Sukses

Viral Avtur Pesawat Garuda Indonesia Bocor, Manajemen Buka Suara

Kunto Aji membagikan video singkat berdurasi sekitar 26 detik yang menunjukkan avtur pesawat Garuda Indonesia yang ditumpanginya berceceran dari sayap di sisi kanan

 

Liputan6.com, Jakarta Viral di media sosial video yang menampilkan dugaan bahan bakar pesawat Garuda Indonesia bocor menjelang lepas landas. Menanggapi hal tersebut, manajemen Garuda Indonesia pun angkat bicara.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, membenarkan kejadian tersebut. Salah satu pesawat dengan rute Jakarta-Pekanbaru mengalami tumpahan bahan bakar avtur.

"Dapat kami sampaikan bahwa penerbangan tersebut merupakan GA-174 rute Jakarta-Pekanbaru dengan jadwal keberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 11.50 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II pukul 13.35 WIB, menggunakan armada PK-GFW," ungkap Irfan dalam keterangannya, dikutip Minggu (25/8/2025).

Dia menjelaskan bahwa kejadian tumpahan avtur tersebut diketahui oleh pilot in command (PIC) saat melakukan prosedur pengecekan jumlah avtur. Prosedur ini merupakan langkah rutin yang perlu dilakukan sebelum pesawat lepas landas.

"Prosedur tersebut merupakan bagian dari manual tata laksana keselamatan sebelum pesawat lepas landas," tambahnya.

Prosedur Keselamatan

Setelah temuan itu, pilot memutuskan untuk membawa pesawat kembali ke apron untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kejadian tumpahan avtur tersebut juga terlihat dari jendela pesawat di sisi kanan.

"Dengan mengedepankan fokus pada aspek keselamatan, PIC segera mengambil keputusan untuk melakukan Return to Apron (RTA) guna melakukan inspeksi menyeluruh terkait temuan indikasi tumpahan atau luapan bahan bakar tersebut," ujar Irfan.

Setelah prosedur keselamatan dijalankan, sebanyak 135 penumpang GA-174 akhirnya diterbangkan kembali dengan pesawat pengganti PK-GMM pada pukul 14.00 WIB dan dijadwalkan tiba pada pukul 15.45 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral di Media Sosial

Video tumpahan avtur tersebut ramai diperbincangkan di media sosial, termasuk X alias Twitter.

Salah satu yang mengunggah video tumpahan avtur ke landasan pacu adalah penyanyi Kunto Aji. Dia membagikan video singkat berdurasi sekitar 26 detik yang menunjukkan bahan bakar pesawat berceceran dari sayap di sisi kanan.

Melengkapi unggahannya, Kunto Aji bersyukur kejadian tersebut bisa diketahui lebih cepat dan pesawat batal tinggal landas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini