Sukses

8 Kementerian Sudah Umumkan Formasi CPNS 2024, Simak Rinciannya di Sini!

Pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menyediakan formasi CPNS Tahun 2024 sebanyak 250.407 bagi 69 Instansi pusat dan 478 instansi daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah resmi membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2024 pada 20 Agustus 2024. Pendaftaran CPNS 2024 ini akan berlangsung sampai dengan 6 September 2024.

Pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menyediakan formasi CPNS Tahun 2024 sebanyak 250.407 bagi 69 Instansi pusat dan 478 instansi daerah.

Lantas bagaimana cara daftar CPNS 2024?

Pendaftaran CPNS dan PPPK biasanya bisa dilakukan melalui situs resmi SSCASN atau melalui link sscasn.bkn.go.id.

Lebih jelasnya lagi berikut ini adalah cara mendaftar CPNS:

  1. Masuk ke situs resmi SSCASN atau melalui link sscasn.bkn.go.id.
  2. Buatlah aku dengan menggunakan NIK atau Nomor Induk Kependudukan.
  3. Setelah itu lakukan login dengan menggunakan NIK sebagai usernamenya dan password yang telah didaftarkan.
  4. Kemudian isi biodata dengan lengkap dan akurat.
  5. Pilih jenis seleksi formasi instansi serta jabatan yang sesuai dengan pendidikan.
  6. Lengkapi dengan benar dan jelas data terkait pendidikan.
  7. Unggah dokumen-dokumen persyaratan yang dibutuhkan.
  8. Selanjutnya cek kembali kelengkapan data dan dokumen yang diunggah.
  9. Cek kartu informasi hingga kartu pendaftaran.
  10. Kemudian verifikator informasi akan melakukan verifikasi dokumen pelamar tersebut.

Jika dokumen berhasil di verifikasi pelamar yang lolos seleksi administrasi akan dinyatakan lulus dan pelamar bisa mencetak kartu ujian di akun SSCASN.

Nah, untuk melihat lebih lanjut formasi yang disediakan, berikut ini Liputan6.com rangkum lowongan CPNS 2024 untuk setiap kementerian dan lembaga Tinggi Negara:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Kementerian PANRB

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membuka 61 Formasi CPNS 2024. Proses pendaftaran mulai dibuka pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Hal ini disampaikan melalui Surat Pengumuman Nomor B/54/S.KP.01.00/2024 tentang Seleksi CPNS di Lingkungan Kementerian PANRB Tahun Anggaran 2024.

"Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pendukung lainnya dilakukan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)/NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK," tulis Kementerian PANRB dalam surat tersebut, dikutip Selasa (20/8/2024).

Terdapat beberapa dokumen yang harus dipersiapkan. Beberapa diantaranya adalah surat lamaran dengan format terlampir, KTP, ijazah asli, transkrip nilai asli, surat akreditasi perguruan tinggi, pasfoto dengan latar belakang berwarna merah, daftar riwayat hidup, serta sertifikat TOEFL/IELTS.

Untuk beberapa formasi jabatan juga terdapat dokumen yang tersendiri yang harus diunggah. Sehingga pelamar diminta untuk teliti dalam membaca dokumen yang disyaratkan.

Dalam pengadaan CPNS kali ini, Kementerian PANRB menerima peserta dari kebutuhan umum dan khusus. Adapun pelamar dengan kebutuhan khusus terdiri dari putra/putri lulusan terbaik berpredikat dengan pujian/cumlaude, penyandang disabilitas, putra/putri Papua, dan putra/putri Kalimantan.

Adapun syarat umum dalam seleksi CPNS 2024, yakni WNI yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Pelamar wajib memiliki kualifikasi pendidikan dan kompetensi yang dibutuhkan dengan menunjukkan sertifikasi keahlian tertentu sesuai dengan persyaratan jabatan. Pelamar juga tidak terlibat dalam organisasi kemasyarakatan yang dinyatakan terlarang oleh pemerintah.

 

3 dari 9 halaman

2. Kementerian Keuangan

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan kesempatan bagi seluruh warga negara Indonesia untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2024.

Berdasarkan pengumuman resmi surat dengan Nomor PENG-01/PANREK/2024 menyatakan bahwa Kementerian Keuangan membutuhkan CPNS dengan jumlah total 1.230 formasi berdasarkan jenis kebutuhan, jabatan, kualifikasi pendidikan, dan penempatan. Untuk mengetahui Rincian Komposisi Penempatan Unit Eselon I sesuai dengan jenis kebutuhan, jabatan, dan kualifikasi pendidikan dapat dilihat lebih lengkap pada laman https://rekrutmen.kemenkeu.go. id/.

Adapun kriteria yang wajib dipenuhi oleh para pelamar untuk mendaftarkan diri sebagai CPNS di Kementerian Keuangan pada tahun ini yaitu merupakan warga negara Indonesia asli, tidak pernah dipidana, tidak melakukan pelanggaran terhadap seleksi ASN, dan tidak memiliki ketergantungan pada obat-obatan terlarag. Serta secara akademik, para pelamar harus merupakan lulusan perguruan tinggi atau SLTA/SMA sederajat.

Syarat yang perlu dilengkapi untuk melakukan pendaftaran antara lain seperti pas foto terbaru menggunakan pakaian formal dengan latar belakang berwarna merah, KTP asli/Surat Keterangan asli telah melakukan perekaman kependudukan, surat lamaran yang ditujukan kepada Menteri Keuangan di Jakarta yang sudah ditandatangani dan dibubuhi e-meterai, ijazah asli, transkrip nilai, dan sertifikat/tangkapan layar (screenshot) pada PDDikti/BAN-PT untuk akreditasi perguruan tinggi dan/atau akreditasi program studi sesuai tanggal kelulusan pelamar.

 

4 dari 9 halaman

3. Kementerian kelautan dan Perikanan

Kementerian kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak Putra dan putri terbaik bangsa yang berkompeten untuk bergabung bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024.

Rekrutmen CPNS 2024 ini tertuang dalam surat pengumuman Nomor B.955/SJ/KP.310/VIII/2024 yang mengacu pada beberapa dasar hukum.

Dikutip dari laman KKP,informasi terkait kebutuhan jabatan, persyaratan kualifikasi pendidikan, jumlah kebutuhan, unit kerja penempatan serta kebutuhan umum untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada laman https://sscasn.bkn.go.id.

Untuk seleksi penerimaan, akan dilakukan melalui beberapa tahapan sebagai berikut:

Seleksi administrasi;Seleksi Kompetensi Dasar (SKD);Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

 

5 dari 9 halaman

4. Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengumumkan pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungannya. Tercatat, ada sebanyak 1.391 formasi CPNS Kemenhub yang disiapkan.

Setiap kementerian dan lembaga (K/L) memang sudah mengumumkan pembukaan pendaftaran CPNS 2024 secara bertahap sejak 19 Agustus 2024.

Informasi mengenai formasi CPNS Kemenhub sendiri didapat dari laman resmi casn.dephub.go.id. Laman tersebut memuat sejumlah informasi soal rekrutmen CPNS Kemenhub.

Adapun, formasi CPNS yang dibuka Kemenhub terdiri untuk 2 kategori. Yakni, tenaga teknis dan tenaga kesehatan. Paling banyak porsinya memang untuk CPNS Teknis Kemenhub.

"Sebanyak 1391 Formasi CPNS dengan rincian: CPNS Teknis 1385 Formasi, CPNS Tenaga Kesehatan 6 Formasi," seperti dikutip dari laman resmi Kemenhub, Jumat (23/8/2024).

Sedikitnya ada 5 kriteria pelamar yang diatur dalam rekrutmen CPNS Kemenhub ini, yaitu:

Pertama, kebutuhan khusus putra/putri lulusan terbaik berpredikat “dengan pujian”/cumlaude dari perguruan tinggi dalam negeri atau luar negeri.

Kedua, kebutuhan khusus penyandang disabilitas.

Ketiga, kebutuhan khusus putra/putri Papua merupakan keturunan Papua berdasarkan garis keturunan bapak dan/atau ibu asli Papua yang dibuktikan dengan akte kelahiran dan/atau surat keterangan lahir pelamar yang bersangkutan dan surat keterangan dari kepala desa/kepala suku.

Keempat, kebutuhan khusus putra/putri Kalimantan yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk di Kabupaten/Kota Kalimantan pada saat pembuatan akun SSCASN.

Kelima, kebutuhan umum, yang tidak diatur dalam beberapa kriteria sebelumnya.

 

6 dari 9 halaman

5. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuka 392 formasi terkait pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Tahun Anggaran 2024. CPNS tersebut akan ditugaskan di lingkungan Kemenparekraf.

Informasi ini tertera pada surat NOMOR PEM/4/KP.04/S/2024 tentang Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun anggaran 2024 dengan mengacu pada dasar hukum.

Sesuai dengan keputusan Kemenparekraf, dalam surat pengumuman ini menegaskan Kemenparekraf membuka formasi bagi warga negara Indonesia yang tertarik dan ingin menjadi ASN Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintahan, khususnya dalam Kementerian ini adalah sebagai berikut;

1. Formasi umum sebanyak 369 orang,

2. Formasi khusus yang mencakup para penyandang disabilitas sebanyak 8 orang, serta

3. Formasi khusus putra-putri Kalimantan dan Papua sebanyak 15 orang.

Apabila dijumlahkan, jumlah CPNS yang diterima oleh Kemenparekraf tahun 2024 ini adalah sebesar 392 orang, yang akan ditempatkan pada beberapa instansi tertentu antara lain;

1. Sekretariat Kementerian/Sekretariat Utama;

2. Inspektorat Utama;

3. Deputi Bidang Kebijakan Strategis;

4. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan;

5. Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur;

6. Deputi Bidang Industri dan Investasi;

7. Deputi Bidang Pemasaran;

8. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events);

9. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif;

10.Politeknik Pariwisata NHI Bandung;

11.Politeknik Pariwisata Bali;

12.Politeknik Pariwisata Medan;

13.Politeknik Pariwisata Makassar;

14.Politeknik Pariwisata Palembang;

15.Politeknik Pariwisata Lombok;

16.Badan Pelaksana Otorita Danau Toba;

17.Badan Pelaksana Otorita Borobudur; dan

18.Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores.

 

7 dari 9 halaman

6. Kementerian Perdagangan

Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang berminat dan memenuhi syarat untuk mengikuti proses seleksi CPNS 2024 di lingkungan Kementerian Perdagangan.

Dilansir dari surat Nomor KP.01/01/REK-CASN/PENG/08/2024 oleh Kementerian Perdagangan tahun anggaran 2024, terdapat beberapa formasi yang tersedia bagi para pelamar seperti apoteker ahli pertama, pranata laboratorium kesehatan terampil, analis hukum ahli pertama, analis investigasi dan pengamanan perdagangan ahli pertama, analis kebijakan ahli pertama, analis pengelolaan keuangan APBN ahli pertama, analis pengelolaan keuangan APBN ahli pertama, analis perdagangan ahli pertama, auditor ahli pertama, pranata keuangan APBN terampil dan masih lagi formasi lainnya yang tersedia.

Untuk melihat informasi lebih lengkapnya, melakukan pendaftaran, mengisi data diri, dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan, para pelamar dapat mengunjungi laman https://sscasn.bkn.go.id.

“Setiap informasi/perubahan informasi terkait pengadaan CPNS Kementerian Perdagangan tahun 2024 akan diumumkan secara resmi melalui laman Kementerian https://rekrutmen.kemendag.go. id dan portal nasional https://sscasn.bkn.go.id," bunyi surat tersebut.

 

8 dari 9 halaman

7. Kementerian Agama

Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia buka beragam formasi penerimaan CPNS 2024 dan PPPK di berbagai daerah Indonesia.

Berdasarkan surat nomor SPTJM.URF/3012/2024.1 yang ditandatangani oleh H Muhammad Ali Ramdhani selaku sekretaris jenderal di Kementerian Agama menyatakan bahwa Kementerian Agama memberikan kesempatan bagi para seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin mengikuti seleksi CPNS dan PPPK.

Berikut adalah rincian formasi yang dibutuhkan:

- Guru, CPNS 6992 formasi dan PPPK 19437 formasi

- Tenaga Kesehatan, PPPK 502 formasi

- Tenaga Teknis, CPNS 13780 formasi dan PPPK 69842 formasi

Total keseluruhan formasi yang dibutukan CPNS sebanyak 20772 formasi sedangkan PPPK sebanyak 89781 formasi.

Para CPNS dan PPPK terpilih harus siap untuk ditempatkan pada beberapa daerah di Indonesia sesuai dengan informasi yang disampaikan pada surat tersebut.

 

9 dari 9 halaman

8. Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan (Kemhan) membuka rekrutmen CPNS 2024 bagi para warga negara Indonesia yang akan ditempatkan di lingkungan Kementerian Pertahanan tahun anggaran 2024.

Lowongan CPNS Kemhan 2024 ini berdasarkan surat keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 293 tahun 2024 tentang penetapan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan instansi pemerintah.

Untuk melakukan proses Pendaftaran, para pelamar dapat menggungah dokumen scan asli persyaratan yang dilakukan secara online melalui website BKN di sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)/NIK yang tertera pada kartu keluarga dan disertai juga dengan nomor Kartu Keluarga (KK).

Beberapa rincian jabatan yang dibutukan pada rekrutmen CPNS 2024 Kemhan antara lain seperti;

- Dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi,- Fisioterapis,- Perawat,- Radiografer,- Tenaga sanitasi lingkungan terampil,- Analisis anggaran, analisis hukum,- Arsiparis, desainer buku, dokumentalis hukum,- Dosen,- Kataloger,- Konselor,- Operator alat berat, operator layanan kesehatan,- Pranata hubungan masyarakat, pranata komputer,- Pustakawan,- Sandiman,- Teknisi sarana dan prasana,- Widyaiswara.Serta banyak lagi jenis jabatan yang bisa dipilih oleh para pelamar ketika melakukan pendaftaran. Bagi para pelamar yang lolos seleksi, nantinya untuk penempatan adalah lingkup kerja Kementerian Pertahanan seperti markas mesar TNI, baik TNI AD, TNI AL ataupun TNI AU.

Dikutip dari surat tersebut, latar belakang pendidikan para pelamar yang diperkenankan untuk mengikuti rekrutmen antara lain SMA/sederajat, diploma tiga (D-III), diploma empat (D-IV), sarjana (S1), pascasarjana (S2), doktor (S3), maupun spesialis/sub spesialis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.