Sukses

Harga Minyak Mentah Terus Melemah, Investor Rugi Besar

Penurunan harga minyak tidak terjadi pada perdagangan Senin saja. Pada sesi perdagangan pekan sebelumnya juga terjadi penurunan 0,3% dari harga minyak Brent dan penurunan 1,7% untuk WTI.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak dunia terus turun pada perdagangan Senin. Investor minyak dunia pun mencetak kerugian. Penurunan harga minyak ini karena produksi OPEC+ yang lebih tinggi di Oktober sekaligus permintaan yang lesu di China dan Amerika Serikat (AS), dua konsumen minyak terbesar dunia. 

Penurunan produksi dari Libya tidak bisa menutupi tambahan produksi minyak OPEC+ dan juga penurunan permintaan tersebut.

Pada Selasa (3/9/2024), harga minyak mentah Brent berjangka turun 57 sen atau 0,7% menjadi USD 76,36 per barel pada pukul 01.08 GMT. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate AS turun 50 sen atau 0,7% menjadi USD 73,05 per barel.

Penurunan harga minyak tidak terjadi pada perdagangan Senin saja. Pada sesi perdagangan pekan sebelumnya juga terjadi penurunan 0,3% dari harga minyak Brent dan penurunan 1,7% untuk WTI.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, akan melanjutkan rencana kenaikan produksi minyak mulai Oktober, enam sumber dari kelompok produsen tersebut mengatakan kepada salah satu media internasional.

Delapan anggota OPEC+ dijadwalkan untuk meningkatkan produksi sebesar 180.000 barel per hari pada bulan Oktober, sebagai bagian dari rencana untuk mulai mengakhiri pemangkasan produksi terbaru mereka sebesar 2,2 juta barel per hari sambil mempertahankan pemangkasan lainnya hingga akhir tahun 2025.

“Ada kekhawatiran bahwa OPEC akan terus meningkatkan produksi mulai bulan Oktober,” kata analis pasar IG Tony Sycamore.

“Namun, saya pikir hasilnya bergantung pada harga karena hal itu terjadi jika harga WTI mendekati USD 80 daripada USD 70.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisi Libya dan China

Di Libya, Arabian Gulf Oil Company telah melanjutkan produksi hingga 120.000 barel per hari untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, sementara ekspor masih dihentikan, kata para teknisi pada hari Minggu, setelah kebuntuan antara berbagai faksi menutup sebagian besar ladang minyak negara itu.

Baik Brent maupun WTI telah membukukan kerugian selama dua bulan berturut-turut karena kekhawatiran ekonomi di Tiongkok dan AS lebih besar daripada gangguan pasokan Libya dan meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah.

Aktivitas manufaktur Tiongkok merosot ke level terendah dalam enam bulan pada bulan Agustus karena harga di tingkat pabrik anjlok dan pemilik pabrik kesulitan mendapatkan pesanan, survei resmi menunjukkan pada hari Sabtu, yang menekan para pembuat kebijakan untuk terus melanjutkan rencana untuk mengarahkan lebih banyak stimulus ke rumah tangga.

"PMI Tiongkok yang lebih rendah dari perkiraan yang dirilis selama akhir pekan meningkatkan kekhawatiran bahwa ekonomi Tiongkok akan gagal mencapai target pertumbuhan," kata Sycamore.

 

3 dari 3 halaman

Konsumsi AS

Di AS, konsumsi minyak melambat pada bulan Juni ke level musiman terendah sejak pandemi virus corona tahun 2020, data dari Badan Informasi Energi AS menunjukkan pada hari Jumat.

"Kami melihat penurunan pertumbuhan pada tahun 2025, didorong oleh hambatan ekonomi di Tiongkok dan AS," kata analis ANZ dalam sebuah catatan.

"Kami yakin OPEC tidak punya pilihan selain menunda penghentian pemotongan produksi sukarela jika menginginkan harga yang lebih tinggi."

Jumlah rig minyak AS yang beroperasi tidak berubah pada 483 minggu lalu, kata Baker Hughes dalam laporan mingguannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini