Sukses

OPEC Pangkas Prediksi Konsumsi Minyak Dunia 2024 Jadi 2 Juta Barel

OPEC memproyeksi permintaan minyak dunia akan tumbuh sebesar 2,03 juta barel per hari (bph) di tahun 2024 ini.

Liputan6.com, Jakarta OPEC memangkas perkiraannya untuk pertumbuhan permintaan minyak dunia pada tahun 2024.

Mengutip US News, Rabu (11/9/2024) OPEC dalam laporan bulanan terbaru memproyeksi permintaan minyak dunia akan tumbuh sebesar 2,03 juta barel per hari (bph) pada tahun 2024, turun dari pertumbuhan 2,11 juta bph yang diproyeksi bulan lalu.

Hingga bulan lalu, OPEC tidak mengubah perkiraan tersebut sejak pertama kali dirilis pada Juli 2023.

Sedangkan untuk tahun depan, OPEC memangkas estimasi pertumbuhan permintaan minyak dunia 2025 menjadi 1,74 juta barel per hari dari 1,78 juta barel per hari.

Prospek yang lebih lemah semakin menggarisbawahi tantangan yang dihadapi oleh OPEC+ dalam menyeimbangkan pasar. Pekan lalu, OPEC+ menunda rencana untuk mulai memompa lebih banyak minyak setelah harga mencapai titik terendah tahun ini.

China menyumbang sebagian besar penurunan peringkat terbaru, karena OPEC memangkas perkiraan permintaan minyak oleh negara itu menjadi 650.000 barel per hari pada tahun 2024 dari 700.000 barel per hari.

OPEC melihat, negara ekonomi terbesar kedua di dunia itu tengah menghadapi hambatan dari tantangan ekonomi dan peralihan ke bahan bakar yang lebih bersih.

"Ke depannya, pertumbuhan ekonomi China diperkirakan akan tetap terdukung dengan baik," kata OPEC dalam laporannya.

"Namun, hambatan di sektor real estat dan meningkatnya penetrasi truk LNG dan kendaraan listrik kemungkinan akan membebani permintaan solar dan bensin di masa mendatang," jelasnya.

Harga minyak turun setelah laporan tersebut diterbitkan, dengan minyak mentah Brent diperdagangkan di bawah USD 71 per barel, mendekati harga terendah sejak Maret 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permintaan Minyak Dunia Masih Tumbuh di Atas Rata-rata

Namun, OPEC juga mencatat, pertumbuhan permintaan minyak dunia tahun ini masih di atas rata-rata historis 1,4 juta barel per hari yang terlihat sebelum pandemi COVID-19 pada tahun 2019, yang menyebabkan penurunan penggunaan minyak.

Kelompok tersebut optimis terhadap sisi ekonomi, mendorong perkiraan pertumbuhan ekonomi 2024 menjadi 3% dari 2,9%. OPEC juga tidak mengubah proyeksinya untuk tahun 2025 di angka 2,9% dan mengatakan ada potensi untuk merevisi angka tahun depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini