Sukses

Maarten Paes Tampil Perkasa, Ranking FIFA Timnas Indonesia Melesat Usai Lawan Australia

Tim nasional Indonesia berhasil meningkatkan posisinya di ranking FIFA. Hal ini usai Timnas Indonesia dan Australia berbagi angka dengan skor 0-0 dalam matchday kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026. Maarten Paes berhasil melakukan lima penyelamatan gemilang.

Liputan6.com, Jakarta Maarten Paes tampil mengesankan kala Timnas Indonesia menjamu Australia. Tim nasional Indonesia berhasil meningkatkan posisinya di ranking FIFA.

Hal ini usai Timnas Indonesia dan Australia berbagi angka dengan skor 0-0 dalam matchday kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa malam (10/9/2024). Maarten Paes pun berhasil melakukan lima penyelamatan gemilang.

Meski tidak berhasil meraih kemenangan, Timnas Indonesia tetap mengalami peningkatan peringkat di ranking FIFA. Hal ini disebabkan oleh peringkat lawan yang lebih tinggi. Berdasarkan informasi dari Footyranking, Timnas Indonesia kini naik dua peringkat dengan tambahan 8.57 poin, sehingga total poin yang dimiliki Indonesia menjadi 1124.17. Dengan hasil ini, posisi Indonesia saat ini berada di angka 130, setelah sebelumnya disalip oleh Malaysia yang kini berada di posisi 132.

Meski Australia tampil lebih dominan, dengan penguasaan bola mencapai 63 persen dan melepaskan 19 tembakan, Timnas Indonesia menunjukkan pertahanan yang solid dengan hanya membiarkan lima tembakan dari lawan.

Hasil imbang ini membuat Indonesia berada di peringkat keempat dengan koleksi dua poin dari dua pertandingan. Sementara itu, Timnas Australia menempati posisi kelima dengan satu poin dari dua laga yang telah dilakoni.   

Keperkasaan Maarten Paes di Bawah Mistar Gawang

Timnas Indonesia patut berterima kasih kepada Maarten Paes. Bagaimana tidak, kiper FC Dallas yang berlaga di Major League Soccer (MLS) ini tampil sangat mengesankan.

Dalam pertandingan melawan Australia, Maarten Paes berhasil melakukan lima penyelamatan gemilang. Penjaga gawang berusia 26 tahun ini pun meraih rating 8,1 dari Fotmob, sebuah pencapaian yang luar biasa

Selain itu, Calvin Verdonk dan Maarten Paes mencuri perhatian sebagai pemain dengan peringkat tertinggi dari Timnas Indonesia dan Australia, masing-masing meraih rating 8,1 menurut Fotmob.

Sementara itu, gelar pemain Australia dengan rating tertinggi ditempati oleh Harry Souttar. Bek jangkung berpostur 198 cm ini berhasil mengancam gawang Timnas Indonesia dua kali dan mendapatkan rating 7,8. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Puji Timnas Indonesia Tahan Imbang Australia: Permainan yang Luar Biasa, Terutama Kiper

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memuji permainan Timnas Indonesia yang berhasil menahan imbang Australia dalam laga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Selasa (10/9/2024). Jokowi menyoroti kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes yang tampil luar biasa dalam laga tersebut.

"Saya kira permainan yang luar biasa dengan perjuangan kerja keras seluruh pemain, terutama kiper," kata Jokowi kepada wartawan usai menyaksikan langsung laga Indonesia vs Australia di Stadion Utama GBK Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Adapun pertandingan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini berakhir 0-0. Timnas Indonesia ini pun mengantongi tambahan 1 poin.

"Patut kita syukuri, Alhamdulillah kita dapat 1 poin lagi setelah kemarin dengan Arab Saudi dapat satu poin. Ini juga Australia dapat satu poin lagi. Karena memang untuk mencapai kesana itu paling tidak 15 poin," jelasnya.

"Kita harapkan dengan tabungan satu poin, satu poin, mungkin nanti bisa tiga poin, ini yang kita harapkan," sambung Jokowi.

Menurut dia, Australia bukanlah lawan yang gampang bagi Timnas Indonesia. Berdasarkan rangking FIFA, peringkat Australia berada di angka 24, sedangkan Indonesia jauh dibawahnya yakni, 131.

"Kalau kita bisa melihat sendiri kan ini hati-hati loh, Australia rangking 24 kita 131, lihat disitu dong. 131 lawan rangking 24 dan bisa menjaga menahan imbang, dapat satu poin," tutur dia.

 

3 dari 3 halaman

Soal Evaluasi Timnas

Jokowi tak ingin berbicara banyak soal evaluasi Timnas Indonesia di dua laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dia menyebut hal tersebut merupakan tugas pelatih Timnas Indonesia , Shin Tae-yong.

"Itu (evaluasi) bagian pelatih coach Shin Tae-yong, jangan saya. Saya bagian nonton dan menang dapat poin, itu saja," ucap Jokowi.

Timnas Indonesia dan Australia bertarung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2024) malam WIB. Pertandingan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini berakhir 0-0.

Hasil ini cukup baik bagi Indonesia yang kini mengoleksi dua angka dengan jumlah angka sama. Sementara Australia baru memiliki satu poin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini