Sukses

Vale Base Metals Komitmen Tingkatkan Pengelolaan ESG di Indonesia

Selama 56 tahun terakhir, Vale Base Metals (VBM) dengan bangga telah memiliki kehadiran yang signifikan di Indonesia

 

Liputan6.com, Jakarta Selama 56 tahun terakhir, Vale Base Metals (VBM) dengan bangga telah memiliki kehadiran yang signifikan di Indonesia melalui kepemilikan saham di PT Vale Indonesia (PT Vale).

Sejak awal berdirinya, PT Vale telah berkomitmen untuk meningkatkan pengelolaan aspek ESG (Environmental, Social, and Governance) di Indonesia dengan mengikuti standar kesehatan, keselamatan, dan lingkungan yang ketat.

Upaya reklamasi lahan, penggunaan energi terbarukan, dukungan terhadap pendidikan, pembangunan infrastruktur lokal, pengembangan ekonomi, serta penyediaan lapangan kerja, merupakan bagian dari pendekatan keberlanjutan yang diusung perusahaan.

Hampir seluruh dari 3.000 karyawan langsung dan tidak langsung PT Vale—98% di antaranya adalah warga Indonesia—dengan 80% berasal dari Sulawesi, tempat operasi utama perusahaan berada.

Pengembangan proyek baru yang menjanjikan di Pomalaa, Morowali, dan Sorowako di Sulawesi Selatan dan Tenggara akan menciptakan ratusan lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat Indonesia, sekaligus menandai peningkatan produksi terbesar dalam sejarah perusahaan.

Walaupun VBM telah mengurangi perannya dalam pengawasan operasional sehari-hari di Indonesia setelah proses divestasi sekitar 14% saham di PT Vale—sehingga kepemilikan sahamnya turun menjadi 33,9%—perusahaan tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan mitra-mitranya, yaitu MIND ID dan Sumitomo Metal Mining Company, guna melanjutkan fase pertumbuhan berikutnya dengan bertanggung jawab.

Indonesia akan terus memainkan peran penting dalam portofolio global dan rencana strategis VBM. Komitmen jangka panjang VBM mencakup dukungan terhadap misi Indonesia dalam membangun kapasitas hilirisasi serta memperkuat rantai pasokan kendaraan listrik domestik—dari penambangan mineral hingga produksi baterai dan kendaraan listrik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Standar Industri Nikel

Dengan skala global yang luas, jaringan mitra strategis, kepemimpinan industri, serta hubungan kuat dengan pemangku kepentingan lokal, VBM siap memainkan peran utama dalam meningkatkan standar industri nikel di Indonesia.

Ini pula alasan mengapa perusahaan akan terus memanfaatkan platform seperti Indonesia International Sustainability Forum untuk mendorong dialog industri yang konstruktif.

Indonesia memiliki tempat istimewa dalam sejarah dan hati VBM. Perusahaan bangga atas perjalanan panjangnya di Indonesia dan antusias menyambut peluang baru dalam mendukung peran Indonesia sebagai pusat pertambangan berkelanjutan yang penting dalam transisi energi global.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini