Sukses

Pasar Digital Indonesia Diramal Tembus Rp 109 Triliun, LG dan Sinar Siapkan Pusat Data Canggih

Indonesia tengah memacu transformasi digital, dan diproyeksikan memiliki nilai pasar sekitar USD 7,1 miliar atau sekitar Rp 109 triliun pada tahun 2027 mendatang

 

Liputan6.com, Jakarta Sinar Mas melalui wadah investasi infrastruktur digital dukungannya, SM+, dan LG CNS, meluncurkan kolaborasi bisnis, LG Sinar Mas, sebuah perusahaan patungan yang menyediakan solusi dan layanan berbasis teknologi informasi (TI) terkini ke seluruh pelosok Indonesia.

“Melalui kemitraan ini, kami yakin dapat berkontribusi membangun masa depan di mana teknologi terintegrasi secara mulus ke dalam kehidupan keseharian jutaan orang Indonesia, membantu kita untuk semakin terhubung, sejahtera dan cerdas. Kami meyakini kekuatan kolaborasi dapat mengantarkan kita melangkah lebih jauh, to go far and beyond,” ujar Board Member of Sinar Mas, Franky Oesman Widjaja dalam keterangan tertulis, Kamis (12/9/2024).

Acara ini melengkapi inisiatif sebelumnya, yakni penandatanganan perjanjian kemitraan (Joint Venture Agreement) pada 27 Maret 2024 silam di Seoul, Korea Selatan, yang menjadi dasar kolaborasi strategis ini.

Babak Baru dalam Sektor Layanan TI Indonesia

Pengalaman panjang LG CNS di ranah teknologi digital serta pengetahuan dan rekam jejak mendalam Sinar Mas pada sejumlah sektor bisnis Indonesia, dari hulu hingga ke hilir.

Ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan pasar di Indonesia yang tengah memacu transformasi digital, dan diproyeksikan memiliki nilai pasar sekitar USD 7,1 miliar atau sekitar Rp 109 triliun pada tahun 2027 mendatang, sesuai dengan proyeksi dari firma riset pasar global Gartner.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pusat Data Mutakhir

Hal ini tampak dalam inisiasi awal LG Sinar Mas melalui pengembangan dan pengoperasian pusat data mutakhir serta penyediakan layanan migrasi awan (cloud) untuk berbagai sektor usaha di Indonesia.

Seiring dengan pengembangan peta jalan strategis dan bisnis, LG Sinar Mas akan memperluas layanannya ke dukungan TI bagi pengembangan kota pintar dan layanan keuangan, sesuai dengan slogan "Penyedia Layanan TI Paling Terpercaya, Andal, dan Inovatif di Indonesia."

Menurut CEO LG Sinar Mas, Han Donghyup, proyek pertama yang sedang dibangun oleh LG Sinar Mas adalah pusat data di Central Business District di Kuningan, Jakarta Selatan. Pusat data mutakhir ini akan siap mendukung penerapan Kecerdasan Buatan (AI) dan akan bernilai lebih dari Rp 4,7 triliun atau sekitar USD 300 juta.

 

3 dari 3 halaman

Proyek Pusat Data

Proyek pusat data ini diharapkan selesai pada pertengahan tahun 2026 dengan target penggunanya adalah perusahaan-perusahaan domestic dan multi-nasional lainnya. Ini juga adalah bagian dari sejumlah inisiatif, inovasi, dan kemitraan berbasis digital di lingkup Sinar Mas lainnya, di antaranya dapat dilihat pada acara Sinar Mas Digital Day 2024 yang akan diadakan pada akhir September di ICE BSD City, Tangerang Selatan.

Kerja sama Sinar Mas dan LG CNC diharapkan menempatkan LG Sinar Mas menjadi pemain utama dalam lanskap teknologi Indonesia dengan kontribusi pada digitalisasi serta pertumbuhan ekonomi menyeluruh, yang akan ikut serta meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia lewat teknologi yang berorientasi pada penggunanya.

“Saya memiliki keyakinan kuat bahwa kami dapat mencapai hal-hal hebat bersama. Keselarasan tujuan, keahlian yang saling melengkapi, dan kesesuaian visi akan menjadi landasan bagi kemitraan sukses, yang tidak hanya mampu memenuhi tetapi juga melampaui ekspektasi,” ujar CEO LG CNS Hyun Shin Gyoon.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini