Sukses

Format Terbaru Surat Lamaran CPNS 2024, Cek di Sini

Terdapat sejumlah syarat untuk melamar CPNS 2024. Salah satunya adalah Surat Lamaran. Format surat lamaran SPNC 2024 ini hampir sama di kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 pada 20 Agustus 2024 dan akan berakhir pada 6 September 2024. Pemerintah menyediakan 250.407 formasi CPNS 2024. Formasi tersebut untuk 69 Instansi pusat dan 478 instansi daerah.

Berdasarkan data BKN hingga 23 Agustus 2024 hingga pukul 14.00 WIB, ada 37.761 pelamar yang sudah submit. Submit ini berarti sudah mengakhiri pendaftaran (resume). Selain itu, ada 5.797 pelamar CPNS 2024 telah memenuhi syarat dari instansi (verif MS).

Di sisi lain, 2.497 pelamar tidak memenuhi syarat dari instansi (verif TMS).

BKN menyebutkan ada enam Kementerian/Lembaga yang masuk jajaran teratas yang diminati pelamar CPNS 2024. Posisi pertama ditempati Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Disusul Kementerian Komunikasi dan Informatika, lalu Kementerian Keuangan.

Terdapat sejumlah syarat untuk melamar CPNS 2024. Salah satunya adalah Surat Lamaran. Format surat lamaran SPNC 2024 ini hampir sama di kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

Pembedanya hanya ditujukan kesiapa saja, seperti:

Yth. Kepala Badan Kepegawaian Negara

c.q. Ketua Panitia Seleksi Pengadaan ASN BKN T.A. 2024

atau 

YTH.

MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA

DAN REFORMASI BIROKRASI

DI JALAN JENDERAL SUDIRMAN KAVLING 69 JAKARTA SELATAN.

Ingat, di surat lamaran CPNS 2024 ini wajib menyertakan e-materai bernilai Rp 10.000 yang harus ditandatangani. Oleh karena itu perlu juga menyiapkan e-materai tersebut.

Nah, agar tidak salah dalam menulis surat lamaran CPNS 2024, dikutip Liputan6.com, Sabtu (24/8/2024), berikut ini contoh terbaru surat lamaran di beberapa kementerian dan lembaga: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Surat Lamaran CPNS 2024 di NKN

FORMAT SURAT LAMARAN

 

(kota), (tanggal) (bulan) 2024

 

Yth. Kepala Badan Kepegawaian Negara

c.q. Ketua Panitia Seleksi Pengadaan ASN BKN T.A. 2024

di Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:

NIK:

Tempat/Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Alamat Domisili Saat ini :

Alamat sesuai KTP:

Nomor HP:

Email:

Pendidikan:

Perguruan Tinggi :

Jenis Kebutuhan: Umum  /  Cumlaude  /  Penyandang  Disabilitas  /  Putra  Putri  Papua  / Putra Putri Kalimantan *)

Jabatan yang Dilamar:

Penempatan:

 Dengan ini menyampaikan surat lamaran untuk dapat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Badan Kepegawaian Negara Tahun Anggaran 2024. Sebagai bahan pertimbangan, disampaikan dokumen kelengkapan yang telah diunggah sebagai berikut:

1.    Pasfoto terbaru menggunakan pakaian formal dengan latar belakang warna merah;

2.    Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli/Surat Keterangan asli telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang masih berlaku;

3.    Scan Ijazah asli;

4.    Scan Transkrip Nilai asli;

5.    Scan Surat Pernyataan Data Diri Pelamar yang sudah ditandatangani dan dibubuhi e-meterai;

6.    Bukti akreditasi perguruan tinggi dan/atau program studi;

7.    Scan Sertifikat TOEFL/TOEFL Preparation/TOEFL Prediciton/Computer Based TOEFL/Internet Based TOEFL/TOEIC/IELTS dalam 2 (dua) tahun terakhir;

8.    Dokumen lainnya sesuai dengan ketentuan persyaratan khusus jabatan yang dilamar;

9.    Bukti akreditasi A/unggul perguruan tinggi dan program studi; **)

10.  Surat keterangan dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasan; ***)

11.  Akta kelahiran/Surat Keterangan Lahir dan Surat Keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menyatakan bahwa Bapak dan/atau Ibu asli Papua. ****)

Seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia seleksi membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Badan Kepegawaian Negara Tahun Anggaran 2024.

Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

tanda tangan

(Nama Lengkap)

3 dari 3 halaman

Surat Lamaran CPNS 2024 di Kementerian PANRB

SURAT LAMARAN CPNS

YTH.

MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI

DI JALAN JENDERAL SUDIRMAN KAVLING 69 JAKARTA SELATAN

 Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 Nama: 

Tempat, tanggal lahir: 

Nomor KTP: 

Pendidikan: 

Jabatan yang dilamar: 

Unit kerja yang dilamar: 

Alamat domisili saat ini: 

Alamat sesuai KTP: 

Nomor HP: 

Alamat email:  

Dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat mengikuti Seleksi CPNS di lingkungan Kementerian PANRB Tahun Anggaran 2024.

Sebagai bahan pertimbangan, saya sampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Surat lamaran yang diketik menggunakan komputer dan ditujukan kepada Menteri PANRB di Jalan Jenderal Sudirman Kavling 69 Jakarta Selatan dan dibubuhi e-materai Rp10.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam.
  2.  Tanda Penduduk (KTP) elektronik asli atau Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  3. Ijazah asli, bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri wajib melampirkan ijazah yang telah disetarakan oleh Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Pendidikan.
  4. Transkrip nilai asli, bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri wajib melampirkan konversi nilai IPK dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Pendidikan.
  5. Surat Akreditasi Perguruan Tinggi dan / atau Program Studi berupa Sertifikat atau Tangkapan Layar (Screenshot) pada PDDIKTI / BAN-PT dari Akreditasi perguruan tinggi dan / atau program studi pada saat kelulusan pelamar yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah.
  6. Pasfoto formal terbaru berlatar belakang berwarna merah.
  7. Daftar Riwayat Hidup.
  8. Surat Pernyataan 5 (lima) poin yang dibubuhi e-materai Rp10.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam.
  9. Surat Pernyataan kesediaan ditempatkan di seluruh unit kerja di lingkungan Kementerian PANRB termasuk penempatan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ditandatangani dengan pena bertinta hitam dan dibubuhi e-materai Rp10.000.
  10. Sertifikat TOEFL (ITP atau prediction) atau IELTS yang diperoleh dalam 2 (dua) tahun terakhir.
  11. Bagi pelamar CPNS dari PPPK, mengunggah surat izin PPPK mengikuti CPNS, dimana yang bersangkutan wajib memenuhi masa perjanjian kerja minimal 1 (satu) tahun dan telah mendapatkan persetujuan dari PPK atau PyB.*)
  12. Bagi pelamar jabatan Terampil - Pranata Komputer dan jabatan Ahli Pertama - Pranata Komputer mengunggah sertifikat yang dipersyaratkan.*)
  13. Bagi pelamar kebutuhan khusus disabilitas atau pelamar penyandang disabilitas yang melamar pada kebutuhan umum atau kebutuhan khusus selain kebutuhan khusus penyandang disabilitas wajib mengunggah*):

a.    Surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah / Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya;

b.    Menyampaikan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar (dibuat dalam link pada dokumen pdf); dan

c.    Dokumen persyaratan huruf a dan huruf b dijadikan dalam 1 dokumen pdf.

Demikian surat lamaran ini saya buat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia untuk membatalkan keikutsertaan / kelulusan saya pada seleksi CPNS di lingkungan Kementerian PANRB Tahun Anggaran 2024. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

(kota), (tanggal) (bulan) (tahun)

Yang membuat pernyataan,

e-Materai

Rp. 10.000,-  

(ttd)

(Nama Lengkap)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini