Sukses

Gapensi Optimistis Sektor Konstruksi Tetap Tumbuh Selama Pilkada Serentak 2024

Gapensi optimistis bahwa pertumbuhan sektor konstruksi akan tetap stabil selama pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 27 November 2024

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengurus Pusat (BPP) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) optimistis bahwa pertumbuhan sektor konstruksi akan tetap stabil selama pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 27 November 2024.

Ketua Umum BPP Gapensi, Andi Rukman Karumpa, menyatakan bahwa Indonesia memiliki pengalaman panjang dalam menjalani berbagai tahapan pemilu dan pilkada dengan baik.

"Dalam sejumlah kontestasi politik sebelumnya, terbukti bahwa laju kinerja konstruksi tidak terhambat," ujar Andi di Jakarta, Senin (2/8/2024).

Andi, yang berasal dari Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, meyakini bahwa pembangunan infrastruktur akan terus berlanjut selama masa pilkada serentak. Menurutnya, Gapensi berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam melanjutkan proyek-proyek infrastruktur yang berperan penting dalam mendongkrak perekonomian nasional, bahkan di tengah agenda politik.

"Proses pembangunan infrastruktur tidak akan terhenti saat pilkada. Anggota Gapensi berkomitmen menyelesaikan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur," tambah Andi, yang akrab disapa ARN.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Keluarga Massenrempulu (DPP-HIKMA) untuk periode 2021-2026 ini juga menegaskan bahwa sektor konstruksi memiliki peran krusial dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa sektor konstruksi mencatat pertumbuhan sebesar 7,29 persen pada kuartal II 2024.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tren Pertumbuhan Konstruksi

Andi, yang juga pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, menjelaskan bahwa tren pertumbuhan sektor konstruksi telah terjaga sejak kuartal II 2023 dengan pertumbuhan 5,23 persen, meningkat menjadi 6,39 persen pada kuartal III 2023, dan mencapai 7,68 persen pada kuartal IV 2023.

"Kami yakin sektor konstruksi akan terus tumbuh meskipun ada pilkada serentak. Masih banyak target proyek pembangunan yang harus diselesaikan hingga akhir tahun ini," ujar pengusaha nasional yang berpengalaman di berbagai forum nasional dan internasional ini.

Andi juga percaya bahwa para calon kepala daerah akan memberikan perhatian khusus pada sektor konstruksi dalam visi dan misinya. Ia meyakini bahwa pembangunan infrastruktur merupakan prioritas utama bagi para calon dalam memenuhi janji untuk membangun daerah dan menciptakan lapangan kerja.

"BPP, DPD, dan DPC Gapensi siap mendukung serta berkolaborasi untuk menyukseskan program-program pembangunan infrastruktur yang diusung oleh para kepala daerah terpilih nantinya," pungkas Andi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini