Sukses

Pegadaian Gelar Kompetisi Startup, Cari Solusi Atasi Pengangguran

PT Pegadaian, bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI), secara resmi membuka The Gade Sociopreneurship Challenge (TGSC) 2024.

 

Liputan6.com, Jakarta PT Pegadaian, bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI), secara resmi membuka The Gade Sociopreneurship Challenge (TGSC) 2024.

Dengan tajuk Young Generation Innovations Toward Sustainable Future'. Acara ini, dihadiri oleh kurang lebih 550 peserta secara online dan offline tujuannya adalah untuk menginspirasi dan memberdayakan inovator muda dalam menciptakan solusi bisnis yang berkelanjutan untuk menghadapi tantangan sosial di masa depan.

Acara ini dimulai dengan penampilan tari tradisional, dilanjutkan dengan pembukaan resmi yang diisi oleh sambutan dari tokoh-tokoh penting seperti Dr. Irfan Syauqi Beik, Dekan FEM IPB University; Dr. Hendri Tanjung, Dewan Pimpinan Pusat IAEI Bidang Peningkatan Daya Saing Ekonomi Islam; dan Eka Pebriansyah, Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan PT Pegadaian.

Selain itu, acara ini juga diisi dengan sesi panel yang membahas tentang sociopreneurship, dengan menghadirkan pembicara-pembicara terkemuka seperti Mery Andriati Surya dari PT Pegadaian, Cut Erika Ananda Fatimah, M.B.A. dari DPP IAEI, dan Dr. Eisha Maghfiroha Rachbini, M.Sc. dari IPB University. Sesi ini dimoderatori oleh Dr. Etriya, S.P., M.M., dan fokus pada praktik bisnis berkelanjutan serta peran penting pengusaha muda dalam menciptakan perubahan.

The Gade Sociopreneurship Challenge (TGSC) merupakan sebuah kompetisi startup sosial yang ditujukan untuk mahasiswa di seluruh Indonesia, yang diinisiasi oleh PT

Pegadaian. Kompetisi ini merupakan bentuk dukungan PT Pegadaian terhadap inkubasi dan akselerasi startup di Indonesia, terutama yang memiliki fokus pada isu-isu sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Indonesia saat ini menghadapi tantangan tingkat pengangguran yang tinggi, terutama di kalangan lulusan perguruan tinggi, dengan tingkat pengangguran mencapai 5,91% untuk lulusan S1.

Di sisi lain, UMKM diproyeksikan akan terus menjadi penggerak utama perekonomian Indonesia dengan potensi pertumbuhan yang signifikan hingga tahun 2034. Menyadari pentingnya peran pemuda dalam pembangunan ekonomi, TGSC 2024 hadir sebagai platform untuk mendorong kreativitas dan inovasi para pemuda dalam menciptakan solusi bisnis yang tidak hanya berkelanjutan tetapi juga berdampak sosial.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pentingnya Inovasi

Muhamad Fajrin Rasyid, Ketua Bidang Pengembangan Kewirausahaan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat IAEI, menekankan pentingnya inovasi dan praktik berkelanjutan dalam menghadapi tantangan sosial dan lingkungan yang mendesak. Ia mendorong para peserta untuk memanfaatkan kreativitas dan keterampilan kewirausahaan mereka untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“The Gade Sociopreneurship Challenge merupakan wujud komitmen nyata perusahaan dalam mendukung inkubasi dan akselerasi startup di Indonesia, terutama yang berfokus pada isu-isu sosial," kata Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah.

"Program ini diharapkan dapat memunculkan generasi muda yang tidak hanya kreatif dan inovatif, tetapi juga mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan," lanjut dia.

 

3 dari 3 halaman

TGSC 2024

TGSC 2024 merupakan komitmen nyata dari PT Pegadaian, IPB University, dan IAEI dalam membangun budaya inovasi dan keberlanjutan di kalangan generasi muda. Kompetisi ini tidak hanya menawarkan platform bagi inovator muda untuk menunjukkan kreativitas mereka tetapi juga menyediakan dukungan yang dibutuhkan untuk mengembangkan solusi bisnis yang berkelanjutan.

Kami mengundang Anda untuk bergabung dalam inisiatif ini dan menjadi bagian dari gerakan yang mendukung pengusaha muda dalam menciptakan dampak positif untuk masa depan. Daftarkan diri Anda sekarang dan jadilah bagian dari perubahan melalui link berikut: gadesociopreneur.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.