Sukses

BTN Genjot Pasar KPR di Jawa Tengah, Ini Strateginya

BTN meresmikan wajah baru Kantor Cabang Pembantu (KCP) Universitas Diponegoro (UNDIP) yang berlokasi di Jalan Banyuputih, Tembalang, Semarang.

Liputan6.com, Jakarta T Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) terus memperkuat layanan bagi nasabah dan berupaya meningkatkan pangsa pasar Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di wilayah Jawa Tengah.

Salah satu langkah strategisnya adalah meresmikan wajah baru Kantor Cabang Pembantu (KCP) Universitas Diponegoro (UNDIP) yang berlokasi di Jalan Banyuputih, Tembalang, Semarang.

Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu, mengungkapkan bahwa potensi pasar KPR subsidi di Jawa Tengah masih sangat besar. Dengan adanya target pemerintah untuk membangun tiga juta rumah, BTN siap memanfaatkan peluang tersebut guna memperluas pangsa pasar pembiayaan rumah di daerah ini.

"Jawa Tengah saat ini berkontribusi sebagai pangsa pasar KPR subsidi terbesar ketiga setelah Jawa Barat dan Jawa Timur. Masih banyak peluang di sini," kata Nixon saat meresmikan wajah baru BTN KCP UNDIP Tembalang dan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan UNDIP di Semarang, Rabu (11/9/2024).

Kolaborasi Sejak 2016

Terkait kerja sama dengan UNDIP, Nixon mengapresiasi kolaborasi yang telah terjalin sejak 2016. Dalam MoU ini, BTN mendukung layanan perbankan untuk kampus UNDIP dalam bidang pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

"BTN bangga dapat menjalin kerja sama dengan Universitas Diponegoro, salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia. Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi lingkungan kampus dengan berbagai produk dan jasa perbankan yang memudahkan manajemen, karyawan, dan mahasiswa dalam transaksi harian," jelas Nixon.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Pembayaran

BTN juga akan mendukung manajemen kampus melalui sistem pembayaran uang kuliah dengan fasilitas Host-to-Host (H2H) dan layanan transaksi keuangan melalui Cash Management System (CMS).

Selain itu, BTN berencana menyediakan program pelatihan, penelitian, dan magang di sektor properti untuk mahasiswa UNDIP.

Sejak 2016, BTN telah menyediakan layanan perbankan melalui Kantor Cabang Semarang, seperti giro, deposito, payroll, serta penyaluran dana Bidikmisi. Kerja sama ini diharapkan memberikan dampak positif bagi BTN dari segi pendanaan maupun pinjaman.

Rektor UNDIP, Suharnomo, menyambut baik kerja sama ini, yang dinilai akan meningkatkan efisiensi sistem pembayaran dan pengelolaan keuangan kampus.

BTN juga telah bekerja sama dengan berbagai universitas lain seperti ITB, UGM, UI, IPB, dan ITS, dengan menghasilkan lebih dari 2.000 lulusan dalam program pendidikan dan literasi properti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.