Sukses

Ini 8 Pengacara Terkaya di Dunia, Hartanya Tak Main-Main

Pengacara sering dikenal dengan tarif yang sangat tinggi, dan banyak dari mereka berhasil mengumpulkan kekayaan besar sepanjang kariernya.

Liputan6.com, Jakarta Pengacara sering dikenal dengan tarif yang sangat tinggi, dan banyak dari mereka berhasil mengumpulkan kekayaan besar sepanjang kariernya.

Terdapat sejumlah pengacara yang sangat sukses, kontroversial, dan terkenal karena prestasi serta kasus-kasus besar yang mereka tangani. Mulai dari pengacara selebriti di Hollywood, pengacara kaya raya di Asia Tenggara, hingga tokoh-tokoh hukum legendaris yang pernah mengalami pencabutan izin praktik, beberapa di antara mereka berhasil menjadi pengacara terkaya di dunia.

Berdasarkan informasi dari Celebrity Net Worth, Forbes, dan sumber lainnya, berikut adalah daftar 8 pengacara terkaya di dunia.

1. Robert Shapiro

Pengacara selebritas Robert Shapiro terkenal sebagai anggota tim pengacara O.J. Simpson bersama Robert Kardashian, yang berhasil membelanya saat ia didakwa atas pembunuhan mantan istrinya Nicole Brown Simpson dan Ron Goldman. Robert saphiro diperkirakan memiliki kekayaan sebesar USD 100 juta atau sekitar 1,5 triliun.

2. Judy Sheindin

Salah satu wajah paling terkenal di dunia hukum yaitu pengacara Amerika Judy Sheindlin. Ia menjadi salah satu tokoh terkaya dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar USD 440 juta atau sekitar 6,7 triliun. Pada tahun 2019, ia juga dianugerahi Penghargaan Emmy untuk pencapaian seumur hidup di Penghargaan Emmy Siang Hari Tahunan ke-46 atas kontribusinya sepanjang karier di industri televisi.

3. Bill Neukom

Bill Neukom diperkirakan memiliki kekayaan sebesar USD 850 juta  atau sekitar 13,005 triliun. Ia meraup kekayaannya sebagai pengacara utama Microsoft Corporation selama hampir 25 tahun, mengawasi urusan hukum, pemerintahan, dan filantropi perusahaan. Ia juga terjun ke dunia olahraga sebagai CEO tim bisbol San Francisco Giants antara tahun 2008 dan 2011.

4. William Lerach

Dikenal sebagai "penggugat yang ganas" dan "Pembunuh Naga" menurut Universitas San Diego, William Lerach memenangkan sebagai pengacara penggugat utama dalam kasus melawan perusahaan energi Enron yaitu penyelesaian sekuritas class action terbesar dalam sejarah AS. Wiliam Lereach diperkirakan memiliki kekayaan sebesar USD 7,2 miliar atau sekitar 110,16 triliun. Namun, ia tertimpa masalah pada tahun 2007 ketika ia mengaku bersalah atas penghalangan keadilan dan dijatuhi hukuman dua tahun penjara, menurut LA Times. Ia kemudian dicabut izin praktiknya pada tahun 2009.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Berikutnya

5. Nicole Shanahan

Sebagai seorang pengacara dan politikus yang ditunjuk sebagai calon wakil presiden Robert F. Kennedy Jr untuk kampanye presiden 2024, sebelum ia menangguhkannya bulan lalu dan mendukung Donald Trump dan Nicole Shanahan memang telah sukses. Nicole Shanahan diperkirakan memiliki kekayaan USD 1 miliar atau sekitar 15,3 triliun.

6. Richard Scruggs

Richard Scruggs, yang lebih dikenal sebagai Dickie, menjadi terkenal setelah berhasil mengambil tindakan hukum terhadap industri asbes atas nama pekerja galangan kapal yang sakit. Namun, karier hukumnya berakhir tiba-tiba pada tahun 2007 ketika ia mengaku bersalah dalam skema penyuapan, yang membuatnya dijatuhi hukuman lima tahun penjara, menurut NBC. Ia diperkirakan memiliki kekayaan sebesar USD 1,7 miliar atau sekitar 26,1 triliun.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Selanjutnya

7. Wichai Thongtang

Pengacara perusahaan asal Thailand, Wichai Thongtang, pernah melayani klien-klien terkenal seperti mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra. Saat ini, ia adalah seorang investor yang meraup banyak keuntungan dari saham minoritasnya di Bangkok Dusit Medical Services, menurut Forbes. Ia diperkirakan memiliki kekayaan sebesar USD 1,8 miliar atau sekitar 27,54 triliun.

8. Jerry Reinsdorf

Jerry Reinsdorf meraup banyak keuntungan selama karier hukumnya, tetapi ia lebih dikenal sebagai pemilik klub olahraga profesional Chicago White Sox dari MLB dan Chicago Bulls dari NBA, memimpin kedua klub tersebut selama lebih dari 35 tahun.

Bersama investor lain, Reinsdorf membeli saham pengendali di Chicago Bulls dari NBA seharga USD 9,2 juta pada tahun 1985, setahun setelah Michael Jordan bergabung, menurut Forbes. Ia juga diperakan memiliki kekayaan sebesar USD 2 miliar atau sekitar 30,6 triliun.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini