Sukses

Hati-Hati Penipuan Mengatasnamakan CS BCA, Kenali Modusnya!

Supaya kamu maupun orang terdekat tak tertipu dengan modus seperti ini, kenali modus penipuan mengatasnamakan CS BCA selengkapnya berikut!

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini sedang marak penipuan mengatasnamakan Customer Service (CS) dari bank-bank tertentu, salah satunya BCA. Modusnya, oknum CS BCA tersebut akan menginformasikan bahwa kartu kredit korban dipakai transaksi online oleh orang lain. Dengan alasan itu, penipu menyarankan korban untuk membatalkan transaksi ilegal dan menyarankan korban untuk memblokir kartu kreditnya lewat link yang diberikan oleh oknum CS BCA tadi.

Padahal, link tersebut diberikan oleh si penipu untuk mencuri data-data kartu kredit milik korban, agar bisa membobol kartu kreditnya. Oleh karena itu, supaya kamu maupun orang terdekat tak tertipu dengan modus seperti ini, kenali modus penipuan mengatasnamakan CS BCA selengkapnya berikut!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Terhindar dari Modus Penipuan Mengatasnamakan Customer Service BCA

Apabila kamu menjumpai ciri-ciri dan kronologi modus penipuan mengatasnamakan CS BCA tersebut, maka pertama jangan panik. Tetaplah tenang, karena informasi bahwa kartu kredit kamu dipakai oleh pihak lain bisa jadi merupakan teknik social engineering yang tengah dilakukan oleh pelaku. Korban biasanya dibuat panik dan khawatir secara sengaja, lalu dimanfaatkan penipu untuk mengikuti instruksi yang diberikan, seperti mengisi link yang minta data pribadi perbankan.

Jika terima panggilan Whatsapp dari CS BCA, cek dahulu nomor kontak atau akun yang digunakan. Informasi penting yang harus diingat bahwa nomor resmi Halo BCA 1500888, nomor Whatsapp Bank BCA 0811-1500-998 dengan centang biru di samping nomor bukan di foto profil akun. Selain nomor itu, maka berhati-hatilah bisa jadi modus penipuan. Selain itu, jangan pernah sembarangan klik link apapun yang dikirimkan apalagi jika sampai meminta data pribadi, karena Bank BCA tidak pernah minta data pribadi apapun kepada nasabahnya. 

Jika merasa kartu kreditmu diretas atau dicuri, lakukan pemblokiran kartu kredit lewat aplikasi BCA mobile atau myBCA. Kamu juga bisa menghubungi Halo BCA 1500888 atau via aplikasi haloBCA untuk mendapatkan bantuan dari Customer Service resmi Halo BCA.

Intinya, selalu jaga data pribadi yang berhubungan dengan rekening bank milik kamu. Jangan pernah memberikannya kepada orang lain, baik itu lewat telepon, email maupun dari website apapun alasannya. Sebab, data pribadimu bisa disalahgunakan jika sampai jatuh ke tangan oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari modus penipuan yang mengatasnamakan CS BCA. Pahami dengan baik ciri-ciri dan modusnya, lalu terapkan tips-tips menghindarinya. Yuk, bagikan informasi ini ke orang-orang terdekatmu, agar tak ada lagi orang lain yang menjadi korbannya. Cek informasi lengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.