Sukses

Mentan Amran Dampingi Presiden Jokowi Sambut Sejumlah Tamu Negara Saat Gala Dinner Indonesia - Africa Forum

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman berada di Bali dalam rangka menghadiri Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 yang berlangsung pada 1-3 September 2024.

Liputan6.com, Badung Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman berada di Pulau Dewata Bali dalam rangka menghadiri Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 yang berlangsung pada 1-3 September 2024. Acara yang dihadiri sejumlah pemimpin negara Afrika ini, diawali dengan jamuan santap malam bagi para pemimpin dan delegasi di Intercontinental Bali Resort, Kabupaten Badung pada Minggu, (1/9/2024).

Mendampingi Presiden Jokowi, Mentan Amran turut menyambut ketibaan sejumlah Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan yang hadir dilokasi santap malam. Adapun pemimpin negara yang terkonfirmasi disambut oleh Mentan Amran adalah Pemimpin Negara Ghana, Zanzibar (Mewakili Tanzania), dan Liberia. Mentan Amran menyebut pertemuan ini akan menghasilkan berbagai bentuk kerjasama dan menjadi pencapaian penting bagi Indonesia diberbagai sektor termasuk pangan. 

“Pertemuan ini sangat strategis bagi Indonesia, akan menjadi aksi nyata untuk mengimplementasikan berbagai ide dan gagasan bagi sektor - sektor prioritas termasuk ketahanan pangan” ungkap Mentan Amran usai menghadiri Jamuan Santap Malam. 

Secara berurutan, Presiden Jokowi terlebih dahulu menyambut kedatangan para ketua parlemen yang hadir, di antaranya Ketua Parlemen Zimbabwe Jacob F.N Mudenda, Ketua Parlemen Kenya Rt. Amason Kingi, Ketua Parlemen Tunisia Imed Derbali, Ketua Parlemen Eswatini Lindiwe Thulile Dlamini, Ketua Parlemen Burundi Emmanuel Sinzohagera, Ketua Parlemen Zanzibar Zubeir Almaulid beserta pendamping, hingga Ketua DPR RI Puan Maharani.

Setelah itu, Presiden juga menyambut para pemimpin negara yang hadir yaitu Wakil Presiden Zimbabwe K.C.D. Mohadi, Presiden Liberia Joseph Nyuma Boakai beserta pendamping, Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, Perdana Menteri Eswatini Russel Mmiso Dlamini beserta pendamping, Presiden Zanzibar Hussein Ali Mwinyi beserta pendamping, dan Presiden Rwanda Paul Kagame.

Usai penyambutan, Presiden Jokowi bersama para pemimpin negara dan delegasi kemudian menuju ruang jamuan santap malam. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus apresiasinya atas kehadiran para pemimpin dan delegasi IAF ke-2.

“Selamat datang di Bali, Indonesia, dan terima kasih atas kehadiran Anda di sini," ujar Presiden.

Selain Mentan Amran, turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan yang juga Presiden RI terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, dan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini