Sukses

Verifikasi Subsidi Tepat, Pertamina Ingatkan Kualitas Foto KTP hingga Nomor Polisi

Pertamina menyatakan, saat ini masih banyak para pendaftar Program Subsidi Tepat Pertalite yang gagal dalam melakukan proses verifikasi diakibatkan dari resolusi foto dokumen yang kurang baik.

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) mengimbau pentingnya memperhatikan kualitas foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan nomor polisi mobil sebelum mengunggah dokumen bagi pendaftar Program Subsidi Tepat, khususnya bagi pemilik kendaraan roda 4 yang menggunakan Pertalite.

Hal ini menjadi prioritas di wilayah Regional Jawa Bagian Barat yang mencakup Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga, Eko Kristiawan menyatakan, saat ini masih banyak para pendaftar Program Subsidi Tepat Pertalite yang gagal dalam melakukan proses verifikasi diakibatkan dari resolusi foto dokumen yang kurang baik.

"Saat ini masih banyak pendaftar yang mengunggah foto dokumen dengan resolusi yang kurang jelas, beberapa diantaranya adalah kualitas foto KTP dan nomor polisi yang buram serta terpotong. Hal ini yang membuat proses pencocokan data menjadi terhambat,” ujar Eko.

Pertamina Patra Niaga JBB mengimbau bagi para pendaftar untuk memastikan seluruh foto dokumen khususnya foto KTP dan nomor polisi dapat terbaca dengan jelas dan memiliki resolusi yang baik serta dikirimkan dalam format foto JPG. Dengan mengunggah dokumen yang jelas, membuat proses pencocokan data/verifikasi menjadi lebih cepat.

"Terdapat tiga ketentuan dalam pengambilan foto KTP dan nomor polisi, di antaranya yaitu foto KTP diambil dalam format landscape, selain itu pastikan foto KTP tidak terpotong dan tidak terlalu jauh. Dengan mengikuti tiga ketentuan tersebut, proses pencocokan data akan lebih mudah dan berhasil,” tambah Eko.

Setelah verifikasi data selesai dan sesuai, pendaftar akan mendapatkan QR Code unik yang akan dikirimkan melalui email terdaftar atau notifikasi di akun website subsiditepat.mypertamina.id. Selanjutnya, masyarakat dapat menggunakan QR Code untuk bertransaksi Pertalite di SPBU wilayah masing-masing.

Informasi lebih lanjut mengenai mekanisme pendaftaran subsidi tepat sasaran, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 serta sosial media resmi @ptpertaminapatraniaga dan @mypertamina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gandeng Guma, Pertamina NRE Bangun Gas to Power di Afrika Selatan

Sebelumnya, Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dan Guma akan melakukan studi bersama untuk mengembangkan potensi gas to power di wilayah Afrika Selatan. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Joint Study Agreement (JSA) di Indonesia Africa Forum (IAF) di Nusa Dua Bali.

Penandatangann ini dilakukan oleh Chief Executive Officer Pertamina NRE, John Anis dan Executive Chairman Guma, Robert Gumede serta disaksikan langsung oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati.

Kerja sama ini bertujuan untuk secara kolaboratif melakukan pendalaman serta studi bersama dalam upaya mengembangkan gas to power di Kawasan Afrika Selatan. Langkah ini juga merupakan bagian dari komitmen Pertamina NRE untuk melakukan ekspansi globalnya, khususnya dalam bidang gas to power sebagai medium awal transisi energi serta upaya untuk terus menekan laju emisi karbon.

“Saya senang hadir di sini dan menyaksikan kolaborasi antara Pertamina NRE dan Guma. Saya berharap kerja sama ini akan berlanjut ke aksi konkret yang akan memberikan dampak positif bagi kedua pihak,” kata Jodi dalam keterangan tertulis, Selasa (3/9/2024).

 

 

3 dari 5 halaman

Modal Besar

Kerjasama ini merupakan bentuk kontrit dari kerjasama “selatan-selatan”, yang merupakan semangat Forum Indonesia - Afrika yang digagas oleh pemerintah Indonesia, diawali dengan kunjungan kenegaraan Presiden Republik Indonesia ke Afrika pada Agustus 2023 untuk menjajaki potensi kolaborasi antara Indonesia dan Afrika. Setelahnya, pada 17 November 2023, Pertamina melakukan penandatanganan kesepahaman pertama kalinya dengan Guma.

Keberhasilan Pertamina NRE merampungkan dan mengoperasikan megaproyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa-1 merupakan modal besar dari Pertamina NRE sehingga dipercaya oleh mitra global untuk melakukan pengembangan teknologi serupa. PLTGU Jawa-1 bahkan menjadi PLTGU terbesar di Asia Tenggara yang ada saat ini dengan teknologi combine cycle paling mutakhir.

“Tentunya dengan segudang pengalaman tersebut, khususnya keberhasilan di Jawa-1, Pertamina NRE merupakan mitra yang tepat bagi Guma untuk melakukan pengembangan ekosistem energi bersih di Afrika Selatan. Sekaligus ini merupakan journey Pertamina NRE untuk mendukung misi negara-negara dunia mencapai net zero emission,” ujar John Anis.

4 dari 5 halaman

Gandeng CPGCBL, Pertamina Kembangkan Energi Terbarukan di Bangladesh

Sebelumnya, Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) secara resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) bersama Coal Power Generation Company Bangladesh Limited (CPGCBL).

Kesepakatan dilakukan untuk proyek pembangkit Listrik tenaga surya (PLTS) dengan kapasitas 500 MW di daerah Moheshkhali dan di berbagai area lain yang potensial di Bangladesh. 

Penandatanganan MoU ini merupakan tindak lanjut dari MoU government-to-government (G2G) yang ditandatangani antara Indonesia dan Bangladesh pada 2017, serta telah melalui studi Kelayakan oleh dua perusahaan energi ini. 

Dalam Mou ini juga mencakup pembangunan fasilitas pendukung dan menjadi dasar pengembangan kerja sama lainnya berdasarkan syarat dan ketentuan yang disepakati bersama. 

Chief Financial Officer Pertamina NRE Nelwin Aldriansyah mengungkapkan, kerja sama strategis ini menandai langkah menuju pemanfaatan solusi dan pengembangan infrastruktur energi terbarukan di Bangladesh. 

"Kami menyambut sangat baik kerja sama antara CPGCBL dan Pertamina NRE. CPGCBL adalah perusahaan listrik yang terkemuka di Bangladesh. Dan Pertamina NRE memiliki kemampuan dan pengalaman dalam mengelola portofolio energi bersih," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (16/7/2024).

"Saya yakin kemitraan strategis ini menjadi pondasi  untuk kerja sama yang tidak hanya akan meningkatkan kemampuan operasional kami, tetapi juga mendorong pertumbuhan, inovasi, kesuksesan bersama, serta mendukung keamanan energi nasional Bangladesh," imbuh Nelwin.

Menurut dia, kerja sama dengan CPGCBL merupakan salah satu upaya Pertamina NRE dalam menangkap peluang untuk ekspansi bisnis di luar negeri. 

"Saat ini, Pertamina NRE mengoperasikan lebih dari 2,7 Gigawatt portofolio pembangkit listrik yang mencakup gas to power, solar PV, geothermal, dan biogas," kata Nelwin.

 

5 dari 5 halaman

Disambut Antusias

Managing Director CPGCBL Abul Kalam menyampaikan antusiasmenya  atas kerjasama dengan Pertamina NRE. "Kami sangat antusias dengan kerjasama ini, Pertamina NRE telah memiliki pengalaman dan portfolio bisnis energi bersih yang cukup mumpuni di Indonesia. Semoga kerjasama ini bisa mendorong pengembangan energi bersih di Bangladesh dan saling menguntungkan bagi dua belah pihak," ungkapnya.

Adapun Coal Power Generation Company Bangladesh Limited (CPGCBL) merupakan perusahaan milik Pemerintah Bangladesh. Didirikan sebagai perusahaan publik dengan tujuan bisnis utama untuk menghasilkan listrik. 

Perusahaan ini memiliki mandat untuk menjalankan skema pembangunan pembangkit listrik di bawah Kebijakan Pembangkit Listrik Sektor Swasta Bangladesh, Kebijakan Kemitraan Publik-Swasta (PPP), atau kerangka kebijakan pemerintah lainnya.

Selain itu, Pertamina NRE juga menetapkan sejumlah target lainnya pada 2029, antara lain kredit karbon ditargetkan terjual mencapai 19,2 juta ton setara CO2 pada tahun 2029.

Pada September 2023,  Pertamina NRE berhasil menjadi penjual kredit karbon pertama di perdagangan perdana IDX Carbon dengan volume yang diperdagangkan mencapai sekitar 800 ribu ton setara CO2.

Pertamina NRE juga menargetkan produksi hidrogen bersih mencapai 7000 ton per tahun pada tahun 2029 dan bioethanol mencapai 840 ribu kilo liter.

Sedangkan pada bisnis ekosistem baterai dan kendaraan Listrik, Pertamina NRE menargetkan produksi mencapai 51,4 GWh. Dengan semua target tersebut, anggaran investasi yang disiapkan mencapai USD 6,2 miliar pada 2029. Angka ini naik lebih dari delapan kali lipat anggaran investasi tahun ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini