Sukses

MUFG dan Danamon Kolaborasi Dukung Transisi Energi Indonesia

Bank dapat mendukung transformasi ini melalui target yang jelas, mengintegrasikan risiko iklim, memperluas pembiayaan berkelanjutan, serta memperkuat tata kelola.

Liputan6.com, Jakarta MUFG Bank, Ltd (MUFG) bersama PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menggelar acara perdana MUFG Net Zero World (MUFG N0W) 2024 di Hotel Raffles, Jakarta. Acara ini digelar guna mendukung transisi energi Indonesia melalui keterlibatan pemangku kepentingan dari kalangan pemerintah, pelaku bisnis, hingga para pakar industri.

Managing Executive Officer and Chief Executive for APAC, MUFG Bank, Ltd Masakazu Osawa menyampaikan, MUFG N0W berlangsung pada momentum yang penting dalam perkembangan Indonesia.

"Saat negara ini mengambil peran yang lebih sentral dalam urusan global, termasuk fokus pada dekarbonisasi sektor tenaga listriknya’’ ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (9/9/2024).

Acara ini juga turut dihadiri oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung, yang menekankan peran penting sektor keuangan dalam transisi energi. Menurutnya bank dapat mendukung transformasi ini melalui target yang jelas, mengintegrasikan risiko iklim, memperluas pembiayaan berkelanjutan, serta memperkuat tata kelola.

MUFG N0W 2024 menarik sekitar 200 peserta, termasuk klien C-Level MUFG dan Danamon, regulator, serta kementerian terkait. Acara ini menggelar dua diskusi panel yakni: "Transisi Energi Indonesia: Finansial dan Kebijakan Imperatif" serta "Dari Rencana ke Aksi: Mengimplementasikan Net Zero dalam Peta Jalan Korporasi."

MUFG menyadari pentingnya sektor keuangan dalam mendukung transisi energi Indonesia. "Potensi Indonesia untuk mendorong aksi iklim global sangat besar dan sejalan dengan komitmen keberlanjutan MUFG," ungkap Colin Chen selaku Head of ESG Finance APAC MUFG

Sementara itu, Direktur Syariah & Sustainability Finance Danamon, Herry Hykmanto juga menambahkan bahwa

"Komitmen Danamon terhadap keberlanjutan adalah bagian penting dari strategi bisnis kami, terutama dalam mendukung tujuan Indonesia menuju masa depan yang lebih hijau."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen MUFG dan Danamon

MUFG dan Danamon berkomitmen kuat untuk mendukung transisi energi Indonesia. MUFG memiliki target untuk mencapai emisi gas rumah kaca net zero dalam operasinya pada 2030 dan dalam portofolio keuangannya pada 2050.

Sementara itu, Danamon terus memperkuat portofolio keuangan berkelanjutannya, yang pada tahun 2023 mencapai Rp31,3 triliun, dengan fokus pada energi terbarukan, pengelolaan air, dan penggunaan lahan.

Acara MUFG N0W ini menandai adanya kolaborasi yang kuat antara MUFG dan Danamon dengan tujuan untuk memperlihatkan komitmen kedua bank dalam mendukung agenda keberlanjutan Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.