Sukses

Proyek Semelter MIND ID Serap Ribuan Tenaga Kerja, Mana Saja?

Fokus utama MIND ID adalah meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal melalui proyek smelter yang strategis dan berkelanjutan

Liputan6.com, Jakarta BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) memperkuat perannya dalam mendukung pemerintah dengan mengembangkan industri mineral dan batu bara sebagai pilar ekonomi nasional.

Salah satu fokus utama MIND ID adalah meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal melalui proyek smelter yang strategis dan berkelanjutan.

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso, menyatakan bahwa program hilirisasi dan industrialisasi yang dijalankan perusahaan tidak hanya menciptakan nilai tambah untuk komoditas mineral, tetapi juga berdampak signifikan pada peningkatan jumlah dan kualitas tenaga kerja di Indonesia.

“Melalui program hilirisasi, kami dapat menyerap tenaga kerja lokal dalam jumlah besar sekaligus meningkatkan kualitas SDM di sektor pertambangan,” ujarnya, Kamis (19/9/2024).

Proyek MIND ID

Salah satu proyek penting yang mendukung peningkatan penyerapan tenaga kerja adalah pembangunan smelter tembaga PT Freeport Indonesia di Manyar.

Proyek ini diperkirakan mampu menyerap hingga 2.600 tenaga kerja, terdiri dari 2.000 pekerja konstruksi, 400 pekerja operasional, dan 200 pekerja pra-konstruksi.

Dengan teknologi canggih, smelter ini akan meningkatkan kapasitas pemurnian tembaga dari 1 juta ton menjadi 3 juta ton, memberikan peluang kerja yang signifikan di berbagai tahap operasional.

Tak hanya itu, proyek Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, yang dijalankan oleh PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) melalui PT Borneo Alumina Indonesia (BAI), juga akan membuka lapangan kerja baru. Proyek ini diharapkan menyerap hingga 1.000 tenaga kerja lokal, sekaligus melengkapi rantai pasok produksi aluminium di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peran Penting Perusahaan

Hendi menjelaskan bahwa MIND ID memiliki peran penting dalam menyediakan proyek strategis yang dapat memenuhi kebutuhan penyerapan tenaga kerja di Indonesia, terutama di sektor pertambangan dan hilirisasi mineral.

"Kami berkomitmen untuk terus mendukung penyerapan tenaga kerja yang besar dan berkualitas, sejalan dengan kebutuhan ekonomi nasional," tambahnya.

Selain memberikan manfaat langsung berupa lapangan pekerjaan, proyek smelter yang dijalankan MIND ID juga memiliki peran penting dalam menyokong penguatan industri hilir Indonesia.

Pengelolaan mineral seperti tembaga, nikel, aluminium, dan timah tidak hanya meningkatkan produktivitas sektor pertambangan, tetapi juga mendukung transformasi industri dalam negeri dan program transisi energi.

 

3 dari 3 halaman

Kualitas Bahan Baku

Dengan fokus pada hilirisasi, MIND ID mampu menyediakan bahan baku berkualitas untuk industri barang jadi, yang akan memperkuat skala ekonomi nasional.

“Kami yakin dengan penguatan sektor unggulan seperti tembaga, aluminium, nikel, dan lainnya, manfaat bagi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat akan semakin maksimal,” pungkas Hendi.

Proyek-proyek strategis yang sedang dijalankan oleh MIND ID tidak hanya menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, tetapi juga memperluas kesempatan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah operasionalnya.

Melalui sinergi dengan pihak swasta dan pemerintah, MIND ID terus berupaya mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan melalui hilirisasi mineral dan peningkatan penyerapan tenaga kerja. 4o

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.