Sukses

Diresmikan Jokowi, Rumah Sakit Kemenkes Makassar Garapan PTPP

Jokowi menyebutkan bahwa dari delapan proyek rumah sakit yang telah diresmikan di seluruh Indonesia, RS Kemenkes Makassar merupakan yang terbesar

 

Liputan6.com, Jakarta Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Sakit UPT Vertikal Makassar atau RS Kemenkes Makassar yang berlokasi di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Jumat (06/09). RS terbesar di wilayah Indonesia bagian timur ini dibangun oleh PT PP (Persero) Tbk.

Jokowi menyebutkan bahwa dari delapan proyek rumah sakit yang telah diresmikan di seluruh Indonesia, RS Kemenkes Makassar merupakan yang terbesar. Dia mengaku kagum dengan fasilitas RS Kemenkes yang setara dengan hotel bintang lima.

"Saya tadi masuk, ini kok melebihi hotel bintang lima. Kemudian yang saya kagumi, peralatan rumah sakitnya semuanya super modern. Saya enggak tahu belajar berapa bulan untuk mengoperasikan peralatan digital seperti itu: cath lab, MRI, CT scan, ruang operasi yang super modern," ujar Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Minggu (8/9/2024).

RS Kemenkes Makassar terdiri dari empat tower, 12 lantai, dengan total 920 tempat tidur. Fasilitas rumah sakit ini diklaim setara dengan fasilitas hotel bintang lima karena memiliki peralatan yang sangat modern.

Kontrak Rp 1,5 Triliun

Direktur Utama PT PP, Novel Arsyad, menyebutkan bahwa proyek Rumah Sakit UPT Vertikal Makassar memiliki luas sekitar 144.280 m2 dengan nilai kontrak Rp1,56 triliun.

Adapun peresmian Rumah Sakit UPT Vertikal Makassar ini merupakan yang ketiga setelah proyek pembangunan RS MCHC Dr. Hasan Sadikin di Kota Bandung, dan Proyek RS Kanker Dharmais di DKI Jakarta pada akhir Agustus lalu.

"Dengan penyelesaian proyek ini, PTPP memberikan bukti nyata bahwa kami turut serta mendukung program pemerintah dalam pembangunan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia," ucap Novel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rumah Sakit Rujukan

Rumah sakit yang digarap oleh PT PP ini merupakan superhub, yaitu rumah sakit spesialis rujukan untuk menangani penyakit kronis seperti jantung, stroke, dan kanker. Rumah sakit ini dikhususkan untuk mengakomodir pasien di wilayah Indonesia bagian tengah seperti Kalimantan, dan Indonesia bagian timur seperti Sulawesi hingga Papua.

Lingkup pekerjaan PT PP pada proyek rumah sakit ini terdiri dari 11 bangunan, dengan 4 bangunan utama, yaitu podium, pelayanan jantung, pelayanan otak, dan pelayanan kanker, serta beberapa fasilitas unggulan, terutama fasilitas cyclotron.

Fasilitas cyclotron ini merupakan yang pertama dimiliki oleh Rumah Sakit Kemenkes di seluruh Indonesia untuk menghasilkan radioisotop yang digunakan dalam diagnosis dan pengobatan kanker.

Dengan penyelesaian beberapa proyek rumah sakit yang telah dibangun oleh PT PP, perusahaan semakin memperkuat spesialisasinya, terutama dalam pembangunan gedung fasilitas kesehatan yang berkualitas baik dan berstandar internasional.

Ke depan, perseroan akan terus berinovasi dalam menciptakan karya terbaik, mempertahankan kualitas, dan mengutamakan keselamatan, serta membidik proyek-proyek pembangunan fasilitas kesehatan yang menjadi fokus pemerintah.

 

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini