Sukses

Rahasia Sukses Pengajuan KPR BRI: Tips dan Trik yang Wajib Pemula Ketahui

BRI memiliki berbagai program KPR, yang ditujukan kepada perseorangan sebagai solusi kemudahan dalam memiliki hunian, seperti rumah tinggal, apartemen, ruko atau rukan, baik melalui developer atau non developer.

Liputan6.com, Jakarta Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR masih menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk memiliki rumah. Salah satu keuntungan utama KPR adalah memungkinkan setiap orang memiliki rumah tanpa harus membayar seluruh harga properti secara tunai atau cash di awal. Nasabah cukup membayar uang muka atau bahkan hanya tanda jadi dengan nominal lebih terjangkau dan sisanya dicicil dalam jangka waktu hingga 25 tahun.

Bukan hanya dari segi pembayaran, akses ke properti yang lebih mahal hingga stabilitas investasi jangka panjang bisa dimiliki setiap nasabah. Menariknya lagi, banyak bank yang menawarkan KPR membuat pilihan nasabah menjadi lebih fleksibel, bisa merasakan manfaat dari sisi tenor atau jangka waktu, suku bunga dan nilai cicilan per bulannya. 

BRI memiliki berbagai program KPR, yang ditujukan kepada perseorangan sebagai solusi kemudahan dalam memiliki hunian, seperti rumah tinggal, apartemen, ruko atau rukan, baik melalui developer atau non developer. Berlaku untuk pembelian baru, bekas, refinancing, top up, pembangunan, renovasi, dan take over/take over top up dari bank lain.

Dengan KPR BRI memiliki rumah sekarang bukan lagi angan-angan. Kamu bisa wujudkan dengan segera selama telah memenuhi persyaratan baik secara administrasi maupun kemampuan untuk menyicil.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu agar pengajuan KPR lebih mudah dan cepat disetujui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Pengajuan KPR

1. Jaga Rekam Jejak Keuangan Bersih

Riwayat kredit adalah salah satu faktor utama yang dipertimbangkan oleh bank saat menilai kelayakan nasabah untuk mendapatkan KPR. Riwayat kredit yang buruk, seperti sering menunggak pembayaran kartu kredit atau punya pinjaman lain yang belum lunas, dapat mengurangi peluang mendapatkan KPR.

Biar KPR Auto Approve, pastikan skor kredit kamu adalah SLIK 1 yang artinya kredit lancar. Skor ini didapatkan bisa bila rajin bayar pinjaman tepat waktu. Jadi, sebelum mengajukan KPR, pastikan membayar semua utang yang ada dan menjaga agar catatan kredit tetap bersih.

2. Kurangi Pinjaman Online

Apakah bisa mengajukan KPR saat masih memiliki pinjaman lain? Bisa, dengan catatan rasio utang terhadap pendapatan masih di Bawah 30 persen. Jika kamu memiliki pinjaman-pinjaman kecil sebaiknya selesaikan terlebih dahulu supaya bisa memenuhi persyaratan. Sebaliknya, jika sudah berencana mengambil KPR, pastikan tidak mengambil pinjaman online lainnya agar keuangan juga lebih stabil.

3. Keuangan Stabil 

Bank cenderung menyukai calon debitur dengan pendapatan stabil dan meningkat dari waktu ke waktu. Selain itu, memiliki pekerjaan tetap dengan status kepegawaian yang baik (misalnya karyawan tetap) juga menjadi nilai tambah. Bila wiraswasta usahakan catatan pendapatan konsisten selama minimal 6 bulan.

4. Lengkapi Semua Dokumen

Kelengkapan dokumen jadi persyaratan penting untuk membuat Bank mudah dan cepat menyetujui pengajuan KPR nasabah. B ank akan meminta beberapa dokumen seperti KTP, NPWP, slip gaji, rekening koran, dan surat-surat lainnya yang menunjukkan identitas dan kondisi keuangan. Pastikan data yang terbaru dan masih berlaku.

Mengajukan KPR membutuhkan persiapan yang matang dan strategi yang tepat. Tidak masalah kamu hanya memiliki tabungan yang terbatas, selama memilih tenor yang sesuai dan memiliki kemampuan untuk menyicil. BRI dengan berbagai jenis program KPR dan keunggulannya siap membantu mewujudkan rumah idaman.

Kabar baiknya lagi, BRI nggak hanya memberikan kemudahan dalam pembiayaan saja lho tetapi juga menemukan rumah impian melalui digital platform Homespot.id Melalui platform Homespot, pengunjung, developer rekanan, broker properti dan asuransi dapat terhubung di dalam satu ekosistem dalam bisnis properti.

Pilihan lokasi untuk rumah atau properti tersedia dari berbagai kota besar. Mulai dari Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar dan kota-kota lainnya. Di HOMESPOT, kamu bisa mengatur pencarian rumah dari segi harga dan luas tanah sampai jumlah kamar tidur, akses dan fasilitasnya.

Tersedia fitur untuk membandingkan rumah-rumah dan kalkulator KPR. Jadi lebih mudah menemukan  rumah yang cocok dari segi harga maupun lokasinya.

Kunjungi www.homespot.id dan share informasi ini ke keluarga dan teman-teman yang lagi cari rumah.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini