Sukses

Ekonomi Global Tak Menentu, Bagaimana Kans UMKM Tembus Pasar Ekspor?

Peran UMKM sebagai katalis perekonomian Indonesia perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak khususnya dalam peningkatan efisiensi biaya operasional logistik.

 

Liputan6.com, Jakarta Peran UMKM sebagai katalis perekonomian Indonesia perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak khususnya dalam peningkatan efisiensi biaya operasional logistik.

Sementara itu, di tengah ancaman perlambatan ekonomi, lonjakan pasar, kondisi makro, serta kondisi geopolitik dunia saat ini, ekspor bisa menjadi harapan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kerjasama Shipper dan APRINDO juga diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri melalui kegiatan ekspor produk-produk lokal.

Shipper, perusahaan 4PL (Fourth Party Logistics / logistik pihak keempat) akselerator bisnis logistik digital terkemuka di Indonesia, telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (APRINDO) dalam rangka memperkuat kolaborasi untuk mendukung pelaku usaha retail, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan APRINDO.

Penandatanganan MoU ini berlangsung di Jakarta International Exhibition Center Hall, bertepatan dengan acara Asia (Indonesia) Fashion Show 2024 beberapa waktu lalu.

Co-Founder & CIO (Chief Innovation Officer) Shipper, Jessica Hendrawidjaja menuturkan, kerjasama strategis ini dapat membuka peluang besar bagi UMKM Indonesia ke pasar global, mulai dari kawasan Asia Tenggara, negara dunia ketiga dan lebih luas lagi hingga ke negara-negara maju lainnya. Kolaborasi ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing produk-produk UMKM Indonesia di pasar internasional.

"Kerjasama ini merupakan langkah konkret dalam mendukung UMKM untuk dapat lebih mudah mengakses pasar internasional," ujar Roy Nicholas Mandey, Chairman APRINDO. "Kami berharap, dengan adanya dukungan dari Shipper, mitra binaan kami dapat lebih mudah dalam melakukan ekspor dan mampu memperkenalkan produk mereka kepada konsumen yang lebih luas di pasar global," kata dia dikutip Minggu (1/9/2024).

Sebagai mitra strategis dalam pengiriman ekspor produk UMKM, Shipper akan memberikan dukungan penuh kepada jutaan UMKM binaan APRINDO dalam proses pengiriman produk mereka ke luar negeri.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layanan Digital

Jessica menyatakan, didukung oleh layanan digital yang komprehensif sebagai 4PL yang telah menjangkau lebih dari 30 kota besar di seluruh Indonesia, lengkap dengan infrastruktur yang kuat, Shipper berkomitmen untuk selalu menjadi mitra yang dapat diandalkan, mulai dari memberikan layanan supply chain management yang terintegrasi, hingga memberikan solusi logistik yang efisien, terukur, dan inovatif, yang disesuaikan dengan beragam kebutuhan pelanggan, sehingga produk-produk UMKM Indonesia dapat tiba di tangan konsumen internasional dengan tepat waktu dan dalam kondisi yang optimal.

Shipper adalah perusahaan akselerator bisnis logistik digital terintegrasi di Indonesia. Menyediakan solusi bagi bisnis logistik melalui end-to-end supply chain untuk berbagai jenis industri, mulai dari e-commerce, manufaktur hingga perusahaan terkemuka lainnya. Didirikan pada tahun 2017, misi Shipper adalah untuk mendemokratisasi bisnis logistik yang berkelanjutan di seluruh Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Layanan Komprehensif

Saat ini, dengan layanan komprehensif, lebih dari ribuan pelanggan dan setiap saatnya terus bertumbuh, telah dijangkau Shipper di lebih dari 30 kota besar di seluruh Indonesia, didukung dengan infrastruktur yang kuat, Shipper mampu mengelola lebih dari 200 gudang.

Shipper kini memiliki tim terbaik yang berdedikasi tinggi, lebih dari 1.000 pegawai, dan secara kolaboratif terus bekerja sama dengan lebih dari 40 mitra perusahaan unggulan logistik Indonesia.

Sebagai spesialis dalam industri logistik digital, Shipper berkomitmen untuk selalu menjadi mitra yang dapat diandalkan, mulai dari memberikan layanan supply chain management yang terintegrasi, hingga memberikan solusi logistik yang efisien, terukur, dan inovatif, yang disesuaikan dengan beragam kebutuhan pelanggan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini