Sukses

Usai Debat Lawan Donald Trump, Kamala Harris Dapat Guyuran USD 47 Juta

Wakil Presiden Kamala Harris mengumpulkan $47 juta dalam 24 jam pertama setelah debatnya pada Selasa (10/9/2024) melawan mantan Presiden Donald Trump, kata juru bicara tim kampanye Harris kepada CNBC.

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden Amerika Serikat (AS) yang diusung Partai Demokrat Kamala Harris mengumpulkan uang kurang lebih USD 47 juta atau Rp 723,97 miliar (kurs Rp 15.403 per dolar AS), dalam 24 jam. Dana tersebut terkumpul setelah Kamala Harris menjalani debat dengan Calon Presiden AS dari Partai Republik Donald Trump pada Selasa 10 September 2024.

Dana ini merupakan sumbangan dari berbagai donatur yang akan digunakan untuk kampanye. Hal ini diungkap oleh juru bicara tim kampanye Kamala Harris.

Dikutip dari CNBC, Jumat (13/9/2024), sumbangan yang sangat besar tersebut merupakan dorongan lain bagi operasi penggalangan dana Harris, yang telah menjadi raksasa sejak Presiden Joe Biden keluar dari persaingan dan mendukungnya sebagai presiden pada bulan Juli.

Jumlah USD 47 juta tersebut berasal dari hampir 600.000 donatur individu yang berkontribusi pada salah satu dari beberapa komite kampanye dan PAC yang mendukung pasangan Harris dan pasangannya, Tim Walz, kata tim kampanye tersebut.

Harris secara luas dianggap sebagai pemenang debat tersebut, yang diadakan di Philadelphia dan diselenggarakan oleh ABC News.

Ahli strategi Demokrat maupun Republik dan pejabat terpilih sepakat bahwa Trump membiarkan dirinya terguncang oleh gaya konfrontatif Harris dan beberapa contoh di mana moderator ABC News memeriksa fakta-faktanya secara langsung.

Angka penggalangan dana Harris terbaru menandai pukulan terbaru bagi tim kampanye Trump, yang telah tertinggal dari Harris dalam permainan penggalangan dana.

Operasi politik Harris baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka berhasil mengumpulkan USD 361 juta pada bulan Agustus, lebih dari dua kali lipat dari USD 130 juta yang dikumpulkan tim Trump pada bulan yang sama.

Berita tentang perolehan USD 47 juta Harris pertama kali dilaporkan oleh The New York Times.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Debat Perdana Donald Trump Vs Kamala Harris: Paparan Visi yang Berbeda dan Penuh Ketegangan

Debat pertama antara Donald Trump dan Kamala Harris berlangsung pada Selasa (10/9/2024) dengan pemaparan visi dengan sudut pandang yang sangat berbeda dan menegangkan.

Berdebat soal politik dan ikut menyinggung soal kepribadian, Kamala Harris dan Donald Trump menunjukkan visi mereka yang sangat berbeda untuk Amerika Serikat, dikutip dari laman Japan Today, Rabu (11/9). 

Kedua pasangan calon presiden ini menawarkan kepada rakyat Amerika pandangan paling rinci tentang kampanye yang berubah secara dramatis sejak debat terakhir pada bulan Juni lalu. 

Kamala Harris dari Partai Demokrat tersebut terus bergerak untuk menekan kasus mantan presiden dari Partai Republik Donald Trump dan menyampaikan retorikanya yang sangat bombastis.

Trump pada gilirannya mencoba menghubungkan Harris dengan Biden, mempertanyakan mengapa dia tidak menindaklanjuti ide-ide yang diusulkannya saat menjabat sebagai wakil presiden.

Trump juga memfokuskan serangannya pada Kamala atas penugasan Biden kepadanya untuk menangani akar penyebab migrasi ilegal.

 

3 dari 3 halaman

Klaim Palsu Soal Migran

Ketika mantan presiden itu melontarkan serangkaian klaim palsu tentang migran, Kamala tampak menyeringai ketika mengatakan bahwa migran "mengambil alih pekerjaan yang saat ini ditempati oleh warga Afrika-Amerika dan Hispanik."

Kamala Harris berulang kali menggelengkan kepalanya dengan nada mengejek ketika Trump berbicara, sesekali menatapnya dengan tangan di dagunya, sementara Trump tampak menghindari pandangan ke arah calon dari partai Demokrat itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.