Sukses

Sudah Beli E-Meterai Tapi Tak Bisa Dipakai, Peruri Jamin Uang Kembali

Perum Peruri melalui laman resmi Instagram miliknya, @peruri.indonesia telah menjelaskan tata cara pengembalian dana bagi pembeli materai elektronik yang tak bisa dipakai untuk syarat mendaftar CPNS 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjamin pengembalian dana alias refund bagi para calon pendaftar seleksi CPNS 2024 yang tidak bisa memakai materai elektronik, atau e-meterai yang sudah dibeli di Peruri.

"Tentunya kalau ada kerugian di sisi pengguna, yang dia sudah bayar tapi belum tereksekusi, tentunya kita akan refund pasti," ujar Kartika saat ditemui di Jakarta Convention Center, Kamis (5/9/2024).

Perum Peruri melalui laman resmi Instagram miliknya, @peruri.indonesia telah menjelaskan tata cara pengembalian dana bagi pembeli materai elektronik yang tak bisa dipakai untuk syarat mendaftar CPNS 2024.

Adapun proses pengajuan pengembalian dana maksimal 3 hari setelah pembayaran berhasil. Pembatalan pembelian hanya bisa dilakukan untuk satu invoice pembelian kuota secara penuh.

Permintaan pembatalan akan diproses maksimal 45 hari kalender. Hanya saja, tidak bisa dilakukan pembatalan pembelian hanya untuk beberapa keping e-meterai dalam satu invoice.

Uang yang nantinya akan dikembalikan berjumlah 75 persen dari total pembayaran pada invoice pembelian. Jika kuota user tidak mencukupi untuk pembatalan pembelian, maka pengajuan tidak akan diproses.

Pendaftaran CPNS yang hendak melakukan refund e-meterai bisa mengajukan email ke alamat cs.digital@peruri.co id, dengan subjek CASN-Pengajuan Pembatalan Pembelian meterai-elektronik.com.

Jangan lupa melampirkan nomor handphone, nama, bukti pembayaran, sisa kuota saat ini, hingga nomor invoice yang dibatalkan dalam email tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Web E-Meterai Masih Eror, Peruri Berjuang Lakukan Pemulihan

Proses pendaftaran CPNS 2024 di hari-hari terakhir terhambat akibat adanya gangguan dalam pembelian materai elektronik atau e-meterai di laman meterai-elektronik.com. Seperti diketahui, pendaftaran CPNS 2024 ditutup pada 6 September 2024.

Perum Peruri terus melakukan upaya pemulihan kualitas layanan agar website atau laman meterai elektronik dapat berfungsi secara normal dan dapat digunakan kembali oleh seluruh pelamar CPNS 2024.

"Masih dalam upaya pemulihan agar segera kembali normal dan bisa diakses," menurut pernyataan resmi Peruri dikutip dari Antara, Kamis (5/9/2024).

Hingga Kamis (5/9) siang ini, layanan https://meterai-elektronik.com masih terkendala. Ketika membuka pilihan "Daftar Sekarang" pada laman itu, akses terputus dengan layar menampilkan tulisan "Error 1200"

Peruri melalui Head of Corporate Secretary Adi Sunardi sebelumnya pada Rabu sore, mengungkapkan adanya perlambatan pelayanan e-meterai karena antusiasme masyarakat yang sangat tinggi dalam beberapa hari terakhir menjelang penutupan pendaftaran CASN.

 

3 dari 3 halaman

Meminta Maaf

Karena itu, laman layanan e-meterai mengalami lonjakan penggunaan yang mengakibatkan adanya antrian yang cukup panjang bagi pengguna yang ingin mengakses layanan e-meterai.

Peruri juga menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang terjadi dalam proses pembelian dan pembubuhan meterai elektronik (e-meterai), khususnya dalam proses pendaftaran CASN 2024.

"Saat ini kami sedang melakukan upaya terbaik untuk memulihkan kualitas layanan agar laman meterai elektronik dapat berfungsi secara penuh kembali oleh seluruh pelamar CASN 2024," kata Adi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini