Sukses

Telan Ongkos Revitalisasi Rp 22 Miliar, Jokowi Resmikan Pasar Pasir Gintung di Lampung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan revitalisasi Pasar Pasir Gintung di Kota Bandar Lampung pada Senin, 26 Agustus 2028

Liputan6.com, Jakarta Dalam kunjungan kerjanya ke Lampung, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan revitalisasi Pasar Pasir Gintung di Kota Bandar Lampung pada Senin, 26 Agustus 2028.

"Pasar adalah pusat aktivitas perekonomian masyarakat yang sangat penting karena pasar yang ramai menunjukkan denyut nadi perekonomian masyarakat. Adanya transaksi, aktivitas jual beli, kegiatan usaha yang produktif menunjukkan bahwa ekonomi di sebuah kota atau provinsi berjalan dengan baik," kata Jokowi dalam siaran pers milik Kementerian PUPR, Selasa (27/8/2024).

Jokowi berpesan agar Pasar Pasir Gintung yang telah direvitalisasi menjadi lebih bersih dan tertata ini, serta dapat selalu terjaga perawatannya.

"Saya berpesan kepada Wali Kota dan para pedagang agar pasar ini dirawat sebaik-baiknya biar tetap rapih bersih, dan ke depan seluruh masyarakat senang untuk kembali ke pasar ini lagi untuk berbelanja," pinta ha.

Anggaran Rp 22,18 Miliar

Revitalisasi Pasar Pasir Gintung dilakukan sejak Desember 2023 dan tuntas pada Juli 2024 dengan biaya Rp 22,18 miliar. Pasar ini dibangun di atas lahan seluas 2.201 m2 dengan luas bangunan 3.366 m2.

"Bangunan pasar terdiri dari 2 lantai dan 1 semi basement dan memilki 275 los kering, 55 los basah, dan 19 kios kecil. Sehingga pasar ini bisa memuat hingga 349 pedagang," terang Direktur Prasarana Strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Essy Asiah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Penunjang

Selain itu, pasar ini juga dilengkapi fasilitas penunjang seperti area vegetasi, ruang pompa, ruang panel, ruang jaga, ruang laktasi, KM/WC, dan ramp disabilitas.

Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Pasir Gintung, Sarpin menyebut pasar ini direnovasi supaya para pedagang dapat berjualan di dalam pasar, tidak berjubel di area luar dan membuat kumuh.

"Sekarang bangunannya lebih bagus, dan sudah 2 lantai. Terima kasih kepada pemerintah, mudah-mudahan pasarnya semakin ramai dan nyaman bagi sesama pedagang dan pembeli," ungkap Sarpin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pasar adalah tempat orang berjual beli. Namun pasar berkaitan dengan kegiatannya, bukan tempatnya.

    pasar

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • lampung

Video Terkini