Sukses

Jokowi Sidak Pasar di Sumut, Harga Bawang Merah dan Cabai Aman?

Presiden Jokwoi menyebutkan bahwa cabai merah dijual dengan harga sekitar Rp20.000 per kilogram, sementara cabai rawit mencapai Rp60.000 per kilogram.

 

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Pasar Tradisional Delimas Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Selasa, untuk memastikan bahwa harga pangan tetap stabil dan tidak mengalami lonjakan yang signifikan.

"Saya melihat harga-harga yang ada di pasar. Secara umum, semuanya terlihat baik, bahkan beberapa komoditas justru mengalami penurunan," ungkap Presiden Jokowi dikutip dari Antara, Selasa (10/9/2024).

Dalam kunjungannya, Presiden mencatat beberapa harga pangan di pasar tersebut. Bawang merah dijual dengan harga Rp22.000 hingga Rp25.000 per kilogram, sedangkan bawang putih berada di kisaran Rp37.000 per kilogram.

Presiden juga menyebutkan bahwa cabai merah dijual dengan harga sekitar Rp20.000 per kilogram, sementara cabai rawit mencapai Rp60.000 per kilogram.

Presiden Jokowi berharap, stabilitas harga pangan ini dapat berkontribusi positif terhadap inflasi di Indonesia. "Saya kira harga-harga ini baik, dan kita berharap kondisi seperti ini akan membantu menekan inflasi di negara kita," ujar Presiden.

Pentingnya Stabilitas Harga Pangan

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan juga menekankan pentingnya menjaga stabilitas harga pangan. Pemerintah, menurut Zulkifli, terus berupaya memastikan harga pangan di pasaran tetap terkendali agar tidak terjadi gejolak yang dapat merugikan masyarakat maupun petani.

"Mengenai stabilitas pangan, ini sangat penting. Jika harga terlalu rendah, kasihan petani, tetapi jika terlalu tinggi, masyarakat yang kesulitan," ujar Mendag dalam kunjungannya ke Lampung Selatan, Kamis (5/9).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Mendag

Ia mencontohkan harga cabai yang saat ini berada di kisaran Rp25.000 per kilogram, serta bawang merah yang dijual dengan harga serupa.

Harga yang terlalu rendah dapat menyebabkan kerugian bagi petani, bahkan membuat mereka harus menjual tanah untuk bertahan hidup, meskipun konsumen diuntungkan dengan harga murah.

Dalam kunjungan ke Pasar Delimas Lubuk Pakam, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Pemerintah terus memastikan bahwa stabilitas harga pangan tetap terjaga untuk mendukung kesejahteraan masyarakat serta keberlanjutan sektor pertanian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini