Sukses

Wapres Ma'ruf Amin Minta Prabowo Tak Hanya Fokus Bangun Jalan Tol

Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap pemerintahan baru di bawah Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

 

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap pemerintahan baru di bawah Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dapat melanjutkan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah, yang dinilai berperan penting dalam memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan di berbagai daerah.

Wapres Ma'ruf menyampaikan harapannya saat melakukan kunjungan ke Provinsi Bangka Belitung, di mana ia meresmikan revitalisasi Pasar Toboali di Kabupaten Bangka Selatan serta meninjau pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di wilayah tersebut.

"Inpres Jalan Daerah adalah komitmen pemerintah yang sangat penting dan semoga dapat dilanjutkan oleh pemerintahan mendatang. Program ini memberdayakan masyarakat dan menciptakan kesejahteraan yang merata, tidak hanya di pusat-pusat kota, tetapi juga di daerah-daerah," kata Wapres Ma'ruf, Selasa (tanggal kunjungan), di Bangka Selatan dikutip dari Antara, Selasa (10/9/2024).

Pentingnya Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Pasar Rakyat

Wapres Ma'ruf menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur tidak hanya fokus pada jalan tol, tetapi juga pada jalan daerah yang berperan menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Hal ini memberikan dampak langsung pada kenyamanan masyarakat, khususnya di daerah-daerah terpencil yang sebelumnya hanya memiliki akses jalan tanah, yang kini sudah diaspal dengan baik.

Selain itu, Wapres juga menekankan pentingnya revitalisasi pasar rakyat, yang menjadi penggerak ekonomi bagi pedagang kecil dan menengah serta mendukung perekonomian masyarakat secara luas.

"Pasar rakyat yang direvitalisasi seperti Pasar Toboali akan meningkatkan pendapatan pedagang dan memberdayakan ekonomi lokal," jelas Ma'ruf Amin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Bangka Belitung

Dalam kunjungannya, Wapres Ma'ruf meresmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Bangka Belitung sepanjang 82 kilometer, yang tersebar di sembilan titik. Melalui **Inpres Nomor 3 Tahun 2023**, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp14,6 triliun pada 2023 dan Rp15 triliun pada 2024 untuk memperbaiki jalan daerah di seluruh Indonesia, termasuk alokasi Rp301,3 miliar untuk pembangunan jalan di Bangka Belitung.

Selama enam tahun terakhir, pemerintah telah membangun dan merenovasi 62 **pasar rakyat** di 53 kabupaten/kota di 21 provinsi. Komitmen ini menunjukkan upaya nyata pemerintah dalam mendorong kemajuan ekonomi di daerah-daerah.

Pentingnya Melanjutkan Program Pembangunan Daerah

Wapres Ma'ruf berharap program-program seperti Inpres Jalan Daerah dan revitalisasi pasar rakyat dapat terus berlanjut di bawah pemerintahan baru, karena kedua program ini terbukti mampu memperbaiki infrastruktur, meningkatkan aksesibilitas antar-daerah, dan mendukung kesejahteraan masyarakat lokal.

---

**SEO Keywords**:- Inpres Jalan Daerah - Ma'ruf Amin - Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka - Revitalisasi Pasar Rakyat - Pembangunan Infrastruktur Daerah - Pasar Toboali - Ekonomi daerah - Instruksi Presiden

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.