Sukses

Jurus Bank DKI Genjot Penjualan Kartu Elektronik JakCard

Bank DKI menjalin kemitraan strategis dengan PT ATDXT Teknologi Indonesia dalam upaya meningkatkan penjualan dan penggunaan Kartu Elektronik JakCard Bank DKI.

 

Liputan6.com, Jakarta Bank DKI menjalin kemitraan strategis dengan PT ATDXT Teknologi Indonesia dalam upaya meningkatkan penjualan dan penggunaan Kartu Elektronik JakCard Bank DKI.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono bersama Chairman & President Director ATDXT Group, Murthy Gurunathan Saravana, dan Direktur PT ATDXT Teknologi Indonesia, Eka Gunawan, di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

“Hal ini merupakan langkah penting bagi Bank DKI dalam mengoptimalkan layanan Kartu Elektronik JakCard, memperluas jangkauan dan mempermudah akses masyarakat, sekaligus mendukung program pemerintah dalam mendorong inklusi keuangan dan pembayaran non-tunai,” ujar Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono dalam keterangan tertulis, Kamis (12/9/2024).

Direktur Utama Bank DKI, Agus H. Widodo mengatakan Kerja sama dengan PT ATDXT Teknologi Indonesia merupakan langkah strategis dalam memperkuat ekosistem digital di Jakarta.

"Selain memudahkan masyarakat dalam menggunakan transportasi umum dan layanan wisata lainnya, Jakcard juga merupakan upaya bersama untuk menjadikan Jakarta sebagai kota global yang modern dan terintegrasi," kata Agus.

JakCard Bank DKI merupakan solusi pembayaran digital berbasis kartu elektronik yang dirancang untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat. JakCard dapat digunakan untuk kebutuhan pembayaran transportasi terintegrasi di Jakarta, mulai dari JakLingko, Transjakarta, Commuter Line, MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan LRT Jabodebek.

Selain itu, JakCard juga dapat digunakan untuk pembayaran tiket masuk tempat wisata kelolaan Pemprov DKI Jakarta, diantaranya Monas, Taman Margasatwa Ragunan, Ancol, museum kelolaan Pemprov DKI Jakarta, seperti Museum Sejarah Fatahillah, Museum Prasasti, Museum Joang 45, Museum MH Thamrin, Museum Seni dan Keramik, Museum Wayang, hingga situs Rumah Si Pitung.

Layanan top-up JakCard Bank DKI kini dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia, dan aplikasi JakOne Mobile Bank DKI dengan perangkat yang didukung oleh fitur NFC, serta jaringan ATM Bank DKI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenyamanan dan Aksesibilitas

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi berharap kerjasama ini akan meningkatkan kenyamanan dan aksesibilitas JakCard Bank DKI bagi masyarakat, sebagai salah satu pilihan pembayaran digital berbasis kartu elektronik. 

“Kedepannya, Bank DKI berharap dapat meningkatkan jumlah pengguna Kartu Jakcard secara signifikan dan memperluas ekosistem pembayaran digital untuk menjadikan Jakarta sebagai kota global yang modern dan terintegrasi,” imbuh Arie.

Sementara itu, Chairman & President Director PT ATDXT Teknologi Indonesia, Murthy Gurunathan Saravana, menyatakan, pihaknya yakin dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mempromosikan dan memudahkan penggunaan JakCard di kalangan masyarakat Jakarta.

"Kami berharap kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak dan tentunya bagi masyarakat secara keseluruhan, untuk meningkatkan inklusi keuangan digital di Jakarta,” tutup Murthy. 

3 dari 4 halaman

Bank DKI Komitmen Dukung Kemudahan Pembayaran MRT Jakarta

Sebagai bentuk sinergi BUMD DKI Jakarta dalam sektor transportasi, Bank DKI mendukung peluncuran MartiPay oleh MRT Jakarta sebagai metode pembayaran non-tunai untuk moda transportasi MRT Jakarta.

Dukungan ini diwujudkan melalui kerja sama co-branding produk digital Bank DKI, JakOne Pay, menjadi MartiPay yang resmi diluncurkan pada acara HUB SPACE 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada Jumat (6/9/2024).

Peluncuran tersebut dilakukan oleh Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono, bersama Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda), Farchad Mahfud.

"Dengan memanfaatkan platform digital JakOne Pay yang sudah ada, Bank DKI menyediakan infrastruktur teknologi dan layanan perbankan digital untuk mendukung operasional MartiPay sebagai alternatif pembayaran digital yang terintegrasi dengan aplikasi MyMRTJ," kata Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono, Minggu (8/9/2024). 

Senada dengan itu, Direktur Utama Bank DKI, Agus H. Widodo, menjelaskan, melalui aplikasi ini, pengguna dapat dengan mudah melakukan top-up saldo, membayar tiket menggunakan QRIS, serta memantau riwayat transaksi dalam satu platform terintegrasi.

"Diharapkan ini dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan dalam mobilitas sehari-hari,” katanya.

 

4 dari 4 halaman

Komitmen Bank DKI

Bank DKI terus menunjukkan komitmen dalam mendukung transformasi digital di sektor transportasi melalui berbagai sinergi.

Misalnya, JakCard kini digunakan sebagai alat pembayaran digital berbasis kartu di transportasi terintegrasi di DKI Jakarta seperti Transjakarta, Mikrotrans, MRT, LRT, Commuter Line Jabodebek, serta untuk tiket masuk tempat wisata yang dikelola Pemprov DKI Jakarta.

Bank DKI juga bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta dalam menghadirkan Jakarta Tourist Pass, solusi digital berbasis kartu elektronik (JakCard) dan aplikasi (JakOne Pay) untuk mendukung pariwisata di DKI Jakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini