Sukses

Rincian Formasi Rekrutmen CPNS 2024 di 8 Lembaga Negara

Pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menyediakan formasi CPNS 2024 sebanyak 250.407 bagi 69 Instansi pusat dan 478 instansi daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2024 mulai diumumkan Senin, 19 Agustus 2024. Sesuai dengan Surat Kepala BKN Nomor 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024 tanggal 13 Agustus 2024 tentang Jadwal Seleksi CPNS 2024 di Instansi Pusat dan Daerah.

Proses pendaftaran akan dilakukan melalui portal SSCASN BKN mulai 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB, sampai dengan 06 September 2024.

Adapun pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menyediakan formasi CPNS 2024 sebanyak 250.407 bagi 69 Instansi pusat dan 478 instansi daerah.

Informasi ketersediaan formasi dan keterangan jabatan yang dibuka, termasuk detail job-desk, serta kisaran penghasilan akan tersedia di portal SSCASN pada kolom Menu Pencarian Informasi.

"Untuk daftar lowongan kuota formasi per-instansi pemerintah (Kementerian/Lembaga/Daerah) akan diumumkan oleh masing-masing instansi secara bertahap dan dapat dicek pada menu pencarian informasi secara berkala," ujar Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto, Senin (19/8/2024).

"Jadi selain mengecek lowongan formasi melalui kanal penerimaan CPNS 2024 di masing-masing instansi, pelamar juga dapat melihat keterangan formasi jabatan yang akan dilamar pada menu pencarian informasi tentang detail formasi di portal SSCASN BKN," pintanya.

Sebelum memulai pendaftaran, Haryomo meminta para pelamar CPNS 2024 untuk membaca detail persyaratan dan kualifikasi jabatan sesuai pengumuman lowongan formasi yang disampaikan instansi di kanal informasinya.

Untuk mengetahui formasi aja saja yang disediakan dalam CPNS 2024 ini, simak rangkuman Liputan6.com soal formasi yang ditawarkan sejumlah lembaga negara:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. KPU

Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2024.

Sebanyak 3.278 formasi berdasarkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 293 Tahun 2024, bakal dibuka.

Dikutip dari surat nomor 31/SDM.02-Pu/04/2024, yang memberikan kesempatan pada pelamar untuk memenuhi persyaratan mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Sekretariat Jenderal KPU Tahun Anggaran 2024.

Penempatan unit kerja yang mendapatkan kebutuhan alokasi yaitu:

  1. Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum;
  2. Sekretariat KPU Provinsi/KIP Aceh; dan
  3. Sekretariat KPU/KIP Kabupaten/Kota.

Beberapa jenis kebutuhan pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum tahun anggaran 2024 meliputi: kebutuhan umum, kebutuhan khusus, penyandang disabilitas, putra/putri Papua, dan putra/putri Kalimantan.

Pendaftaran CPNS dilakukan secara online dengan membuat akun pada website https://sscasn.bkn.go.id, kemudian melengkapi berbagai data informasi seperti mengisi nomor induk kependudukan (NIK), data identitas sesuai dengan KTP, serta mengunggah scan KTP dan swafoto yang diminta sebagai syarat untuk melakukan pendaftaran.

3 dari 9 halaman

2. Kejaksaan

Kejaksaan Republik Indonesia menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2024. Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 293 Tahun 2024 Kejaksaan Republik Indonesia akan melaksanakan seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Pengumuman resmi dengan nomor PENG - 11 /C/Cp.2/08/2024 membuka peluang untuk seluruh putra-putri dari seluruh Indonesia untuk turut serta dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Instansi Pemerintah khususnya di Kejaksaan Republik Indonesia.

Terdapat beberapa jenis kriteria pelamar berdasarkan jenis formasi:

1. Formasi Khusus

a. Cumlaude adalah pelamar lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri atau Luar Negeri dengan predikat Cumlaude

b. Putra/Putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar yang merupakan keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan orangtua asli Papua, dibuktikan dengan akta kelahiran atauSurat Keterangan Lahir.

c. Putra/Putri Kalimantan adalah pelamar yang merupakan putra/putri Kalimantan yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kabupaten/Kota Kalimantan pada saat pembuatan akun di SSCASN BKN.

d. Disabilitas adalah pelamar yang berkebutuhan khusus/memiliki keterbatasan fisik.

2. Formasi Umum.

Merupakan pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana angka 1 di atas.Beberapa persyaratan umum yang  dibutuhkan antara lain merupakan Warga Negara Indonesia, berusia minimal 18 tahun dan paling tinggi sesuai pada jabatan dilamar, tidak pernah dipidana.

Selain itu, tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan serta tidak terlibat dalam organisasi kemasyarakatan yang dinyatakan terlarang oleh pemerintah.

Untuk pendaftaran dilakukan secara pendaftaran dilakukan secara online melalui halaman website https://sscasn.bkn.go.id mulai 20 Agustus 2024 dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga untuk membuat akun pendaftaran.

4 dari 9 halaman

3. Sekjen DPR RI

Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Setjen DPR) membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang berintegritas dan berdedikasi tinggi serta memenuhi syarat yang ditentukan untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Setjen DPR.

Surat nomor 01/PANSEL PENGADAAN PEGAWAI ASN/08/2024 menegaskan bahwa Setjen DPR menetapkan dua jenis kebutuhan CPNS 2024, yaitu kebutuhan umum dan khusus. Untuk kebutuhan khusus, penerimaan CPNS diutamakan bagi para putra/putri lulusan terbaik, putra/putri Kalimantan, dan putra/putri Papua.

Adapun beberapa lowongan CPNS yang tersedia antara lain adalah:

  1. Analis Hukum Ahli Pertama
  2. Analis Kebijakan Ahli Pertama
  3. Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Pertama
  4. Arsiparis Ahli Pertama
  5. Arsiparis Terampil
  6. Pamong Budaya Terampil
  7. Penata Keprotokolan
  8. Penerjemah Ahli Pertama - Penerjemah Bahasa Inggris
  9. Pengelola Keprotokolan
  10. Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Pertama
  11. Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Pertama
  12. Pengendali Konten Internet
  13. Perancang Peraturan Perundang-undangan Ahli Pertama
  14. Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama
  15. Pranata Komputer Ahli Pertama
  16. Pranata Komputer Terampil
  17. Pranata Sumber Daya Manusia Aparatur Terampil
  18. Pustakawan Ahli Pertama
  19. Widyaiswara Ahli Pertama
5 dari 9 halaman

4. ARSIP Nasional

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan ditugaskan di lingkungan ANRI.

Sesuai dengan surat NOMOR : KP.01.00/ 2 /2024 Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 293 Tahun 2024 membuka sebanyak 99 formasi cpns bagi para Warga Negara Indonesia.  

Kebutuhan dari masing-masing jabatan diperuntukan bagi pelamar dengan kriteria:

1. Disabilitas, adalah Pelamar yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu yang lama yang dalam berinteraksi dengan  lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya. 

2. Putra Putri Kalimantan, adalah pelamar yang melamar pada kebutuhan khusus putra/putri Kalimantan yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk di Kabupaten/Kota Kalimantan. 

3. Umum, adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana huruf a dan b di atas yang memenuhi persyaratan.Para pelamar penyandang disabilitas dapat melamar untuk formasi umum di luar alokasi jabatan disabilitas dan wajib menyatakan bahwa yang bersangkutan merupakan penyandang disabilitas dan dibuktikan dengan dokumen/surat keterangan resmi dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasannya.

Pelamar penyandang disabilitas wajib menyatakan yang bersangkutan merupakan penyandang disabilitas dalam bentuk pernyataan dan dibuktikan dengan:

a. dokumen/surat keterangan resmi dari rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasannya; dan

b. tautan berisi video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar.

"Seluruh formasi umum di lingkungan ANRI dapat dilamar oleh penyandang disabilitas fisik (anggota tubuh bagian tangan dapat digunakan untuk bekerjasecara baik) kecuali disabilitas sensorik netra, disabilitas sensorik rungu, disabilitas sensorik wicara, disabilitas mental, disabilitas intelektual dan disabilitas ganda," demikian dikutip dari surat pengumuman.

6 dari 9 halaman

5. BPK

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) mengumumkan jumlah alokasi kebutuhan CPNS BPK Tahun 2024. BPK membuka sebanyak 154 formasi bagi para pelamar baik secara umum, lulusan terbaik, putra-putri Papua/Kalimantan maupun para penyandang disabilitas untuk pengadaan CPNS Tahun Anggaran 2024.

Hal ini disampaikan berdasarkan surat pengumuman nomor: 1/S.Peng/X/08/2024 yang mengatakan para CPNS nantinya akan ditempatkan pada berbagai kantor BPK di seluruh Indonesia. Beberapa jabatan yang akan ditawarkan kepada CPNS yang terpilih yakni seperti Jabatan Fungsional (JF) Pemeriksa Ahli Pertama, JF Analis Kerja Sama Ahli Pertama, dan Jabatan Pelaksana (Japel) Konselor.

Adapun beberapa kriteria pelamar CPNS 2024 yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

1. Pelamar kebutuhan umum adalah pelamar lulusan perguruan tinggi yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan sebagaimana dalam pengumuman ini.

2. Pelamar kebutuhan khusus, dialokasikan bagi:

a. Penyandang Disabilitas adalah pelamar yang menyandang disabilitas dan memenuhi

persyaratan seperti yang tercantum dalam pengumuman ini. Serta putra/putri Kalimantan adalah pelamar yang tinggal di pulau Kalimantan berdasarkan data pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan memenuhi persyaratan seperti yang tercantum dalam pengumuman ini.

c. Putra/putri lulusan terbaik berpredikat cumlaude.

d. Putra/putri Papua adalah pelamar yang merupakan keturunan Papua berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak/ibu asli Papua), dibuktikan dengan Akta Kelahiran atau surat keterangan lahir yang bersangkutan dan surat keterangan dari kepala desa.

3. Pelamar lulusan terbaik, putra/putri Papua, putra/putri Kalimantan, dan penyandang disabilitas dapat melamar pada jenis kebutuhan umum dan kebutuhan khusus lainnya pada jabatan sesuai alokasi jenis kebutuhan.

4. Formasi kebutuhan khusus penyandang disabilitas dialokasikan pada jabatan fungsional pemeriksa ahli pertama.

5. Pelaksanaan seleksi dan nilai ambang batas/passing grade setiap tahapan seleksi mengikuti jenis kebutuhan di mana pelamar mendaftar.

7 dari 9 halaman

6.BPKP

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan total 831 formasi. Lowongan CPNS BPKP dibuka untuk mengisi 18 jenis jabatan.

“Kami mengundang dan mengajak putra-putri terbaik bangsa Indonesia untuk bergabung bersama BPKP menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil BPKP,” ujar Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) BPKP, Raden Mas Aris Santosa, dalam keterangannya, Rabu (21/8/2024).

Lowongan ini tertera dalam Pengumuman Sekretaris Utama BPKP nomor: KP.00.01/PENG-09/SU/02/2024 tanggal 20 Agustus 2024, tentang Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Tahun Anggaran 2024.

Proses seleksi CPNS BPKP TA 2024 mengikuti prosedur Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id.Lowongan CPNS BPKP ini membuka kesempatan bagi 831 orang calon pegawai yang terdiri dari 18 jenis jabatan. Sebagian besar lowongan ditujukan untuk mengisi posisi jabatan fungsional auditor sebanyak 600 orang.

Sisanya merupakan jabatan fungsional di bidang administrasi dan keuangan, fungsional hukum, perencana, dan analis kebijakan. Kesempatan dibuka untuk lulusan diploma muda (D3), sarjana terapan (D4), dan sarjana (S1).

"Lowongan ini juga memperhatikan calon yang merupakan penyandang disabilitas serta kuota khusus untuk putra/putri Kalimantan," kata Aris.

Pengumuman seleksi CPNS BPKP dimulai pada 20 Agustus hingga 3 September 2024. Sedangkan pendaftaran seleksi bisa dilakukan mulai 20 Agustus hingga 6 September 2024. Informasi lebih detail mengenai syarat dan prosedur seleksi dapat dilihat pada Pengumuman Penerimaan CPNS TA 2024 di situs web BPKP dengan tautan https://bit.ly/CPNSBPKP-2024.

8 dari 9 halaman

7. BKN

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menetapkan alokasi kebutuhan CPNS 2024 sebanyak 529 formasi. Total terdapat 25 jabatan yang dibuka BKN dalam seleksi perekrutan ini, terdiri dari 18 jabatan fungsional dan 7 jabatan pelaksana. 

Mengutip informasi yang diberikan BKN, Selasa (20/8/2024), pihak instansi turut memberikan detil terkait rincian tugas hingga rentang penghasilan pada masing-masing jabatan. Secara keseluruhan, penghasilan yang diterima CPNS BKN di atas Rp 6 juta per bulan dan bisa mencapai Rp 9 juta lebih.

BKN menawarkan dua jabatan dengan penghasilan tertinggi, yakni Analis Hukum Ahli Pertama (fungsional) dan Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Pertama (fungsional). CPNS di kedua jabatan ini bisa meraup penghasilan maksimal Rp 9,15 juta (Rp 9.159.850) per bulan untuk penempatan di Kantor Regional XIV BKN Manokwari.

Setidaknya, tentang pendapatan minimal yang bisa dikantongi CPNS di dua jabatan ini sebesar Rp 8,34 juta per bulan (Rp 8.345.850) per bulan. 

Jika tidak ditempatkan di Kantor Regional XIV BKN Manokwari, Analis Hukum Ahli Pertama dan Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Pertama bisa meraup pendapatan minimal Rp 7,92 juta, dan maksimal Rp 8,73 juta.

Sebagai informasi, Analis Hukum Ahli Pertama bertugas melakukan kegiatan analisis dan evaluasi di bidang peraturan perundang undangan dan hukum tidak tertulis, pembentukan peraturan perundang-undangan, permasalahan hukum, pengawasan pelaksanaan peraturan perundang undangan, dokumen perjanjian dan pelaksanaan perjanjian, pelayanan hukum, perizinan, informasi hukum, dan advokasi hukum sesuai uraian kegiatan jenjang Ahli Pertama.

9 dari 9 halaman

8. Bapanas

Badan Pangan Nasional (Bapanas) membuka lowongan 152 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Bapanas mengajak Warga Negara Indonesia (WNI) yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun anggaran 2024 ini.

Adapun untuk lowongan PNS terdapat 152 formasi yang meliputi beberapa jenis jabatan seperti:

  • Analis anggaran
  • Analis hukum
  • Analis kebijakan
  • Analis ketahanan pangan
  • Analis sumber daya manusia
  • Arsiparis
  • Penata kelola pemerintahan
  • Penata keprotokolan
  • Penata laksana barang terampil
  • Penerjemah
  • Pengawas mutu hasil pertanian
  • Pengelola keprotokolan
  • Perancang perundang-undangan
  • Perencana
  • Pranata hubungan masyarakat
  • Pranata keuangan
  • Pranata komputer
  • Pranata sumber daya manusia
  • Pustakawan
  • Statistisi

Untuk mengetahui detail rencana penempatan dapat mengunjungi laman https://sscasn.bkn.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini