawah 500 km yang mungkin merupakan perjalanan kereta api. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekor Jet Pribadi Terburuk

Salah satu rute umum di Inggris membutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk bersepeda.

Pakar data di konsultan lingkungan hidup Belanda Delft melacak penerbangan tersebut untuk melihat negara-negara Eropa mana yang memiliki rekor jet pribadi terburuk, dan satu negara jelas berada di posisi teratas. 

"Pesawat jet pribadi sangat menimbulkan polusi dan umumnya tidak ada gunanya," kata Doug Parr, direktur kebijakan di Greenpeace Inggris.

Di sisi lain, jutaan orang di seluruh dunia menghadapi kekacauan iklim, kehilangan mata pencaharian atau hal yang lebih buruk lagi. Sementara hanya segelintir orang yang menggunakan bahan bakar jet seolah-olah tidak ada hari esok.

LSM Transportasi dan Lingkungan menghitung bahwa jet pribadi menghasilkan polusi lima hingga 14 kali lebih banyak per penumpang. Jumlahnya dibandingkan penerbangan komersial dan 50 kali lebih banyak polusi dibandingkan kereta api. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini