Sukses

Prediksi Harga Emas Awal September 2024, Menguat atau Terjun Bebas?

Harga emas mengalami kinerja cukup baik pada pekan terakhir Agustus 2024. Harga emas diperdagangkan di kisaran harga USD 2.500 hingga USD 2.525. Lantas bagaimana gerak harga emas pada pekan pertama September 2024?

Liputan6.com, Jakarta Harga emas mengalami kinerja cukup baik pada pekan terakhir Agustus 2024. Harga emas diperdagangkan di kisaran harga USD 2.500 hingga USD 2.525. Lantas bagaimana gerak harga emas pada pekan pertama September 2024?

Survei Emas Mingguan Kitco News terbaru memperlihatkan investor ritel menahan optimisme mereka baru-baru ini terhadap harga emas dunia, sedangkan pakar industri memiliki pandangan sentimen merata untuk emas pada pekan depan.

Presiden Adrian Day Asset Management, Adrian Day mengatakan emas diprediksi menguat pada pekan pertama September 2024. Kenaikan ini didorong karena semakin dekatnya pemotongan suku bunga oleh The Fed. 

“Pemotongan suku bunga pertama dalam siklus ini telah menjadi sinyal bullish untuk emas selama 20 tahun terakhir, dan meskipun sudah diperhitungkan sampai tingkat tertentu, saya masih mengharapkan reaksi positif,” kata Day, dikutip dari Kitco, Senin (2/9/2024). 

Di sisi lain, Direktur Pelaksana di Bannockburn Global Forex, Marc Chandler mengatakan lebih suka melihat harga emas terkoreksi pada pekan pertama September 2024. 

Menurutnya, momentum kenaikan terhenti jika pasar bergerak merugikan sebagian besar orang hampir sepanjang waktu, mungkin perdagangan yang mengalami penurunan adalah peningkatan berurutan dalam penciptaan lapangan kerja AS dan penurunan tipis dalam tingkat pengangguran. 

“Ini dapat memperpanjang koreksi kenaikan dolar yang dimulai dalam beberapa hari terakhir dan mendorong kenaikan suku bunga AS,” jelas Chandler.

Tak hanya pandangan bullish dan bearish, pakar industri juga berpendapat pada pekan pertama September 2024, harga emas cenderung datar. Misalnya, Analis Pasar Senior di Barchart.com, Darin Newsom yang mengatakan harga emas akan datar di kisaran USD 2.470 hingga USD 2.475. 

"Saya tidak mendapatkan gambaran yang jelas tentang grafik harian emas Desember saat kita mendekati akhir minggu/bulan pada hari Jumat. Mengingat hal itu, saya akan mengikuti tren sideways minggu depan, mencari penembusan ke kedua arah,” ujar Newsom.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Survey Kitco

Minggu ini, 15 analis berpartisipasi dalam Survei Emas Kitco News, dan tidak ada pandangan tentang pergerakan harga yang berpengaruh. 

Lima pakar, atau 33%, memperkirakan harga emas akan naik minggu depan, sementara lima analis lainnya yakin emas akan diperdagangkan lebih rendah minggu depan. Lima pakar lainnya memperkirakan perdagangan logam mulia akan menyamping.

Sementara itu, 199 suara diberikan dalam jajak pendapat daring Kitco, dengan investor Main Street tetap optimis secara keseluruhan, tetapi tidak seoptimis jajak pendapat minggu lalu. 

Sebanyak 112 trader retail, atau 56%, memperkirakan harga emas akan naik minggu depan. 47 lainnya, atau 24%, memperkirakan logam kuning akan diperdagangkan lebih rendah, sementara 40 responden, mewakili 20% sisanya, memperkirakan harga akan berkonsolidasi minggu depan.

 

3 dari 3 halaman

Sentimen yang Perlu Diperhatikan Investor

Setelah minggu lalu didominasi oleh data inflasi pada Jumat, pelaku pasar akan fokus pada indikator ketenagakerjaan minggu depan saat pasar Amerika Utara kembali dari libur panjang.

Pada Selasa , pasar akan menerima data PMI Manufaktur ISM AS untuk bulan Agustus, dan Rabu akan merilis keputusan kebijakan moneter Bank Kanada dan Lowongan Pekerjaan JOLTS AS. 

Kemudian pada Kamis, para pedagang akan mengamati Ketenagakerjaan ADP untuk bulan Agustus, laporan klaim pengangguran mingguan, dan PMI Jasa ISM AS.

Namun, peristiwa risiko besar minggu depan adalah rilis Nonfarm Payrolls AS untuk bulan Agustus pada Jumat, yang menurut beberapa pakar pasar berpotensi untuk menaikkan penurunan suku bunga yang diharapkan oleh Fed pada September dari 25 menjadi 50 basis poin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.