Sukses

Bank DKI Komitmen Dukung Kemudahan Pembayaran MRT Jakarta

Sebagai bentuk sinergi BUMD DKI Jakarta dalam sektor transportasi, Bank DKI mendukung peluncuran MartiPay oleh MRT Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Sebagai bentuk sinergi BUMD DKI Jakarta dalam sektor transportasi, Bank DKI mendukung peluncuran MartiPay oleh MRT Jakarta sebagai metode pembayaran non-tunai untuk moda transportasi MRT Jakarta.

Dukungan ini diwujudkan melalui kerja sama co-branding produk digital Bank DKI, JakOne Pay, menjadi MartiPay yang resmi diluncurkan pada acara HUB SPACE 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada Jumat (6/9/2024).

Peluncuran tersebut dilakukan oleh Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono, bersama Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda), Farchad Mahfud.

"Dengan memanfaatkan platform digital JakOne Pay yang sudah ada, Bank DKI menyediakan infrastruktur teknologi dan layanan perbankan digital untuk mendukung operasional MartiPay sebagai alternatif pembayaran digital yang terintegrasi dengan aplikasi MyMRTJ," kata Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono, Minggu (8/9/2024). 

Senada dengan itu, Direktur Utama Bank DKI, Agus H. Widodo, menjelaskan, melalui aplikasi ini, pengguna dapat dengan mudah melakukan top-up saldo, membayar tiket menggunakan QRIS, serta memantau riwayat transaksi dalam satu platform terintegrasi.

"Diharapkan ini dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan dalam mobilitas sehari-hari,” katanya.

Komitmen Bank DKI

Bank DKI terus menunjukkan komitmen dalam mendukung transformasi digital di sektor transportasi melalui berbagai sinergi.

Misalnya, JakCard kini digunakan sebagai alat pembayaran digital berbasis kartu di transportasi terintegrasi di DKI Jakarta seperti Transjakarta, Mikrotrans, MRT, LRT, Commuter Line Jabodebek, serta untuk tiket masuk tempat wisata yang dikelola Pemprov DKI Jakarta.

Bank DKI juga bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta dalam menghadirkan Jakarta Tourist Pass, solusi digital berbasis kartu elektronik (JakCard) dan aplikasi (JakOne Pay) untuk mendukung pariwisata di DKI Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inovasi Digital

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, menambahkan bahwa inisiatif ini sejalan dengan misi Bank DKI untuk mempercepat transformasi digital di berbagai sektor, terutama transportasi.

"Ke depan, kami akan terus mendorong inovasi produk digital seperti JakOne Pay dan JakCard untuk memberikan lebih banyak opsi pembayaran digital yang praktis, mudah, dan aman bagi masyarakat Jakarta. Kami optimis sinergi dengan MRT Jakarta ini akan memberikan dampak positif bagi pengalaman pengguna transportasi publik serta mendukung Jakarta dalam mewujudkan ekosistem smart city,” tegas Arie.

Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda), Farchad Mahfud, menyatakan bahwa MartiPay merupakan sistem pembayaran baru di ekosistem MRT Jakarta yang hadir untuk masyarakat, khususnya para pelanggan.

“Sinergi bersama Bank DKI ini menjawab kebutuhan akan sistem dan alat pembayaran tiket perjalanan MRT Jakarta yang meminimalisir pemeliharaan infrastruktur dan ketersediaan kartu,” ujar Farchad.

Farchad menambahkan, melalui MartiPay, masyarakat dapat dengan mudah mengakses satu platform/aplikasi untuk berbagai sumber dana saat bertransaksi di stasiun.

"Fitur-fiturnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti top up saldo, pembayaran tiket melalui kode QR, pembayaran transaksi melalui QRIS, serta memantau riwayat transaksi,” katanya.

Ia berharap kehadiran MartiPay dapat menambah pengalaman perjalanan bagi pengguna MRT Jakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini