Sukses

Paus Fransiskus Bakal Naik Maung Buatan Pindad, Didesain Khusus

Mobil Maung Pindad yang akan digunakan oleh Paus Fransiskus sedikit mendapatkan desain tambahan. Warna mobil terlihat berwarna putih dengan dihiasi semacam atap yang agak tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Paus Fransiskus dalam lawatannya ke Jakarta akan digunakan untuk berbagai kegiatan. Uniknya, salah satu kendaraan yang digunakan adalah kendaraan operasional (ranops) buatan BUMN.

Mobil tersebut adalah Maung buatan PT Pindad. Paus Fransiskus kabarnya akan menaiki Maung tersebut dalam kegiatan khusus.

Utamanya, digunakan untuk menyapa jemaat misa di Gelora Bung Karno (GBK). Kendaraan operasional, Maung buatan Pindad itu di desain khusus untuk kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia.

Beredar di media sosial, terpantau mobil Maung Pindad yang akan digunakan sedikit mendapatkan desain tambahan. Warna mobil terlihat berwarna putih dengan dihiasi semacam atap yang agak tinggi.

Sekilas tidak ada perubahan signifikan dari desain awal Maung Pindad tersebut. Kendati kedatangan Paus Frasiskus itu merupakan momen spesial, terlihat ada ciri khusus yang ditambahkan ke mobil Maung itu.

Ada kode bertuliskan 'SCV 1' di bagian depan mobil Maung yang akan digunakan Paus Fransiskus. SCV diketahui merupakan singkatan dari Status Civitatis Vaticanae atau Negara Kota Vatikan.

Kembali ke Maung, mobil buatan anggota Holding BUMN Industri Pertahanan (Defend ID) ini memang keral digunakan pada acara penting lainnya. Terakhir Maung digunakan untuk mengantarkan bendera merah putih dalam kirab sebagai prosesi upacara HUT ke-79 Republik Indonesia.

Sebelumnya, kendaraan Maung juga ditumpangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri BUMN Erick Thohir. Kala itu, kendaraan taktis ringan itu dikemudikan oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi

Mengutip laman resmi Pindad, kendaraan Taktis Ringan 4x4 produksi PT Pindad (Persero) yang ditujukan untuk mendukung operasi dan mobilisasi pertempuran jarak dekat serta jelajah segala medan.

Dengan kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km, menjadikan Maung memiliki manuver yang gesit dan handal.

Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2-V4, GPS navigasi, tracker dan perlengkapan lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Digunakan Kirab Bendera Merah Putih

Sebelumnya, Prosesi kirab bendera pusaka merah putih dan teks proklamasi dibawa oleh paskibraka menggunakan Kendaraan Operasional (Ranops) MV3-Maung Tangguh buatan PT Pindad. Kirab ini dari Monumen Nasional (Monas) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang prosesinya dimulai pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Sebanyak 1 unit tambahan MV3-Maung Komando disiagakan di bagian belakang rangkaian kendaraan antisipasi terjadi hujan di perjalanan.

Titik rangkaian kirab di Jakarta diawali dari Monas, Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Soebroto, Cawang, kemudian ke Bandara Halim Perdanakusuma. Setelah diterbangkan menggunakan pesawat dan tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, duplikat bendera dan teks proklamasi kemudian dibawa menggunakan kendaraan Maung menuju IKN.

Sekretaris Perusahaan PT Pindad, Dianing P Rahayu menyampaikan apresiasi dan ungkapan rasa bangga atas kepercayaan yang diberikan kepada PT Pindad, bahwa produk unggulannya Ranops MV3-Maung digunakan pada prosesi kirab bendera pusaka dan teks proklamasi.

"Adalah suatu kehormatan bagi PT Pindad, bahwa kami dilibatkan secara langsung dalam prosesi kirab bendera pusaka merah putih dan teks proklamasi menggunakan produk unggul MV3-Maung Pindad dari Monas hingga IKN. Ini tentu saja merupakan peristiwa sakral dan bersejarah yang akan diingat dalam perjalanan bangsa Indonesia," ujarnya dalam siaran pers resmi PT Pindad, pada Sabtu 10 Agustus 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini