Sukses

Manchester United Masuk Klub Sepak Bola Paling Bernilai di Dunia, Meski Sering Dihujat

Manchester United menjadi salah saku klub sepak bola yang sering menjadi perbincangan netizen. Hanya saja, MU ternyata masuk dalam daftar klub termahal di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Manchester United terus mempertahankan statusnya sebagai salah satu klub sepak bola paling bernilai di dunia. Manchester United (MU) yang bermarkas di Old Trafford ini memiliki sejarah panjang dan prestasi gemilang, menjadikannya sebagai salah satu merek olahraga paling berpengaruh dan komersial di kancah internasional.

 

Menurut laporan tahunan Forbes, Manchester United konsisten masuk dalam daftar klub sepak bola dengan valuasi tertinggi di dunia. Pada tahun 2023, Forbes memperkirakan nilai klub ini mencapai sekitar $6 miliar atau setara dengan Rp 92,5 triliun.

Nilai ini tidak hanya didorong oleh prestasi di lapangan, tetapi juga kekuatan komersial yang tak tertandingi. Kesepakatan sponsorship besar dengan perusahaan global seperti Adidas, TeamViewer, dan Chevrolet telah memberikan suntikan finansial yang signifikan, memperkuat posisi klub di pasar global.

Terbaru, dikutip dari data Transfermarkt, Kamis (12/9/2024), MU kini menduduki peringkat ke-9 sebagai klub sepak bola yang memiliki nilai pasar termahal di dunia.

Data mencatat, nilai pasar MU mencapai Rp 14,9 triliun. Nilai pasar ini didukung oleh 27 pemain yang dimilikinya dan memiliki usia rata-rata 25 tahun.

Adapun pemain MU termahal saat ini adalah Bruno Fernandes dengan nilai pasar mencapai Rp 1,2 triliun.

Daftar 10 Klub Termahal di Dunia

Menduduki peringkat ke-9 klub termahal di dunia, MU kalah jauh dari Real Madrid yang dibandrol Rp 23,2 triliun yang bertengger di puncak peringkat.

Di kancah Liga Inggris, klub asuhan Erik ten Hag juga kalah dari rivalnya seperti Manchester City yang menduduki peringkat ke-2 dengan Harga pasarnya Rp 21,9 triliun.

Berikut data peringkat klub sepak bola termahal di duni:

  1. Real Madrid - Rp 23,2 triliun
  2. Manchester City - Rp 21,9 triliun
  3. Arsenal - Rp 20 triliun
  4. Chelsea - Rp 16,4 triliun
  5. Bayern Munich - Rp 16,4 triliun
  6. Liverpool - Rp 16 triliun
  7. Barcelona - Rp 15,2 triliun
  8. Paris Saint-Germain - Rp 15,1 triliun
  9. Manchester United - Rp 14,9 triliun
  10. Tottenham Hotspur - Rp 13,3 triliun

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

MU Punya Basis Penggemar di Dunia

Daya tarik komersial Manchester United juga didorong oleh basis penggemar mereka yang sangat besar dan tersebar di seluruh dunia.

Dengan lebih dari 660 juta penggemar global, menurut estimasi berbagai survei, Manchester United memiliki daya jual yang kuat, terutama di pasar-pasar utama seperti Asia dan Amerika Serikat. Pendapatan dari penjualan merchandise, hak siar televisi, dan tur pramusim internasional terus meningkatkan pemasukan klub.

Meski sering dihujan netizen akibat minornya performa tim, kekuatan finansial klub tidak pernah benar-benar goyah.

Dukungan finansial serta strategi bisnis yang inovatif telah membuat Manchester United tetap menjadi salah satu klub sepak bola terkaya di dunia.

Dengan potensi kebangkitan di bawah kepemimpinan pelatih baru dan kebijakan transfer yang ambisius, Manchester United tetap menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan baik di dunia olahraga maupun industri bisnis global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini