Sukses

Ribuan Satelit Punya Elon Musk Bikin Masalah, Astronom Jadi Susah Intip Bintang

Satelit Starlink milik Elon Musk yang terus berkembang terancam mengganggu pengamatan astronomi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jumlah Radiasi Melebihi Batas Regulasi dan Pertumbuhan Jumlah Satelit

Liputan6.com, Jakarta Peneliti Belanda menyebutkan bahwa gelombang radio dari jaringan satelit Elon Musk yang terus berkembang menghalangi kemampuan ilmuwan untuk mengintip ke alam semesta. Satelit Starlink generasi baru, yang menyediakan internet cepat di seluruh dunia, lebih mengganggu teleskop radio.

Institut Astronomi Radio Belanda (ASTRON) menjelaskan, ribuan satelit yang mengorbit tersebut membutakan teleskop radio dan mungkin menghambat penelitian astronomi. 

SpaceX, yang memiliki Starlink, satelit tersebut menyediakan internet pita lebar di seluruh dunia, sering kali ke tempat-tempat terpencil, termasuk lingkungan yang menantang seperti Ukraina dan Yaman. 

Dikutip dari BBC, Senin (23/9/2024), satelit tersebut juga digunakan untuk menghubungkan daerah-daerah terpencil di Inggris ke internet cepat. Pada 2022, pengujian menunjukkan bahwa Starlink dapat memberikan kecepatan internet empat kali lebih cepat daripada rata-rata.

Namun, para astronom mengatakan hal ini harus dibayar dengan harga tertentu. "Setiap kali lebih banyak satelit diluncurkan dengan tingkat emisi seperti ini, kita semakin jarang melihat langit," kata Direktur ASTRON Profesor Jessica Dempsey. 

"Kami mencoba mengamati hal-hal seperti jet, yang dipancarkan dari lubang hitam di pusat galaksi. Kami juga mengamati beberapa galaksi paling awal, jutaan dan jutaan tahun cahaya jauhnya, serta eksoplanet," katanya, menyoroti area yang dipengaruhi oleh radiasi satelit.

ASTRON menemukan bahwa gangguan dari satelit generasi kedua, atau V2, 32 kali lebih kuat daripada generasi pertama. 

3 dari 5 halaman

Jumlah Radiasi Melebihi Batas Regulasi

Jumlah radiasi yang dipancarkan melebihi peraturan yang ditetapkan oleh badan industri International Telecommunications Union, tambah Prof Dempsey. Satu perkiraan menunjukkan ada 6.402 satelit Starlink yang saat ini mengorbit sekitar 342 mil (550 km) di atas Bumi, menjadikannya penyedia terbesar sejauh ini.

Satelit tersebut relatif besar - dengan panel datar 3m dan susunan surya 8m untuk daya. 

Pesaing utama SpaceX, OneWeb, memiliki kurang dari 1.000 satelit. Namun, ini merupakan area bisnis yang berkembang.

Amazon tengah mengembangkan jaringannya sendiri dan berharap untuk meluncurkan setidaknya 3.000 satelit dalam beberapa tahun mendatang. Pada tahun 2030, jumlah satelit yang mengorbit diperkirakan akan melampaui 100.000.

Penelitian satelit ini dilakukan menggunakan teleskop radio LOFAR di Belanda pada satu hari di bulan Juli awal tahun ini. Banyak objek di luar angkasa, termasuk galaksi dan planet yang jauh, memancarkan cahaya pada spektrum elektromagnetik.

4 dari 5 halaman

Gangguan Radiasi dari Satelit Meningkatkan Kecerahan dan Menyulitkan Observasi Astronomi

Radiasi ini bergerak seperti gelombang dan teleskop radio dapat menangkap gelombang tersebut, sehingga memungkinkan kita untuk mendapatkan gambar dari hal-hal yang tidak dapat kita lihat dengan mata kita. Namun, gelombang tersebut terganggu oleh satelit. Para ilmuwan menemukan radiasi elektromagnetik yang tidak diinginkan dari hampir semua satelit V2 Starlink yang diamati. 

Menurut peneliti, radiasi tersebut sekitar 10 juta kali lebih terang daripada sumber cahaya terlemah yang teridentifikasi. Penulis utama Cees Bassa mengatakan hal itu seperti membandingkan “bintang paling redup yang terlihat oleh mata telanjang dan kecerahan Bulan purnama.” 

“Karena SpaceX meluncurkan sekitar 40 satelit Starlink generasi kedua setiap minggu, masalah ini menjadi semakin buruk," tambahnya. Robert Massey, Wakil Direktur Eksekutif Royal Astronomical Society di Inggris, mengatakan: "sangat jelas bahwa jika Anda memiliki sesuatu yang sangat terang yang membahayakan observatorium radio besar, maka kita perlu melakukan sesuatu dan kita perlu melakukannya dengan cepat." 

5 dari 5 halaman

Astronomi Terancam Polusi Radiasi Satelit

Ketika ditanya tentang nilai penelitian astronomi, ia berkata: "tidaklah tepat untuk mengatakan bahwa ada beberapa ilmu yang dapat Anda abaikan begitu saja. Aplikasinya mungkin baru akan muncul beberapa dekade atau bahkan lebih lama di masa mendatang, tetapi bisa jadi sangat mendasar dan sangat penting.

Hal ini sebenarnya mengancam keseluruhan astronomi berbasis darat di setiap panjang gelombang dan dengan cara yang berbeda. Jika hal ini terus berlanjut, tanpa mitigasi untuk membuat satelit-satelit ini senyap, maka hal ini akan menjadi ancaman eksistensial bagi jenis-jenis astronomi yang kita lakukan," tambah Prof Dempsey. 

Para peneliti menekankan bahwa diperlukan lebih banyak regulasi terhadap ruang angkasa dan bagaimana satelit beroperasi untuk menghindari terganggunya pekerjaan ilmiah. Mereka mengatakan bahwa sebagai penyedia satelit terbesar, SpaceX dapat menetapkan standar untuk membatasi polusi. 

Prof Dempsey mengatakan bahwa tindakan sederhana seperti melindungi baterai pada satelit dapat membuat perbedaan besar dan mengurangi radiasi yang dipancarkan. Beberapa gangguan berasal dari elektronik yang rusak, jadi hal ini dapat mencegah terjadinya hal itu. Namun tanpa tindakan, "dalam waktu dekat satu-satunya konstelasi yang akan kita lihat adalah buatan manusia,"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini