Sukses

Kelompok Petani Kelengkeng New Kristal dari Tuban Makin Bersinar, Tak Lepas dari Dukungan BRI

Anggota kelompok petani kelengkeng New Kristal, Wiyono menyebut, untuk meningkatkan hasil produksi kelengkeng, para petani kelengkeng mendapatkan dukungan modal usaha dari BRI.

Liputan6.com, Jakarta Desa Sugihan merupakan salah satu desa yang memiliki lahan persawahan luas dan menjadi kawasan perdagangan yang ramai di Tuban, Jawa Timur. Di sana pula, salah satu kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yagn tergabung dalam kelompok petani kelengkeng semakin bersinar.

Klaster tersebut dikenal karena prestasinya dalam mengembangkan pertanian kelengkeng New Kristal. Berkat hal tersebut, nama desanya pun dikenal karena kelengkeng kristalnya.

Di sisi lain, kelompok petani kelengkeng yang terdiri dari sekitar 90 petani mengelola lahan perkebunan kelengkeng seluas 30 hektare. Dengan lahan itu, mereka pun berinovasi dalam bercocok tanam untuk memastikan bahwa kelengkeng dapat dipanen secara terus-menerus.

Selain itu, kelompok petani kelengkeng juga semakin berinovasi dalam menarik pengunjung untuk datang ke Desa Sugihan. Pada tahun 2000 silam, kelompok petani kelengkeng membangun agrowisata kelengkeng.

Salah satu anggota kelompok petani kelengkeng New Kristal, Wiyono menyebut, untuk meningkatkan hasil produksi kelengkeng, para petani kelengkeng mendapatkan dukungan modal usaha dari BRI.

"Kami bekerja sama dengan BRI, berkat kerja keras dan dukungan BRI yang sangat mendorong perkembangan sektor agro dan BRI memberikan pinjaman dengan suku bunga yang rendah, yang sangat meringankan beban petani, terutama dalam hal permodalan karena kelengkeng memerlukan modal yang besar," sebutnya.

Untuk memenuhi permintaan pasar, kelompok petani Kelengkeng Desa Sugihan saat ini terus mengembangkan kelengkeng jenis New Kristal, yang ditanam di dataran rendah dan memiliki keunggulan dapat berbuah tanpa mengenal musim dan daging yang tebal.

Sebagaimana diketahui, pemberdayaan Klaster Usaha merupakan pemberdayaan kepada kelompok usaha yang terbentuk berdasarkan kesamaan usaha dalam satu wilayah, sehingga tercipta keakraban dan kebersamaan dalam peningkatan maupun pengembangan usaha para anggotanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

31.488 Klaster Usaha Sudah Tergabung

Hingga akhir Juli 2024 tercatat BRI telah memiliki 31.488 klaster usaha yang tergabung dalam program Klasterku Hidupku. BRI pun telah menyelenggarakan 2.184 pelatihan dalam program Klasterku Hidupku tersebut.

Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari pun mengungkapkan, secara umum strategi bisnis mikro BRI di 2024 akan fokus pada pemberdayaan berada di depan pembiayaan.

"BRI sebagai bank yang berkomitmen kepada pelaku UMKM telah memiliki kerangka pemberdayaan yang dimulai dari fase dasar, integrasi, hingga interkoneksi," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.