Sukses

Sederet Fasilitas Hutama Karya Dukung PON 2024

PT Hutama Karya (Persero) menegaskan komitmennya dalam mendukung kelancaran PON 2024

Liputan6.com, Jakarta PT Hutama Karya (Persero) menegaskan komitmennya dalam mendukung kelancaran Pekan Olahraga Nasional atau PON 2024, yang untuk pertama kalinya diadakan di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumatra Utara.

Melalui penyediaan infrastruktur jalan tol yang andal, Hutama Karya memastikan bahwa mobilitas para atlet, panitia, dan seluruh pihak terkait dapat berjalan lancar selama perhelatan olahraga terbesar di Indonesia ini.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, mengungkapkan bahwa beberapa ruas tol yang dikelola Hutama Karya akan mendukung kelancaran PON 2024, termasuk Tol Binjai – Langsa untuk mobilitas atlet cabang olahraga gulat dan sambo, Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat untuk atlet cabang tinju, akuatik, bola voli pantai, balap sepeda, dan berkuda, serta Tol Sigli – Banda Aceh yang memfasilitasi cabang olahraga sepak bola, sepatu roda, kempo, dan arung jeram.

"Kami bangga dapat berkontribusi pada PON 2024, di mana jalan tol yang kami kelola berperan penting dalam mendukung konektivitas di antara dua provinsi ini," ujar Adjib Al Hakim, Sabtu (14/9/2024).

Tol Fungsional

Selain memastikan operasional jalan tol yang sudah berfungsi penuh, Hutama Karya juga mengoperasikan secara fungsional beberapa ruas jalan tol untuk mempermudah akses ke venue-venue pertandingan.

Misalnya, Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 1 (Padang Tiji – Seulimeum) untuk akses ke Kabupaten Pidie dan Aceh Besar, serta Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Seksi Tebing Tinggi – Dolok Merawan yang dikelola oleh PT Hutama Marga Waskita, anak usaha Hutama Karya.

"Ruas jalan tol yang dioperasikan secara fungsional ini khusus untuk kendaraan resmi PON yang dilengkapi stiker khusus, dan beroperasi mulai 8 hingga 20 September 2024, antara pukul 07.00 hingga 17.00 WIB," tambah Adjib.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aturan di Jalan Tol

PON 2024, dengan tema 'Bersatu Kita Jaya', mempertandingkan 34 cabang olahraga dengan 42 disiplin dan 527 nomor pertandingan, termasuk cabang populer seperti akuatik, atletik, balap sepeda, dan bela diri. Infrastruktur yang baik dan dukungan transportasi yang lancar diyakini akan menjadi kunci kesuksesan acara ini.

"Dengan dukungan infrastruktur yang optimal, kami optimis PON 2024 akan berlangsung sukses, memberikan kenyamanan dan kelancaran bagi semua pihak yang terlibat," tegas Adjib.

Selain berkontribusi dalam kelancaran PON, Hutama Karya juga mengingatkan pengguna jalan tol untuk mematuhi aturan berkendara, termasuk batas kecepatan, yaitu minimum 60 km/jam dan maksimum 100 km/jam di ruas yang beroperasi penuh, serta 40 km/jam di ruas yang beroperasi secara fungsional. Pengguna jalan juga dihimbau untuk tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam kondisi darurat, dan untuk beristirahat jika merasa lelah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini