Sukses

Erick Thohir Pamer Mobil Maung Pindad Khusus Paus Fransiskus

Paus Fransiskus akan menggunakan kendaraan Maung buatan Pindad. Hal ini dipamerkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

 

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir memamerkan Maung MV3 buatan PT Pindad yang akan digunakan oleh Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno, Jakarta. Mobil tersebut didesain khusus sebagai Pope Mobile.

Maung merupakan kendaraan taktis ringan yang diproduksi oleh anggota Holding BUMN Industri Pertahanan. Menyambut kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, BUMN ini turut andil mendukung mobilisasi.

"PT Pindad membuat kendaraan khusus untuk Paus Fransiskus yang akan digunakan saat bertemu umat Katolik di Jakarta," tulis Erick melalui akun Instagram @erickthohir, dikutip Kamis (5/9/2024).

Menurutnya, ada desain khusus yang dibuat oleh Pindad untuk menyesuaikan kebutuhan Paus. Proses modifikasi juga dilakukan di bengkel milik BUMN pertahanan tersebut.

"Kendaraan taktis berbasis Pindad Maung dimodifikasi menjadi 'Pope Mobile', atau kendaraan yang biasa digunakan Paus saat berkunjung," ucap Erick Thohir.

"Keren ya," tambahnya.

Spesifikasi Maung

Mengutip unggahan PT Pindad di Instagram resminya, Maung MV3 Pope Mobile buatan PT Pindad akan mendukung perjalanan operasional Paus Fransiskus saat Misa Akbar yang akan dihadiri sekitar 90.000 umat Katolik pada Kamis, 5 September 2024, di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Maung merupakan kendaraan taktis yang diinisiasi oleh Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto, dan telah dimodifikasi khusus untuk mengakomodasi kebutuhan mobilitas Paus Fransiskus. Kunjungan keagamaan Paus Fransiskus di Indonesia berlangsung dari tanggal 3 - 6 September 2024.

"Terima kasih kepada Vatikan beserta panitia kunjungan keagamaan beliau di Indonesia yang telah mempercayai Maung MV3 produksi PT Pindad untuk disesuaikan menjadi Pope Mobile yang digunakan Paus pada Misa Akbar di GBK," ujar Direktur Utama Pindad, Abraham Mose.

"Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami untuk dilibatkan secara langsung dalam mendukung kendaraan operasional pemimpin umat Katolik di seluruh dunia, sekaligus tokoh lintas agama yang aktif menyerukan perdamaian," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Detail Desain Khusus Maung Pindad

Maung MV3 Pope Mobile berwarna putih dengan logo Maung Pindad di bagian grille depan kendaraan, dilengkapi bendera dan segel Vatikan serta pelat nomor "SCV1" yang merupakan singkatan dari "Status Civitatis Vaticanae" (Negara Kota Vatikan).

Adapun modifikasi dan fitur yang ditambahkan pada Maung MV3 Pope Mobile meliputi penambahan fitur tangga lipat untuk mengakses panggung yang dilengkapi kursi utama di bagian belakang kendaraan.

Selain itu, terdapat sunroof pada kabin pengemudi, rear step untuk penjaga Paus, pelindung atap untuk antisipasi hujan, dan kursi belakang yang dapat dilipat untuk asisten Paus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini