Sukses

10 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Jose Mourinho, Mau Tahu Kabar Mereka Sekarang?

Namun, pada puncak karirnya, Jose Mourinho atau sering disebut The Special One ini mampu memberikan gelar liga dan trofi Eropa tanpa ragu selama dia mendapatkan apa yang diinginkan.

Liputan6.com, Jakarta - Selera pemain Jose Mourinho memang tidak pernah populer, namun jika kamu mendukungnya di bursa transfer, hal itu bisa menjamin kesuksesan di level tertinggi.

Nama Jose Mourinho memang seperti sudah pudar dalam beberapa tahun terakhir. Pria asal Portugal itu sekarang berada di Turki bersama klub Fenerbahce setelah mengalami polarisasi selama beberapa waktu bersama Tottenham dan Roma.

Namun, pada puncak karirnya, The Special One ini mampu memberikan gelar liga dan trofi Eropa tanpa ragu selama dia mendapatkan apa yang diinginkan.

Dikutip dari planetfootball, Minggu (25/8/2024), sudah dirangkum 10 penjualan terbesar yang dilakukan Mourinho dalam karirnya sejauh ini dan di mana para pemain tersebut berada sekarang.

10. Memphis Depay

Hanya butuh delapan belas bulan di Manchester bagi Memphis untuk berubah dari salah satu pemain muda paling menjanjikan menjadi pemain berbakat yang tidak punya kemampuan dan kepercayaan diri.

Setelah membelinya seharga £25 juta pada musim panas 2015, pemain sayap Belanda itu sudah keluar dari tim utama setahun kemudian ketika Mourinho menggantikan Louis van Gaal di Manchester United.

Setelah hanya empat penampilan pada musim 2016-2017, ia bergabung dengan Lyon pada Januari 2017 dengan nilai awal £16 juta, lalu naik menjadi £21,7 juta.

Dia menikmati kebangkitan karir di Perancis untuk pindah ke Barcelona, tetapi sekali lagi gagal menemukan kakinya di level teratas. Setelah 18 bulan bersama Atletico Madrid, pemain berusia 30 tahun itu kini mendapati dirinya tidak lagi terikat.

9. Filipe Luis

Mourinho mengontrak Luis untuk Chelsea pada musim panas 2014, membayar Atletico Madrid £15,8 juta untuk bek kiri tersebut. Dia hanya bertahan satu musim di Stamford Bridge sebelum dijual kembali ke Atleti, namun kembali pada tahun 2015 dengan harga £16 juta, menurut Guardian.

Pemain Brasil ini menghabiskan empat tahun berikutnya bersama Los Rojiblancos, mencapai final Liga Champions dan memenangkan Liga Europa sebelum menandatangani kontrak dengan Flamengo pada tahun 2019.

Dia pensiun pada akhir tahun 2023 sebagai pemenang dua kali Copa Libertadores dan sekarang bekerja sebagai manajer club U-20.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

8. Kevin De Bruyne

Mungkin kesalahan terbesar dalam karir Mourinho – meskipun dia tidak akan pernah mengakuinya – dia menyerah pada De Bruyne muda pada tahun 2014, menyetujui penjualan ke Wolfsburg hanya dengan £18 juta.

Setelah hanya satu musim di Jerman, sang playmaker kembali ke Inggris bersama Manchester City, menandatangani kesepakatan senilai £54 juta yang dianggap sebagai 'lelucon belaka' bagi seorang pemain yang 'di luar kemampuan di Chelsea'.

Sembilan tahun, enam gelar Premier League, satu Liga Champions, dan dua penghargaan Pemain Terbaik Liga Premier (kita bisa saja melanjutkannya) Merson dengan bangga memakan kue sederhana dan menerima bahwa dia salah.

Menariknya, Mourinho sejak itu mengklaim di podcast Obi One milik Jon Obi Mikel bahwa dia tidak ingin menjual De Bruyne, mengklaim bahwa dia ingin dia ada di skuad, tetapi pemain Belgia itu sendirilah yang mendorong untuk keluar.

7. Morgan Schneiderlin

Pemain lain yang direkrut Van Gaal di United, Schneiderlin membentuk separuh dari 'Schmidfield' yang bernasib buruk bersama Bastian Schweinsteiger.Kesepakatan senilai £25 juta dipandang sebagai kesepakatan yang cerdas pada saat itu, namun pemain Prancis tersebut kesulitan untuk mengambil langkah tersebut dan menjadi surplus di bawah kepemimpinan Mourinho, dijual ke Everton seharga £20 juta pada Januari 2017 – keuntungan yang lumayan sebesar £5 juta.

Schneiderlin menghabiskan tiga tahun bersama The Toffees sebelum kembali ke Prancis bersama Nice, tetapi baru saja mengumumkan pensiun pada usia 34 tahun setelah sempat bermain di Australia, Turki, dan Yunani.

 

3 dari 7 halaman

6. Andre Schurrle

Schurrle bergabung dengan Chelsea dengan harga sekitar £18 juta pada musim panas yang sama ketika Mourinho kembali ke klub, menikmati musim pertama yang kuat sebelum pergi untuk memenangkan Piala Dunia bersama Jerman pada tahun 2014.

Dia membuat 14 penampilan di musim keduanya, namun keluar di tengah jalan setelah hanya 18 bulan di Chelsea untuk kembali ke Jerman bersama Wolfsburg.

Biaya £22 juta membuat The Blues mendapat sedikit keuntungan dari pemain yang menginginkan lebih banyak waktu bermain.

Setelah bertugas di Borussia Dortmund, Fulham dan di Rusia, pemain sayap ini secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola pada tahun 2020 di usianya yang baru 29 tahun, karena kecewa dengan permainan tersebut.

Saat ini dia mendaki gunung dan melakukan olahraga ekstrem dan mendokumentasikannya di YouTube dan Instagram – hal-hal yang sangat keren.

5. Arjen Robben

Tawaran Manchester United senilai £7 juta ditertawakan oleh PSV pada tahun 2004 ketika Chelsea merekrut Robben seharga £12 juta menjelang musim 2004-05.

Cedera di pra-musim membuat Robben baru melakukan debut kompetitifnya pada bulan Oktober 2004, namun ia dengan cepat meningkatkan kecepatannya dan dianugerahi penghargaan Pemain Terbaik Liga Premier oleh Wayne Rooney.

Tiga tahun kemudian, daya tarik Real Madrid terbukti terlalu kuat dan dia pindah dengan kesepakatan £24 juta.Namun di Bayern Munich, Robben benar-benar menemukan langkahnya, bergabung pada tahun 2009 dan menghabiskan satu dekade bersama klub, memenangkan delapan gelar Bundesliga, treble kontinental dan menjadi salah satu pemain sayap terbaik dunia bersama Franck Ribery.

Dia pensiun pada tahun 2019, tetapi keluar dari masa pensiunnya untuk bermain satu musim bersama Groeningen sebelum pensiun lagi pada tahun 2021.

 

4 dari 7 halaman

4. Romelu Lukaku

Seorang pria yang mengumpulkan banyak uang dalam biaya transfer, Lukaku menandatangani kontrak dengan Chelsea seharga £10 juta saat remaja pada tahun 2010 dan selalu tampak mampu berkembang menjadi pencetak gol terbanyak, akhirnya melakukannya dengan Everton yang membelinya dari Chelsea seharga £28 juta. pada tahun 2014.

Setelah musim pinjaman yang brilian, pemain Belgia ini menghabiskan tiga musim sebagai pemain permanen sebelum dikontrak oleh Mourinho di Manchester United pada tahun 2017 seharga £75 juta.Dia dijual ke Inter dengan harga sekitar £73 juta dua tahun kemudian dan sejak itu kembali ke Chelsea, gagal, kembali ke Inter dan bergabung dengan Roma – lagi-lagi di bawah asuhan Mourinho.

Pemain berusia 31 tahun ini masih terikat kontrak dengan Chelsea namun masih melebihi persyaratan dan The Blues sangat berharap Napoli asuhan Antonio Conte akan melepasnya. Karier yang aneh.

 

5 dari 7 halaman

3. Juan Mata

Meskipun dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Chelsea di dua musim pertamanya bersama klub setelah kepindahan senilai £23,5 juta, Mourinho menjual playmaker Spanyol itu ke United pada Januari 2014 dengan harga £37,5 juta, hanya untuk bertemu kembali dengannya beberapa kali. bertahun-tahun kemudian ketika dia sendiri berakhir di Old Trafford.

Hubungan mereka di Manchester lebih positif, meski Mata menghabiskan tahun-tahun terbaiknya dengan mengisi lubang di sayap kanan United alih-alih ditempatkan sebagai pemain nomor 10.

Dia akhirnya pergi pada akhir kontraknya pada tahun 2022 untuk menandatangani kontrak dengan Galatasaray dan saat ini berstatus bebas transfer setelah sempat berada di Jepang bersama Vissel Kobe.

 

 

 

6 dari 7 halaman

2.David Luiz

Sebuah bisnis brilian dari Chelsea, setelah mengontrak Luiz seharga £21,5 juta pada tahun 2011, Mourinho menjualnya ke Paris Saint-Germain seharga £50 juta pada tahun 2014, hanya untuk dia bergabung kembali dengan The Blues dua tahun kemudian dengan potongan harga £ 34 juta dan kembali membuktikan kemampuannya di bawah asuhan Antonio Conte.

Dia akhirnya meninggalkan klub lagi pada tahun 2019, pindah ke London untuk bergabung dengan Arsenal dengan harga £8 juta. Namun, waktunya di Emirates tidak bertahan lama dan terlupakan, ia berangkat pada akhir kontraknya pada tahun 2021 untuk kembali ke Brasil bersama Flamengo.

Sekarang berusia 37 tahun, ia mengangkat Copa Libertadores bersama klub pada tahun 2022.

 

7 dari 7 halaman

1.Zlatan Ibrahimovic

Mourinho dan Ibrahimovic hanya menghabiskan satu musim bersama di Inter pada 2008-09 sebelum pemain asal Swedia itu pindah ke Barcelona dengan nilai £40 juta, dan Samuel Eto’o juga bergabung dengan Inter dalam kesepakatan yang sama.

Inter sebenarnya mendapatkan hasil yang lebih baik dalam kesepakatan tersebut karena kesepakatan Barcelona-Zlatan gagal setelah satu tahun, sehingga dia pindah kembali ke Italia bersama Milan.

Mourinho bertemu kembali dengan sang striker pada tahun 2016 ketika ia mengontraknya untuk United dengan status bebas transfer dari PSG, mengantongi 28 gol di semua kompetisi musim itu.

Setelah sempat berada di Los Angeles dan kembali ke Milan, Ibrahimovic pensiun pada usia 41 tahun pada tahun 2023 dan sekarang bekerja dengan Rossoneri sebagai penasihat dewan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini