Sukses

KAI Logistik Pamerkan Layanan Ramah Lingkungan di Forum Internasional

KAI Logistik berkomitmen untuk mempromosikan inovasi berkelanjutan melalui layanan unggulannya di ajang ASEAN Railway CEOs’ Conference (ARCEOs' Conference) ke-44 di Bandung

 

Liputan6.com, Jakarta Penyelenggaraan ASEAN Railway CEOs’ Conference (ARCEOs' Conference) ke-44 di Bandung, Jawa Barat, yang dimulai sejak 2 September 2024, berakhir hari ini. Konferensi bertema "Driving Sustainability with Digital Innovation" ini diikuti oleh delapan operator kereta api se-Asia Tenggara, termasuk PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dari Indonesia, yang memperkenalkan berbagai inovasi ramah lingkungan dalam sektor logistik.

KAI Logistik, sebagai bagian dari PT Kereta Api Indonesia, turut serta mendukung kelancaran logistik selama acara ini dan memperkenalkan layanan melalui tiga segmentasi produk: KALOG Express, KALOG Plus, dan KALOG Pro. Layanan ini mencakup berbagai kebutuhan logistik dari skala kecil hingga besar.

Layanan Ramah Lingkungan: Fokus pada Keberlanjutan

Dwi Wulandari, VP of Corporate Secretary KAI Logistik, menyatakan bahwa KAI Logistik berkomitmen untuk mempromosikan inovasi berkelanjutan melalui layanan unggulannya, termasuk angkutan limbah B3 dan pengelolaan batubara dengan infrastruktur modern yang ramah lingkungan. Inisiatif ini sejalan dengan tema keberlanjutan lingkungan yang diangkat dalam konferensi ARCEOs' tahun ini.

"Pengelolaan batubara KAI Logistik menggunakan infrastruktur modern seperti sistem conveyor belt yang terintegrasi dengan shiploader, memungkinkan pemuatan batubara ke tongkang dalam waktu 5-6 jam, jauh lebih cepat dibandingkan metode tradisional yang memakan waktu hingga 30 jam menggunakan dump truck," katanya, Jumat (6/9/2024).

Selain meningkatkan efisiensi waktu, infrastruktur ini juga mendukung pengurangan emisi karbon yang sebelumnya dihasilkan oleh dump truck.

Inisiatif ramah lingkungan ini telah diakui secara nasional dengan penghargaan TOP CSR Awards 2024 kategori "TOP CSR Awards 2024 on # Stars 4" dan "Top Leader on CSR Commitment 2024".

Keunggulan Layanan Limbah B3

KAI Logistik juga memperkenalkan layanan unggulan lainnya, yaitu angkutan limbah B3 menggunakan moda kereta api. Layanan ini menawarkan kecepatan, jaminan keamanan, dan keselamatan yang tinggi, dengan penerapan prosedur ketat serta pengawasan di empat titik untuk memastikan keamanan dan mencegah risiko kebocoran.

Layanan ini juga telah memperoleh izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI serta Kementerian Perhubungan RI.

"KAI Logistik sangat bangga dapat berpartisipasi dalam acara ini, dan momen ini menjadi kesempatan yang baik untuk memperkenalkan layanan unggulan yang sejalan dengan konsep ESG," ujar Dwi Wulandari.

Selain layanan ramah lingkungan, KAI Logistik juga memperkenalkan layanan digital kurir berbasis aplikasi, KAI Logistik TRAX. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk memesan layanan, meminta penjemputan paket, mengecek tarif, mengetahui lokasi service point, melakukan real-time tracking, hingga pembayaran digital.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Optimalkan Layanan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, KAI Logistik, memastikan kesiapan penuh dalam mendukung penyelenggaraan ASEAN Railway CEOs' Conference (ARCEOs' Conference) ke-44.

Perhelatan internasional ini akan berlangsung di Bandung, Jawa Barat, pada 2 hingga 5 September 2024, dengan tema "Driving Sustainability with Digital Innovation."

KAI Logistik siap memainkan peran kunci dalam memenuhi kebutuhan logistik selama acara ini berlangsung, yang melibatkan delapan operator kereta api se-Asia Tenggara.

ARCEOs' Conference tahun ini akan dihadiri oleh perwakilan dari operator kereta api dari berbagai negara, termasuk Keretapi Tanah Melayu (Malaysia), Vietnam Railways (Vietnam), Lao National Railways (Laos), dan lainnya.

Sebagai tuan rumah, KAI Logistik berkomitmen untuk memastikan kelancaran logistik dan mobilisasi barang yang diperlukan untuk mendukung acara berskala internasional ini.

Direktur Utama KAI Logistik Fredi Firmansyah, menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan layanan logistik yang terintegrasi untuk mendukung setiap kebutuhan selama konferensi berlangsung.

"Penyelenggaraan ARCEOs' Conference adalah momentum penting untuk memperkenalkan inovasi dan layanan kereta api kami. Dalam hal ini, logistik memainkan peranan strategis, memastikan mobilisasi barang berjalan lancar dan mendukung keberhasilan keseluruhan acara," ujar Fredi, Senin (2/9/2024).

 

3 dari 3 halaman

Dukungan Mobilisasi Barang Delegasi

Selama konferensi, KAI Logistik akan bertanggung jawab atas mobilisasi logistik barang seluruh delegasi, mulai dari titik penjemputan di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta hingga ke lokasi akomodasi di Bandung, serta sebaliknya.

KAI Logistik telah mengerahkan armada operasional khusus untuk memenuhi kebutuhan ini, serta menyiapkan sumber daya manusia yang terlatih untuk memastikan kelancaran proses logistik.

“Kami menjamin kesiapan penuh dari sisi armada kereta api dan tim operasional yang akan bertugas selama acara berlangsung. KAI Logistik berkomitmen untuk memastikan setiap kebutuhan logistik delegasi terpenuhi sesuai dengan standar pelayanan terbaik, baik dalam hal kecepatan maupun ketepatan waktu pengiriman,” tambah Fredi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini