Sukses

Sambut HUT Ke-15, Tokopedia Manjakan UMKM Lewat Festival Beli Lokal

Kegiatan Festival Beli Lokal digelar dalam rangka menyambut Ulang Tahun Tokopedia ke-15.

Liputan6.com, Jakarta - Platform e-commerce PT Tokopedia menyelenggarakan Festival Beli Lokal di Plaza Timur Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu,24 Agustus 2024 hingga Minggu, 25 Agustus 2024.

Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut Ulang Tahun Tokopedia ke-15, sekaligus menjadi peluang UMKM dalam negeri memasarkan produk-produk unggulannya. Festival tersebut menghadirkan lebih dari 125 kurasi produk UMKM, yang mencakup pengusaha fesyen, kuliner, kecantikan, hingga batik tradisional.

President Director of Tokopedia & TikTok E-Commerce, Melissa Siska Juminto mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan signifikan dalam tren belanja online di platform e-commerce itu.

Peningkatan ini didukung oleh kampanye Beli Lokal di Tokopedia yang telah dilaksanakan sejak tahun 2023 lalu. Wilayah dengan kenaikan tertinggi yakni kota Cirebon di Jawa Barat, Ciamis, dan Kota Jepara di Jawa Tengah.

"Wilayah dengan kenaikan tertinggi dalam jumlah transaksi rata-rata rata-rata hampir dua kali lipat," ungkap Melissa dalam konferensi pers di GBK Senayan, Sabtu (24/8/2024).

Adapun produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, yang rata-rata hanpir 9 kali lipat yaitu popok, hanpers, dan aksesoris kamera.

Pertumbuhan jumlah pelaku usaha di Tokopedia juga menunjukkan tren positif, dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual rata-rata hingga 1,5 kali lipat, terutama di wilayah Jakarta, Banten, Jawa Timur, Bali, dan Kalimantan Selatan.

Selain itu, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Barat juga menjadi wilayah dengan kenaikan transaksi tertinggi. Produk dengan kenaikan transaksi tertinggi di wilayah itu rata-rata hampir 3,5 kali lipat, yang sebagian besar dari penjualan produk parfum, deodoran, dan hijab.

"Tokopedia turut senang menjadi bagian dari penggerak ekonomi Indonesia," tutur Melissa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tokopedia Gandeng Pemerintah Fasilitasi Pemberdayaan UMKM

Dalam kesempatan itu, Melissa juga membeberkan beberapa edukasi yang diberikan Tokopedia dan ShopTokopedia untuk pemberdayaan UMKM.

Ia menyebut, Tokopedia, bekerja sama dengan Pemerintah telah menjalankan edukasi pada 20.000 UMKM di 73 wilayah di Indonesia. 

Pelatihan ini dilakukan bersama Kementerian Koperasi dan UKM yang melibatkan 400 mentor, mendampingi 20.000 usaha mikro. Selain itu, Tokopedia juga menjalin kerja sama dengan Kementerian Perdagangan untuk memberdayakan 6.000 pedagang di 12 pasar.

(Terkait) edukasi, kami melihat hal itu sebagai fondasi dalam segala hal," ujar Melissa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.