Sukses

Menang Satu Putaran, Ryan Haroen Terpilih jadi Ketum HIPMI Jaya

Ryan Haroen terpilih sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (HIPMI Jaya)

Liputan6.com, Jakarta Ryan Haroen terpilih sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (HIPMI Jaya) untuk masa bakti 2024-2027 yang dilakukan melalui mekanisme voting dalam Musyawarah Daerah ke-18 pada 27-28 Agustus 2024 di Grand Ballroom Pullman Jakarta Central Park.

Perolehan suara Ryan begitu dominan karena mampu mengungguli dua calon lainnya dengan total 578 dari lebih 1.000 daftar pemilih tetap. Hal tersebut tidak lepas dari dukungan dan bergabungnya kubu caketum dari nomor urut 2 Michael Spica Rampangilei serta nomor urut 4 Rangga Derana Niode ke Ryan.

Raihan tersebut tidak lantas membuat Ryan larut dalam euforia, pria yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Jakarta Pusat masa bakti 2021-2024 tersebut, justru mengucap syukur, berterima kasih, dan berkomitmen melanjutkan kejayaan organisasi yang telah dirintis para pendahulu.

"Rasa syukur dan ucapan terima kasih sedalam-dalamnya saya tujukkan kepada teman-teman seperjuangan di HIPMI Jaya dan semua pihak yang terlibat dalam terlaksananya Musda. Ini bukan semata soal kemenangan, lebih dari itu, karena ada visi besar yang harus kami tuntaskan bersama untuk melanjutkan kejayaan HIPMI Jaya," ujar Ryan.

Perjalanan Ryan hingga menjadi Ketua Umum HIPMI Jaya terpilih tidak berlangsung singkat. Inisiasi awal justru hadir dari sejumlah anggota dan pengurus HIPMI Jaya yang menginginkan Ryan untuk maju dalam Musda. Apresiasi dan dukungan tersebut ditangkap Ryan dengan positif untuk kemudian berani mencalonkan diri.

Dukungan lantas mengalir deras ke pria kelahiran tahun 1990 tersebut. Tidak hanya dari anggota internal HIPMI Jaya saja, dukungan juga hadir dari eksternal organisasi seperti pelaku industri kreatif, public figure, pengusaha muda non organisasi, dan lainnya.

Hal tersebut diejawantahkan Ryan melalui rencana program yang berfokus pada pengembangan kebijakan yang progresif dan inklusif untuk memastikan HIPMI Jaya hadir sebagai mitra strategis dalam mendukung pengusaha muda menghadapi dinamika ekonomi global.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Transisi Jakarta

Seperti diketahui, pengusaha muda Jakarta saat ini dihadapkan pada peluang yang cukup besar. Di sisi lain, pengusaha muda juga ditempa permasalahan kompleks terkait transisi Jakarta menuju kota global. Salah satunya, persaingan global yang ketat dan kebutuhan akan infrastruktur yang lebih baik.

Untuk itu, Ryan mengajak seluruh anggota HIPMI Jaya untuk merapatkan barisan, berpartisipasi aktif, memberikan ide juga gagasan, saling membuka akses informasi, serta terjun langsung sebagai eksekutor dalam proses tersebut. Tujuannya satu, yakni pengembangan kualitas dan kuantitas pengusaha muda yang berujung pada pertumbuhan ekonomi.

"Kami akan berjuang memperkuat peran HIPMI Jaya sebagai motor dalam merumuskan kebijakan yang mendukung inovasi, pengembangan kapasitas, dan memfasilitasi akses terhadap sumber daya yang diperlukan pengusaha muda. Untuk itu, perlu adanya sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak," ujar Ryan.

Nantinya, Ryan akan melanjutkan Ketua Umum HIPMI Jaya masa bakti 2021-2024 Sona Maesana. Adapun rangkaian acara Musda telah dimulai sejak 12 Juni 2024 lalu melalui kegiatan sosialisasi. Dilanjutkan dengan masa kampanye yang berlangsung pada 19 Juli hingga 20 Agustus 2024 dan ditutup dengan voting pemilihan ketua umum.

3 dari 4 halaman

BPD HIPMI Jaya Lantik 157 Anggota Baru, Tekankan Pentingnya Jumlah Pengusaha

Sebelumnya, sebanyak 157 anggota baru Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jaya angkatan 2024 masa Bakti 2021-2024 resmi dikukuhkan.

Hal ini bagian dari program kaderisasi Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Jaya untuk keberlanjutan organisasi kedepan.

Ketua Umum BPD HIPMI Jaya Sona Maesana meminta para anggota baru menyebarkan semangat kewirausahaan di Jakarta maupun Indonesia. Dia menekankan pentingnya kontribusi anggota Hipmi Jaya 2024 untuk meningkatkan jumlah pengusaha di Indonesia yang masih di angka 4 persen.

"HIPMI Jaya mempunyai kekuatan jaringan yang bisa dimanfaatkan teman teman anggota. Terima kasih atas kerjasamanya selama ini kepada Pemprov DKI Jakarta," kata Sona dikutip dari siaran persnya, Sabtu (29/7/2024).

"Hadirnya anggota baru ini, kedepannya agar menjadi angin segar dan HIPMI senantiasa terus mengembangkan jiwa kewirausahaan dikalangan generasi muda dan turut mensukseskan program pemerintah seperti cita cita yang dibangun pendiri HIPMI dan senior terdahulu," sambung dia.

PJ Gubernur DKI Jakarta yang diwakili Kepala Bidang PPKUKM Ibu Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan Jakarta memiliki kontribusi sebesar 16,96 persen terhadap perekonomian nasional. Dia menilai ehadiran HIPMI diperlukan juga untuk membantu meningkatkan perekonomian nasional.

"Lalu perlu diketahui juga, Dengan kuatnya perekonomian di Jakarta karena daya beli dan berbagai kegiatan yang diselenggarakan di Jakarta serta ditengah berbagai dinamika, ekonomi di DKI Jakarta hingga saat ini tetap tumbuh kuat sebesar 4,78 persen," jelas dia.

 

 

4 dari 4 halaman

UMKM Punya Kontribusi Ekonomi

Dia menyampaikan usaha kecil dan menengah (UKM) juga mempunyai kontribusi yang sangat baik mencapai 1,16 juta terhadap pertumbuhan ekonomi. Hal ini harus dipertahankan untuk mengurangi tingkat pengangguran di DKI Jakarta.

"Pemerintah juga mempunyai 4 pilar utama yang perlu diketahui dan dukungan dari berbagai pihak yaitu sumber manusia unggul, demokrasi yang matang, pemerintah yang baik dan keadilan sosial, perlu partisipasi dari berbagai pihak termasuk HIPMI untuk membantu mewujudkan hal tersebut agar mencapai Indonesia emas 2045," tutur Elisabeth.

Pemprov DKI Jakarta juga mengundang HIPMI Jaya untuk ikut serta di event Jakarta Internasional Investment, Trade, Tourism and SME Expo (JITEX) 2024 beserta business forum yang akan diselenggarakan pada 7 hingga 11 agustus 2024 di JCC Senayan .

Pemprov DKI Jakarta siap memberikan tempat pameran khusus secara gratis bagi anggota Hipmi Jaya yang sudah melewati proses kurasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini