Sukses

Aturan WFH Dicabut, Karyawan Amazon Kini Wajib ke Kantor Tiap Hari

Amazon akan mewajibkan seluruh karyawan untuk bekerja di kantor selama 5 hari kerja. Kebijakan baru ini akan mulai berlaku pada bulan Januari.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan e-commerce Amazon meminta kepada para karyawan untuk kembali ke kantor alias Work from Office (WFO) selama lima hari kerja dalam seminggu. Dengan kebijakan baru ini maka karyawan Amazon tak lagi kerja hibrida atau bisa di rumah dan bisa di kantor. 

Kepala Eksekutif Amazon Andy Jassy dalam memo kepada staf menjelaskan,  perubahan kerja dari hibrida menjadi WFO ini akan mulai berlaku pada Januari 2025.

"Kami telah memutuskan untuk kembali bekerja di kantor seperti sebelum Covid," katanya dikutip dari BBC pada Kamis (19/9/2024).

Ia menambahkan bahwa hal itu akan membantu staf  lebih siap untuk berinovasi, berkolaborasi, dan cukup terhubung satu sama lain.

Jassy telah lama dikenal sebagai orang yang skeptis terhadap kerja jarak jauh, tetapi staf Amazon sebelumnya diizinkan untuk bekerja dari rumah sebanyak dua hari seminggu.

Upaya Amazon untuk mengembalikan staf perusahaan ke kantor ini telah menjadi sumber ketegangan di dalam perusahaan yang mempekerjakan lebih dari 1,5 juta orang di seluruh dunia dalam peran penuh waktu dan paruh waktu.

Jassy ​​yang menggantikan pendiri Jeff Bezos sebagai kepala eksekutif pada tahun 2021, mengatakan dia telah menciptakan "kotak surat birokrasi" bagi staf untuk mengajukan keluhan tentang aturan yang tidak perlu dan perusahaan meminta manajer untuk mengatur ulang sehingga manajer mengawasi lebih banyak orang.

Amazon mengatakan perubahan tersebut dapat menyebabkan pemutusan hubungan kerja.

Selain kembali ke kantor lima hari seminggu, Amazon mengatakan akan menerapkan sistem kerja bersama di AS.

Amazon mengatakan staf masih dapat bekerja dari rumah dalam situasi yang tidak biasa, seperti jika ada anak yang sakit atau keadaan darurat di rumah, seperti yang terjadi sebelum pandemi. Namun, hal ini boleh dilakukan apabila mereka telah diberikan pengecualian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Amazon Bertolak Belakang dengan Pemerintah Inggris

Sikap Amazon ini bertolak belakang dengan pendekatan pemerintah Inggris yang telah berjanji menjadikan kerja fleksibel sebagai standar sejak hari pertama sebagai bagian dari undang-undang hak ketenagakerjaan baru yang akan diterbitkan bulan depan.

Pemerintah ingin mengakhiri "budaya presenteeism", dan mengatakan ada "manfaat ekonomi nyata" bagi orang yang bekerja dari rumah. Ia mengatakan ada keseimbangan yang harus dicapai, tetapi pengaturan kerja fleksibel dapat membantu bisnis merekrut dari kelompok orang yang lebih luas. Pekerjaan jarak jauh mencapai puncaknya selama pandemi.

Banyak perusahaan mulai memanggil kembali staf pada tahun 2022, tetapi pengembaliannya belum tuntas. Pada musim panas ini, sekitar 12% karyawan penuh waktu di AS bekerja sepenuhnya dari jarak jauh dan 27% lainnya melaporkan memiliki kebijakan kerja hibrida, menurut survei bulanan oleh ekonom Jose Maria Barrero, Nicholas Bloom, dan Steven J Davis.

Pimpinan bank seperti Jamie Dimon dari JP Morgan termasuk di antara tokoh paling terkenal yang mengkritik kerja jarak jauh dan cenderung menuntut kehadiran penuh waktu di kantor. Namun, sikap tersebut juga telah menyebar ke industri lain, dengan UPS dan Dell memanggil kembali staf ke kantor penuh waktu tahun ini.

Dalam memonya, Jassy mengatakan bahwa pengalaman Amazon dengan kebijakan hibrida telah memperkuat keyakinan mereka tentang manfaat bekerja secara langsung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini